Contoh Soal Persentase dalam Perbandingan Bertingkat

Contoh Soal Persentase dalam Perbandingan BertingkatPersentase juga dapat digunakan untuk membandingkan beberapa variabel.
Sebagai ilustrasi, misalkan untuk membuat suatu larutan oksidasi diperlukan 50% larutan A, 30% larutan B, dan sisanya adalah larutan C. Adapun banyak larutan C adalah 84 liter.
Nah, untuk menentukan banyak larutan oksidasi yang terbentuk, kalian perlu menggunakan konsep persentase dalam perbandingan tiga variabel.

Dalam ilustrasi di atas, kita ketahui bahwa banyak larutan C yang diperlukan untuk membuat larutan oksidasi adalah 100% - 50% - 30% = 20%.
Oleh karena banyak larutan C adalah 84 liter, maka banyak larutan oksidasi yang terbentuk adalah 100%20%×84=420 liter.

Persentase dalam Perbandingan Bertingkat

Persentase juga dapat digunakan dalam perbandingan bertingkat.
Sebagai ilustrasi, misalkan dalam sebuah bimbingan belajar ada tentor yang berstatus kontrak dan magang. Diketahui bahwa persentase tentor kontrak adalah 40% dan 55% tentor kontrak belum menikah.
Nah, jika diketahui jumlah seluruh tentor di bimbingan belajar tersebut adalah 100 orang, maka untuk menentukan jumlah tentor kontrak yang sudah menikah, kalian perlu menggunakan konsep persentase dalam perbandingan bertingkat.

Berdasarkan informasi dalam ilustrasi di atas, dapat kita buat tabel seperti berikut:
Persentase jumlah tentor kontrak yang sudah menikah adalah 45%×60%×100=27%×100=27 orang.

Contoh Soal Persentase dalam Perbandingan Bertingkat

Suatu perusahaan mempunyai 300 karyawan. Diketahui bahwa 50% karyawannya merupakan lulusan S1, hanya 20% karyawan yang merupakan lulusan S2, dan sisanya merupakan lulusan SMK. Jumlah lulusan SMK di perusahaan tersebut adalah ... orang.
Dalam sebuah SMP, 40% siswa adalah siswa kelas VII, 32% siswa adalah siswa kelas VIII, dan sisanya merupakan siswa kelas IX. Jika 30% siswa kelas IX merupakan laki-laki, maka persentase jumlah siswa laki-laki di kelas IX terhadap jumlah seluruh siswa di SMP tersebut adalah ....
Dalam sebuah sekolah, 40% guru berstatus sebagai PNS dan sisanya berstatus sebagai non PNS. Diketahui bahwa 70% guru yang berstatus non PNS belum menikah. Jika jumlah seluruh guru di sekolah tersebut adalah 50 orang, maka jumlah guru non PNS yang sudah menikah adalah ... orang.
Persentase penduduk laki-laki di sebuah desa adalah 25%. Diketahui bahwa 56% penduduk perempuan belum menikah. Jika di desa tersebut terdapat 330 perempuan yang belum menikah, maka jumlah penduduk laki-laki adalah ... orang.
Sebuah perusahaan menjual tiga jenis barang. Diketahui bahwa 30% barang yang dijual merupakan barang A, 50% barang yang dijual merupakan barang B, dan sisanya merupakan barang C.
Setelah satu bulan, ternyata 80% dari barang A terjual, 60% dari barang B terjual, dan seluruh barang C habis terjual.
Jenis barang yang paling banyak terjual adalah ....
Sebuah perusahaan memproduksi empat jenis barang untuk dijual ke pasar. Diketahui bahwa jumlah barang A ada sebanyak 20%, jumlah barang B ada sebanyak 30%, dan sisanya merupakan barang C. Setelah satu bulan, ternyata 80% dari barang A terjual habis. Jika jumlah barang A yang terjual sama dengan jumlah barang C yang terjual, maka persentase jumlah barang C yang terjual adalah ....
Di sebuah desa, 60% penduduknya berusia kurang dari 17 tahun. Adapun 35% penduduk yang berusia 17 tahun atau lebih adalah laki-laki. Jika jumlah penduduk perempuan yang berusia 17 tahun atau lebih berjumlah 1.300 jiwa, maka jumlah seluruh penduduk di desa tersebut adalah ... jiwa
Sebuah perusahaan mempunyai tiga buah cabang di kota besar. Perbandingan antara jumlah karyawan di cabang A dan B adalah 3 : 4, sedangkan perbandingan antara jumlah karyawan di cabang B dan C adalah 5 : 2. Diketahui bahwa 55% karyawan di cabang C adalah laki-laki dan jumlah seluruh karyawan di perusahaan tersebut adalah 3.440 orang. Jumlah karyawan perempuan di cabang C adalah ... orang.
Di suatu sekolah, 45% siswa tidak naik sepeda saat ke sekolah. Jika 60% siswa di sekolah tersebut adalah laki-laki dan 80% siswa yang naik sepeda saat ke sekolah merupakan laki-laki, maka persentase jumlah siswa perempuan yang tidak naik sepeda saat ke sekolah adalah ....
Di suatu bimbingan belajar, diketahui bahwa:
  • 40% siswa tidak membawa handphone
  • 60% siswa adalah laki-laki
  • 75% siswa yang membawa handphone adalah laki-laki
Jika jumlah siswa laki-laki yang tidak membawa handphone adalah 60 orang, maka jumlah siswa perempuan yang tidak membawa handphone adalah ... orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel