Contoh Soal Menelaah Teks Cerita Pendek

Contoh Soal Menelaah Teks Cerita PendekKata menelaah berdasarkan KBBI adalah  mempelajari; menyelidik; mengkaji; memeriksa; menilik. Jadi menelaah teks cerpen berarti kita melakukan proses mempelajari, menyelidik, mengkaji, memeriksa, dan menilik sebuah teks cerpen. Lalu apa saja yang akan kita telaah pada teks cerpen?

Perhatikan contoh di bawah ini!

 Pecinta Kucing
Sari kembali membuka kulkas dan merasa sakit hati sekali ketika melihat makanan Si Roxet. Rasanya matanya kembali perih dan ingin menangis lagi. Kabar yang sudah ia terima tiga hari lalu dari temannya sangat membuat duka lara. Menurut Hani, Roxet tertabrak mobil di depan kompleks, sopir mobilnya kemudian menguburkan Roxet di pinggir taman.
      Sari meraih plastik snack Roxet yang baru berkurang seperlimanya. Sari akan membawa snack itu ke kuburan Roxet sore ini sepulang sekolah. Ia memasukkan kantong snack tersebut ke dalam tasnya lalu berpamitan pada ibu.
      Langit berwarna biru bersih dari awan. Di pinggir taman, Sari jongkok di depan gundukan kecil. 
      "Roxet, ini makanan kamu! Kamu lapar ga?" Sari mengeluarkan beberapa butir snack ikan di atas gundukan itu. Tak lama, ia dikejutkan dengan suara meongan kecil. Seekor kucing berwarna oranye menghampirinya dan memakan snack yang ia tebar tadi. Sari memperhatikan kucing kecil itu. Lalu timbul pikiran untuk membawanya pulang. Namun, ia urung melakukan itu. Ia tidak mau lagi merasa sedih kehilangan kucing.
      Sari melangkah pulang. Beberapa meter ia menemukan kucing lain berwarna hitam. Ia pun mengeluarkan snack ikannya beberapa butir. Kucing hitam itu melahapnya. Sari kembali melangkah pulang. Tak terasa timbul bahagia dalam hati Sari. Mendekati rumahnya, seekor kucing putih terlihat sedang tiduran. Ia pun menghampiri kucing itu lalu memberikan beberapa snack ikan. Sesuai dugaannya kucing itu pun melahapnya. Ah, Sari tambah bahagia.
Sari masuk rumah dengan tersenyum lebar. Ibu melihatnya dengan senang.
      "Kamu ceria sekali, sudah tidak sedih lagi ya?" tanya ibu.
      "Iya, ibu. Aku sekarang tahu bagaimana cara memanfaatkan snack kepunyaan Roxet, yaitu dengan memberi kucing-kucing liar makanan ini!"
      "Waah, ide bagus tuh, Sar!"
      "Iya, Bu. Aku bisa lebih banyak memberi kucing. Roxet pasti ikut senang"
      Sari memeluk ibunya. Hari ini, Sari bersyukur bisa menemukan cara untuk mengobati rindunya pada kucing peliharaannya yang kabur dan tertabrak mobil, Roxet.

Mari analisis

Menelaah teks cerita dapat dilakukan dengan menganalisis hal-hal berikut.
• Judul 
Teks cerpen di atas memiliki judul yang terlalu umum, kurang menarik.
• bagian struktur teks cerita
Teks cerpen di atas memiliki bagian struktur yang lengkap.

• gambaran tokoh dan wataknya
Penggambaran watak tokoh dijelaskan dengan menarik melalui pikiran-pikiran sang tokoh.

• gambaran latar/ setting cerita
Latar masih belum kuat karena tidak menggambarkan taman dan jalan pulang dengan baik.

• amanat
Amanat ialah pesan yang akan disampaikan pengarang kepada pembaca.
Amanat dari cerpen di atas adalah agar kita tidak merasa kehilangan berlebihan dan mencari cara lain untuk berbahagia.

• bahasa teks cerpen
Pemakaian bahasa ada beberapa yang harus direvisi misalnya judul, paragraf pertama kabar yang sudah diterima tiga hari yang lalu. Kalimat tersebut tidak efektif karena pemborosan kata sudah dan yang lalu, keduanya memiliki makna yang sama.

• isi teks cerita
Isi teks di atas baik, mengajarkan anak-anak untuk menyayangi kucing tanpa harus mengurungnya di rumah.
Contoh Soal Menelaah Teks Cerita Pendek



Aku menundukkan kepala. Separuh hatiku mengakui kalimat Bapak ada benarnya. Ada banyak hal baik yang telah dilakukan Kak Eli untukku. Kalau kami ditinggal Mamak dan Bapak, kak Eli selalu memastikan aku makan yang pertama, mengambil jatah makanan paling banyak, baru kemudian ia yang makan. Kak Eli yang sukarela selalu meminta kepada Mamak agar sebagian tugasku dikerjakan olehnya. Kak Eli yang selalu melindungiku di sekolah kalau diganggu murid lain. Kak Eli yang memilih menemaniku dibanding bermain dengan teman-teman sepantarannya. Kak Eli yang ... Aku menghembuskan napas. Tidak, kalau ia memang sayang, kenapa ia terus mengomel setiap hari, meneriakiku, menyuruh-nyuruh. Separuh hatiku yang lain tidak terima, langsung membantah.
("Amelia", Tere Liye )
Gambaran tokoh Kak Eli pada kutipan teks cerita di atas ialah ....
...Jujur saja, Sophie tidak tahu apa yang harus dikatakannya mendengar pertanyaan itu. Untunglah ia diselamatkan dari keharusan menjawab karena pada saat itu sopir taksi mereka tiba-tiba membunyikan klakson dengan keras dan menginjak rem dengan begitu mendadak sampai membuat mereka terempas ke depan. Lalu, si sopir keluar dari mobil dan mulai meneriakkan sumpah serapah dalam bahasa Inggris bercampur Spanyol.
      Setelah berteriak-teriak selama beberapa detik, si sopir masuk kembali ke dalam taksi dan melajukan taksinya seolah-olah tidak pernah terjadi apa-apa. Ia bahkan tidak bertanya kepada penumpangnya apakah mereka baik-baik saja.
("In a Blue Moon", Ilana Tan )
Nilai budaya yang bertentangan dengan budaya timur ialah ...
Dengarkan dengan saksama rekaman teks cerita di bawah ini!
Pelajaran hidup berharga yang bisa kita dapatkan dari rekaman teks cerita di atas ialah .
Dia amat kesal pada Jenny. Bukankah bila Jenny mau menjelaskan bahwa adiknya yang merobek-robek buku Joy, mungkin Bu Guru mau mengerti? Tapi, mengapa Jenny membisu? Mengapa tega membiarkan Joy dipermalukan dan duduk di luar kelas bersama kedua anak bandel itu? Sungguh Joy tidak bisa menerima hal itu.
("Ada Maaf dalam Persahabatan", Kumcer Bobo, Ny Widya Suwarna )
Kata itu pada teks cerita di atas artinya ialah ....
Seluruh penduduk kampung datang saat musim menebar benih, seperti pesta. Karung-karung bibit dipikul pemuda dan lelaki dewasa. Panci berisi makanan dibawa gadis-gadis kampung dan ibu-ibu. Beramai-ramai. Lantas tetua kampung, biasanya Wak yati, akan menyenandungkan gurindam tentang rasa syukur kepada Tuhan dan ‘kebaikan alam’.
("Amelia", Tere Liye)
Isi teks cerita di atas yang tepat ialah ....
Perhatikan rekaman berikut dengan saksama!
Watak tokoh Rani pada teks cerita di atas ialah ....
Waktu saya muda dulu, sekitar usia dua puluh tahun, saya sering dongkol pada orang tua-tua. Bayangkanlah setiap apa pun yang akan kami lakukan selalu kena tuntut agar minta nasihat dulu, minta restu dulu pada orang tua-tua. Memang tidak ada paksaan. Tapi selalu saja ada pesan-pesan agar sebelum kami mulai melaksanakan kegiatan kami, sebaiknya kami berbicara dengan Bapak Anu, Bapak Polan, Bapak Tahu, atau pada bapak sekalian bapak.
("Dari Masa ke Masa", A.A. Navis)
Ajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari pada teks cerita di atas ialah ....
1) Paman, kalau penduduk kampung tetap bertani begitu-begitu saja, mereka tidak akan pernah berhasil keluar dari keterbatasan yang ada.” 2) Aku berkata pelan. 3) Lebih tepatnya, aku bicara sambil memikirkan sesuatu. 4) “Tetap tidak ada uang untuk sekolah. 5) Anak-anak kampung terpaksa bekerja di ladang, mencari rotan, mengambil rebung di hutan, menangkap ikan disungai. 6) Kampung ini bertahun-tahun hanya akan seperti itu. 7) Anak-anaknya, cucu-cucunya tetap akan menjadi petani miskin.”
("Amelia", Tere Liye)
Budaya hidup masyarakat setempat yang nampak pada teks cerita terdapat pada nomor ....
1) “Entahlah, Tuan Gurutta. Aku hanya memikirkan kejadian Ambo Uleng yang terjebak di ruangan kecil dekat cerobong asap. 2) Jika aku yang ada di sana, lantas tidak ada yang menemukanku, itu pasti mengerikan. 3) Mati sendirian, dalam kondisi tidak berdaya. 4) Bagaimana dengan Emma, dengan keluargaku di Belanda ....” Ruben diam sejenak.
("Rindu", Tere Liye)
Watak pencemas pada tokoh Ruben yang nampak pada kutipan teks cerita ditunjukkan nomor ....
Setiba di kabin, Anna dan Elsa tidak sabaran memberi tahu ke orangtua mereka, kalau mereka akan dibuatkan seragam pelaut. Tapi Daeng Andipati sedang tidur nyenyak.
      "Ayah kalian butuh istirahat, jangan diganggu.” Ibu mereka tersenyum, sambil merajut kaos kaki bayi.
("Rindu", Tere Liye)
Latar yang nampak pada kutipan teks cerita di atas ialah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel