Contoh Soal Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datara

Contoh Soal Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi DataraSetelah kalian belajar tentang bangun ruang sisi datar dan kalian juga telah menyelesaikan soal-soal latihan tentang luas permukaan dan volum. Berikutnya kalian akan belajar menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar.
Untuk lebih jelasnya, mari kita cermati beberapa contoh permasalahan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar berikut ini.

Rubiks Cube 3 x 3 x 3
Jika kita melihat rubiks cube berukuran 3 x 3 x 3, banyak pertanyaan yang dapat muncul dibenak kita, seperti : ada berapa kubus kecil yang tersusun sehingga menjadi kubus besar? Jika volum kubus kecil 1 satuan volum, berapa volum rubriks? Jika luas permukaan kubus kecil 6 satuan luas, berapakah luas permukaan rubriks?

Bungkus Kado Berbentuk Balok
Saat teman atau anggota keluarga berulangtahun, kita biasanya memberikan kado. Agar isi kado tidak ketahuan dan kado terbungkus dengan rapi, biasanya kita menggunakan pembungkus kado. Jika kado berbentuk balok dengan ukuran 20 cm x 10 cm x 7 cm, maka berapa luas minimum kertas untuk membungkus kado?

Akuarium Berbentuk Kubus
Banyak sedikitnya volum air yang dapat ditampung oleh sebuah akuarium ditentukan oleh bentuk akuarium tersebut. Jika kita membeli sebuah akuarium berbentuk kubus dengan ukuran panjang sisi akuarium adalah 50 cm dan tidak ada ornament di dalam akuarium, berapakah volum air yang dapat memenuhi akuarium tersebut?

Nah, itulah contoh-contoh masalah yang sering kita jumpai yang ada hubungannya dengan bangun ruang sisi datar. Agar lebih jelas, mari kita selesaikan contoh-contoh permasalahan di atas.

1. Ada berapa kubus kecil yang tersusun sehingga menjadi kubus besar?
Oleh karena lapisan teratas ada 9 kubus kecil, lapisan tengah ada 9 kubus kecil, dan pada lapisan bawah ada 9 kubus kecil, maka banyak semua kubus yang tersusun ada 27 kubus kecil.
2. Jika volum kubus kecil 1 satuan volum, berapa volum rubiks?
Berdasarkan jawaban pada nomor 1, jumlah seluruh kubus kecil adalah 27 buah. Dengan demikian, volum rubriks adalah 1 x 27 = 27 satuan volum.
3. Jika luas permukaan kubus kecil 6 satuan luas, berapakah luas permukaan rubiks?
Oleh karena luas permukaan kubus kecil 6 satuan luas, maka luas sisi kubus kecil adalah 1 satuan. Dengan demikian, panjang sisi rubrik adalah 3 satuan. Jadi, luas permukaan rubriks = 6 x 3 x 3 = 54 satuan luas.
4. Jika kado berbentuk balok dengan ukuran 20 cm x 10 cm x 7 cm, maka berapa luas minimum kertas untuk membungkus kado?
Karena kado berbentuk balok, maka luas minimum kertas untuk membungkus kado sama dengan luas permukaan kado, yaitu :
Lp = 2(pl + lt + pt) = 2(20 x 10 + 10 x 7 + 20 x 7) = 820 cm2.
5. Jika kita membeli sebuah akuarium berbentuk kubus dengan ukuran panjang sisi akuarium adalah 50 cm dan tidak ada ornament di dalam akuarium, berapakah volum air yang dapat memenuhi akuarium tersebut?
Oleh karena akuarium berbentuk kubus dan tidak ada ornamen di dalam akuarium, maka volum air dalam akuarium sama dengan volum kubus, yaitu :
V = 503 = 125.000 cm3 = 125 liter.

Contoh Soal Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datara


Sebuah permen coklat yang berbentuk limas dengan alas persegi, panjang sisi alasnya 10 cm dan tinggi kardus permen coklat adalah 12 cm, akan dibungkus dengan kertas. Luas kertas pembungkus minimal yang diperlukan adalah ….
Sebuah keluarga memiliki kolam renang kecil berbentuk kubus dengan ukuran sisi 5 m. Jika seluruh permukaan bagian dalam kolam renang akan dilapisi keramik dengan biaya Rp75.000,00 tiap 1 m2 maka biaya yang dibutuhkan adalah ….
Perhatikan gambar tenda dan ukurannya berikut.
section-media
Luas kain minimal penutup tenda tersebut adalah ….
Sebuah pos penjagaan, bagian atapnya berbentuk limas segi empat beraturan. Jika ukuran alas dari atap tersebut adalah 4 m dan tinggi atap adalah 1 m, maka luas permukaan atap adalah ….
Apakah kalian pernah melihat piramid di Mesir?
Piramid di Mesir merupakan limas segiempat beraturan. Jika luas alas piramid adalah 300.000 kaki2 dan tingginya 321 kaki, maka volum piramid tersebut adalah ….
Sebuah tenda berbentuk seperti gambar berikut:
section-media
Jika alas tenda berbentuk persegi dengan panjang sisi 4 m, tinggi bagian tenda yang berbentuk prisma adalah 2 m, dan tinggi sisi tegak bagian atapnya adalah 3 m, maka luas kain yang digunakan untuk membuat tenda tersebut adalah ….
Pernahkah kalian melihat lampion berbentuk kubus?
Lampion tersebut mempunyai 6 sisi dengan bagian dalamnya berisi udara. Jika luas kertas penutup lampion adalah 1.350 cm2, maka volum udara dalam lampion adalah ….
Berikut ini adalah sketsa sebuah kolam renang dengan panjang 50 m, lebar 15 m, dan ketinggian dari 1 m sampai 3 m.
section-media
Jika bagian dinding dalam dari kolam tersebut akan dicat ulang dan satu kaleng cat dapat dipakai untuk mengecat papan seluas 10 m2, maka banyak cat yang digunakan untuk mencat dinding dalam kolam tersebut adalah ….
Berikut ini adalah sketsa sebuah bangunan berbentuk prisma segitiga samakaki, dimana bagian bawahnya berlubang sepanjang prisma tersebut.
section-media
Jika ukuran penampang depan dari lubang adalah 
4 m x 4 m , maka volum prisma yang tersisa adalah ….
Pernahkah kalian melihat pot bunga berbentuk prisma segienam di jalanan kota?
Diketahui panjang sisi prisma bagian dalam adalah 120 cm dan tinggi 80 cm. Jika pot tersebut diisi tanah sampai penuh, maka volum tanah yang dibutuhkan adalah ….


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel