Contoh Soal Aktivitas Penduduk Indonesia Pada Masa Sekarang

Contoh Soal Aktivitas Penduduk Indonesia Pada Masa SekarangManusia selalu berusaha memenuhi kebutuhannya untuk dapat bertahan dan melanjutkan kehidupannya. Kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang beragam disebut kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi penduduk umumnya mempunyai pola berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi. Ini berarti bahwa pola kegiatan ekonomi penduduk banyak ditentukan oleh keberadaan penduduk tersebut bertempat tinggal di bumi ini.
Tahukah kamu mengapa Indonesia sering disebut negara agraris? Hal ini karena sebagian besar penduduknya hidup dari bercocok tanam dan tanahnya cocok ditanami berbagai tanaman. Tanaman tersebut dapat dijadikan sebagai bahan makanan kebutuhan sehari-hari, makanan ternak, obat, maupun peralatan rumah tangga. Penduduk yang bercocok tanam menempati suatu tempat di permukaan bumi yang mudah dialiri air sehingga kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang cocok dilakukan di daerah tersebut. Jika penduduk mendiami lahan yang datar, namun tanahnya kering maka paling sesuai mata pencahariannya adalah berkebun. Begitu pula penduduk yang mendiami permukaan bumi yang berada di sekitar garis pantai, kegiatan sebagai nelayan adalah yang paling sesuai menjadi mata pencahariannya. Penduduk yang mendiami tempat atau lahan tertentu harus dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya agar lahan tersebut dapat menghasilkan dan menyediakan semua kebutuhan hidupnya.
1. PENGGUNAAN LAHAN UNTUK PERTANIAN
Penggunaan lahan oleh manusia dapat diartikan sebagai campur tangan manusia terhadap lahan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, baik berupa kebutuhan material maupun nonmaterial (spiritual). Lahan yang tersedia di permukaan bumi selayaknya digunakan dengan arif dan bijaksana agar dapat lestari mengeluarkan hasil untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lahan dimanfaatkan dengan diolah sehingga menghasilkan dan akhirnya dapat digunakan memenuhi kebutuhan.
Penggunaan lahan dapat dibedakan atas penggunaan lahan untuk pertanian dan penggunaan lahan bukan untuk pertanian. Adapun pertanian dimaksud terdiri dari:
• Pertanian Sederhana
Adalah pertanian yang dilakukan dengan cara membuka hutan milik desa dengan menebang pohon-pohon kemudian membakarnya. Tanah yang telah dibuka, lantas diratakan secara sederhana, tidak diolah lagi karena masih terdapat humus di bagian atas tanah sehingga kesuburannya dimanfaatkan untuk penanaman benih. Penanaman benih bisa ditabur begitu saja atau benih dibenamkan dengan menggunakan kayu. Umumnya setelah ditabur atau ditanam biasanya ditinggalkan beberapa waktu dan hanya sesekali dijenguk untuk menunggu panen. Penduduk yang melakukan pertanian sederhana ini kegiatan pokok ekonominya adalah menghasilkan untuk dikonsumsi sendiri, belum untuk diperjualbelikan. Penduduk tersebut bertindak sebagai produsen, sekaligus sebagai konsumen hasil pertaniannya.
• Pertanian Maju
Ialah pertanian yang dilakukan penduduk dengan menggunakan peralatan dan cara yang lebih baik. Peralatan dan cara yang lebih baik mencakup sistem pengairan yang baik, pemilihan benih, penggunaan pupuk, pengolahan tanah, dan pemberantasan hama. Pelaksanaan panca usaha tani pada pertanian akan meningkatkan hasil, namun mengeluarkan biaya untuk memperoleh benih, pupuk, racun hama, air, dan imbalan tenaga kerja. Pertanian maju dapat dilakukan pada tanah yang belum dialiri air secara baik atau tanah tadah hujan, dan tanah yang sudah dialiri air dengan teratur atau pun pertanian dengan irigasi.
2. PENGGUNAAN LAHAN BUKAN UNTUK PERTANIAN
Penggunaan lahan bukan untuk pertanian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai tempat tinggal, tempat melakukan produksi barang dan jasa, tempat rekreasi, dan sebagainya. Penggunaan lahan tersebut, seperti penggunaan untuk perumahan, perindustrian, dan jasa. Lahan untuk perumahan semakin banyak dibutuhkan seiring bertambahnya jumlah penduduk. Perumahan dibangun di beberapa lokasi baik di perkotaan maupun di pinggir kota bahkan di pedesaan.
Lahan untuk industri sangat banyak dibutuhkan karena semakin meningkatnya jumlah pabrik dan industri lainnya yang dibangun. Pembangunan pabrik dan industri selain dimaksudkan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan manusia, juga dapat membuka lapangan kerja, memberi kesempatan berusaha bagi penduduk, meningkatkan pendapatan penduduk, menunjang pembangunan daerah, serta memanfaatkan sumber alam dan sumber daya manusia yang ada. Penggunaan lahan untuk pabrik dan industri biasanya digunakan untuk pembangunan gedung, gudang, rumah pegawai, kantor administrasi, dan sebagainya.
Para pelaku usaha industri selalu mempertimbangkan lokasi pembangunan pabrik dan industri berdasarkan bahan mentah, pasar, dan tenaga kerja. Industri yang didirikan berdasarkan pertimbangan kemudahan memperoleh bahan mentah adalah industri yang mengolah bahan mentah yang cepat rusak (busuk), misalnya yang mengolah daging, ikan, dan bunga. Industri pengalengan ikan dibangun dekat penghasil ikan dan industri pengalengan daging dibangun dekat peternakan.

Contoh Soal Aktivitas Penduduk Indonesia Pada Masa Sekarang

Pilihan Tunggal
Indonesia disebut negara agraris karena ….
Pilihan Tunggal
Kegiatan ekonomi penduduk umumnya mempunyai pola berdasarkan ….
Pilihan Tunggal
Penduduk yang bercocok tanam menempati suatu tempat di permukaan bumi yang ….
Pilihan Tunggal
Mata pencaharian bagi penduduk yang berada di sekitar pantai umumnya adalah ….
Pilihan Tunggal
Penggunaan lahan oleh manusia dapat diartikan sebagai campur tangan manusia terhadap ….
Pilihan Tunggal
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Arif
2) Bijaksana
3) Agresif
4) Dominan
Lahan yang tersedia di permukaan bumi selayaknya digunakan dengan ….
Pilihan Tunggal
Penduduk yang melakukan pertanian sederhana, kegiatan pokok ekonominya adalah ….
Pilihan Tunggal
Hal berikut yang bukan merupakan ciri pertanian maju adalah ….
Pilihan Tunggal
Pengeluaran berikut yang tidak diakibatkan oleh panca usaha tani ialah ….
Pilihan Tunggal
Perhatikan hal-hal berikut!
1) Bahan mentah
2) Barang jadi
3) Pasar
4) Iklim
Pelaku usaha industri selalu mempertimbangkan lokasi pembangunan pabrik dan industri pada ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel