Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Hasil Obesrvasi

Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Hasil ObesrvasiAda beberapa langkah yang harus kita lakukan dalam menyusun teks laporan hasil observasi.
Berikut adalah langkah-langkah yang dimaksud.

1. Mencari dan menentukan objek observasi
Pastikan objek observasi yang kalian pilih adalah sesuatu yang memiliki bagian atau jenis dan tentu saja memiliki manfaat agar kita mudah dalam membuat struktur deskripsi bagian dan manfaat. Contoh yang akan kita gunakan kali ini adalah mengenai sepeda. Alasannya adalah (a) mudah membuat definisi, (b) memiliki jenis/tipe, dan (c) memiliki manfaat.
  1. Buatlah kalimat definisi
Setelah objek observasi kita tentukan, langkah kedua adalah mencoba membuat kalimat definisinya. Contohnya
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, memiliki setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan oleh kaki untuk menjalankannya. Berdasarkan sejarah, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Konon, sejak awal abad ke-18, negeri itu sudah mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Velocipede inilah yang dipercaya sebagai cikal bakal kendaraan sepeda yang kita kenal sekarang.
Agar mudah membuat bagian definisi objek observasi, kalian dapat mencari informasinya dari internet, buku, atau majalah. Jangan lupa untuk menyertakan kata kerja kopula (adalah, merupakan) untuk menunjukkan bentuk kalimat definisi X = Y.
  1. Buat kalimat deskripsi yang merinci bagian
Pastikan kalimat deskripsi yang kalian buat harus dapat merinci dan memperjelas bagian-bagian objek observasi. Struktur ini dapat juga berupa tipe atau jenis-jenis klasifikasi anggota objek yang dilaporkan. Contoh deskripsi bagian sepeda adalah sebagai berikut.
Sepeda memiliki beragam nama dan model, bergantung pada fungsi dan ukurannya, beberapa di antaranya adalah sepeda gunung (MTB), sepeda balap (roadbike), BMX, sepeda mini, dan sepeda lipat.
Sepeda gunung digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27 – 30 sp. Sepeda balap digunakan untuk berbalap di jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27. Sepeda BMX, merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi. Sepeda mini, termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga. Sepeda lipat, merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah.
  1. Buatlah kalimat deskripsi yang merinci manfaat
Deskripsi manfaat haruslah berisi kegunaan dan manfaat objek yang dilaporkan. Salah satu cara dalam merinci hal ini adalah dengan menggunakan konjungsi-konjungsi yang sesuai, seperti konjungsi penanda sebab-akibat (sehingga, maka), penanda tujuan (agar, supaya), Penanda penambahan (dan, selain itu), atau penanda pertentangan (tetapi, akan tetapi, namun). Perhatikanlah contoh berikut!
Bersepeda memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang tidak bisa didapatkan dari jenis olahraga yang lain. Dalam durasi dan beban yang sama dibandingkan olahraga lainnya, bersepeda memiliki manfaat yang lebih tinggi. Mengayuh sepeda memerlukan tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya sehingga membuat irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, hal ini akan membuat jantung Anda lebih sehat. Selain itu, Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Hal ini disebabkan bahwa semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan. Walaupun kaki yang mengayuh, tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak.
  1. Mencermati kembali kaidah kebahasaan yang digunakan.
Bacalah kembali teks yang telah dibuat dengan mencermati penggunaan kaidah kebahasaan. Usahakanlah agar tidak ada penulisan kata yang salah.
  1. Menentukan judul
Langkah terakhir adalah menentukan judul. Langkah ini sebenarnya bisa kalian lakukan pada awal penyusunan. Akan tetapi, ada kalanya menentukan judul akan lebih mudah jika seluruh bagian teks telah kita buat. Dalam hal ini, judul teks yang telah disusun berdasarkan bagian-bagian sebelumnya adalah “Mengenal Sepeda dan Manfaatnya”.


Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Hasil Obesrvasi

Kurangnya kesadaran para pendaki gunung di Indonesia terkait kebersihan lingkungan membuat kita sangat miris apalagi kebersihan lingkungan harus sangat di perhatikan, terutama pada daerah pendakian karena ....
Alasan yang paling tepat terkait pernyataan di atas adalah ....
Perhatikan kalimat-kalimat yang masih tersusun acak berikut!
1) Pengelolaan material sampah ini bisa melibatkan zat padat, cair, gas, atau radioaktif dengan metode dan keterampilan khusus untuk masing-masing jenis zat.
2) Pengelolaan sampah adalah kegiatan pengumpulan, pengangkutan, pemrosesan, pendaurulangan, atau pembuangan material sampah.
3) Selain itu, pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam (resources recovery).
4) Pengelolaan material sampah yang dihasilkan dari kegiatan manusia biasanya dilakukan untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau estetika, dan biasanya juga dapat dilakukan untuk menghasilkan sesuatu yang masih bermanfaat dari sampah.
Susunan yang tepat agar terbentuk bagian definisi umum teks laporan hasil observasi yang padu adalah ....
Praktik pengelolaan sampah berbeda-beda antara negara maju dan negara berkembang, berbeda juga antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan, dan antara daerah perumahan dengan daerah industri. Penanggung jawabnya bisa berbeda-beda bergantung pada dampak dan tujuan yang diinginkan dari pengelolaan sampah. .... Sementara itu, untuk sampah dari area komersial dan industri biasanya ditangani oleh perusahaan pengolah sampah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian sumbang teks di atas adalah ....
.... Kegiatan membaca terbagi menjadi dua cara, yaitu meliputi membaca dengan suara nyaring dan membaca dalam hati. Membaca dengan suara nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras-keras di depan umum, sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan saksama yang dilakukan untuk mengerti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam suatu tulisan.
Kalimat tepat untuk dijadikan sebagai kalimat definisi penggalan teks di atas adalah ....
... membaca dalam mengasah kemampuan otak tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat memilih satu jenis buku yang Anda sukai, apakah ... klasik, fiksi ilmiah, atau buku pengembangan diri. Dengan cara ini, otak akan bertambah kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian ... dan meningkatkan perbendaharaan ....
Kata baku yang tepat untuk melengkapi teks rumpang di atas adalah ....

Try it!

Pendidikan adalah suatu usaha sadar manusia dalam mengembangkan kepribadian dan karakter serta pengetahuan sesuai dengan kodrat manusia. Pendidikan dilakukan untuk membantu manusia mencapai kodratnya sesuai dengan martabat kemanusiaan sehingga mampu melaksanakan perannya berdasarkan nilai serta norma yang diakui di masyarakat. Dari pengertian di atas, tampak jelas betapa pentingnya proses pendidikan bagi manusia, terutama seorang anak. Sayangnya, ada beberapa permasalahan yang didapat dalam upaya memberikan pendidikan bagi anak-anak.
      Berdasarkan hasil observasi, ditemukan adanya perilaku menyimpang yang dilakukan sebagian siswa SMP X dalam proses pendidikan. Perilaku menyimpang yang ditemukan di antaranya adalah perilaku malas belajar, berkelahi sesama pelajar, dan membolos.
Judul yang tepat teks di atas adalah ....
Hal di bawah ini dapat dijadikan judul laporan hasil observasi, kecuali ....
Perhatikan kerangka karangan berikut!
1) Objek observasi : sapi
2) Klasifikasi : sapi limosin (sapi potong), sapi frisian holstein (sapi perah), sapi

peranakan ongole (sapi pembajak)
3) Manfaat : kegunaan sapi sebagai sumber susu, daging, dan tenaga.
Berikut ini adalah teks yang disusun berdasarkan kerangka karangan di atas, kecuali ....
Ipomoea batatas (L.) Lamb atau disebut juga dengan ubi jalar merupakan salah satu komoditas pertanian yang mempunyai prospek untuk dikembangkan di lahan yang kurang subur dan sebagai bahan olahan ataupun sebagai bahan baku industri. Berdasarkan sejarahnya, tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, namun ada juga yang berpendapat lain yaitu dari Polinesia. Tanaman ubi jalar masuk ke Indonesia diduga dibawa oleh para saudagar rempah-rempah. 
      Berdasarkan warna umbi, ubi jalar dapat dibedakan menjadi beberapa golongan, seperti ubi jalar putih, kuning, oranye, dan ungu. Keempat varietas inii memiliki cita rasa yang berbeda-beda.
Bagian yang tepat untuk melengkapi teks di atas agar menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap adalah ....
Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. Kambing liar jantan ataupun betina memiliki tanduk sepasang. Umumnya, kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekor agak ke atas, dan kebanyakan berambut lurus dan kasar. 
Bagian yang tepat untuk melanjutkan teks di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel