Contoh Soal Penerapan Perbandingan Bertingkat dalam Kehidupan Nyata

Contoh Soal Penerapan Perbandingan Bertingkat dalam Kehidupan Nyata Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar mengenal berbagai macam perbandingan bertingkat. Seperti yang kalian ketahui, masalah perbandingan bertingkat dapat dijumpai pada permasalahan sehari-hari.
Apakah kalian masih ingat dengan berbagai macam perbadingan bertingkat?
Yuk kita ingat kembali dengan mencermati beberapa contoh soal berikut ini.

Contoh 1

Perbandingan banyaknya mainan yang dimiliki oleh James dan Steven adalah 3 : 2, sedangkan perbandingan banyaknya mainan yang dimiliki oleh Steven dan Michael adalah 4 : 5. Jika diketahui jumlah mainan dari ketiga orang tersebut adalah 120 buah. Berapakah banyak mainan yang dimiliki oleh masing-masing orang?

Penyelesaian:

Berdasarkan informasi dalam soal, kita peroleh hasil sebagai berikut:

Oleh karena jumlah mainan dari ketiga orang tersebut adalah 120 buah, maka
Banyak mainan James=12(12+8+10)×120=1230×120=48
Banyak mainan Steven=8(12+8+10)×120=830×120=32
Banyak mainan Michael=10(12+8+10)×120=1030×120=40





Contoh Soal Penerapan Perbandingan Bertingkat dalam Kehidupan Nyata


Jumlah seluruh pengunjung dalam suatu pertunjukkan sirkus adalah 140 orang, dengan perbandingan antara jumlah pengunjung yang masih sekolah dan yang sudah bekerja adalah 7 : 3. Dari pengunjung yang sudah bekerja, perbandingan antara jumlah pengunjung yang duduk di kursi VIP dan yang tidak adalah 4 : 3. Jumlah pengunjung yang sudah bekerja dan duduk di kursi VIP adalah ... orang.
Dalam sebuah kecamatan terdapat 3 kelurahan. Perbandingan antara jumlah penduduk di kelurahan A dan B adalah 3 : 5, sedangkan perbandingan antara jumlah penduduk di kelurahan B dan C adalah 4 : 3. Jika diketahui jumlah penduduk di kecamatan tersebut adalah 235.000 jiwa, maka jumlah penduduk di kelurahan B adalah ... jiwa.
Dalam suatu forum, diketahui bahwa perbandingan antara jumlah anggota yang berasal dari Joga dan Semarang adalah 6 : 5, sedangkan perbandingan antara jumlah anggota yang berasal dari Semarang dan Klaten adalah 3 : 4. Jika ternyata jumlah anggota yang berasal dari Klaten lebih banyak 75 orang dibandingkan dengan jumlah anggota yang berasal dari Semarang, maka jumlah anggota yang berasal dari Jogja adalah ... orang.
Amel, Beny, dan Ciko mendapat apel dari kakeknya dengan perbandingan 2 : 3 : 5. Karena lapar, Beny memakan 2 buah apelnya, sehingga jumlah apel Beny sekarang sama dengan jumlah apel Amel. Jika Ciko juga ikut memakan satu buah apel, maka jumlah apel Ciko sekarang adalah ... buah.
Adel, Bunga, Cici, dan Dwi sama-sama diberi permen oleh Bu Guru karena berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Perbandingan antara jumlah permen yang diperoleh Adel dan Bunga adalah 3 : 4, perbandingan jumlah permen yang diperoleh Bunga dan Cici adalah 2 : 1, sedangkan perbandingan jumlah permen yang diperoleh Cici dan Dwi adalah 2 : 3. Anak yang memperoleh jumlah permen sama adalah ....
Dua buah bilangan memiliki perbandingan 4 : 5. Jika bilangan pertama ditambah 5, maka bilangan tersebut akan sama dengan bilangan kedua dikurangi 5. Jumlah kedua bilangan tersebut adalah ....
Berdasarkan hasil pemilu di suatu provinsi, diketahui bahwa 70% pemilih adalah laki-laki dan 45% dari pemilih wanita adalah mahasiswa. Jika jumlah pemilih wanita yang berstatus sebagai mahasiswa adalah 135 orang, maka jumlah seluruh pemilih dalam pemilu tersebut adalah ... orang.
Di suatu sekolah, 30% siswa naik motor ke sekolah, 60% siswa adalah siswa laki-laki, dan dari siswa yang naik motor ke sekolah, 80% adalah laki-laki. Jika diketahui jumlah siswa laki-laki yang tidak naik motor adalah 72 orang, maka jumlah seluruh siswa adalah ... orang.
Sebuah toko parfum memproduksi 4 jenis parfum. Presentase jumlah parfum aroma mawar dan melati berturut-turut adalah 20% dan 30%, sedangkan sisanya adalah parfum aroma lemon. Setelah satu bulan, ternyata 80% parfum aroma lemon telah terjual dan jumlah yang terjual adalah 24 buah. Jumlah seluruh parfum yang diproduksi adalah ... buah.
Sebuah taman hiburan menyediakan 3 tempat penginapan yang dapat menampung banyak pengunjung. Perbandingan antara jumlah pengunjung yang menginap di penginapan pertama dan kedua adalah 2 : 3, sedangkan perbandingan antara jumlah pengunjung yang menginap di penginapan kedua dan ketiga adalah 4 : 3. Diketahui bahwa 40% dari pengunjung yang menginap di penginapan kedua adalah laki-laki. Jika jumlah seluruh pengunjung di taman hiburan tersebut adalah 5.800 orang dan seluruh pengunjung menginap di tempat yang telah disediakan, maka jumlah pengunjung wanita yang menginap di penginapan kedua adalah ... orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel