Contoh Soal Menangkap Makna Teks Hasil Observasi

Contoh Soal Menangkap Makna Teks Hasil ObservasiPada topik kali ini, kalian akan belajar untuk menangkap makna dalam teks hasil observasi. Teks yang memiliki struktur berupa deskripsi bagian ini tidak hanya dipahami sebatas struktur saja tetapi juga secara keseluruhan terutama yang menyangkut makna. Makna ini diperoleh dengan memahami isi teks baik secara tersurat maupun tersirat. 
      Makna adalah hal yang penting dalam berbahasa. Setiap tanda baca, kata, rangkaian kalimat, paragraf, bahkan teks, pasti memiliki makna. Coba saja kalian perhatikan tanda seru (!) dalam bahasa Indonesia. Tanda ini memiliki makna tertentu, yaitu tanda yang digunakan untuk menyampaikan suatu permintaan atau perintah dalam tulisan/kalimat, seperti jawablah! buanglah!. Tanda seru juga menjadi tanda peringatan agar selalu berhati-hati. Tanda seru seperti itu digunakan dalam rambu-rambu lalu lintas. Walaupun hanya sekadar tanda tetapi tanda tersebut memiliki makna yang harus dipahami dengan baik.

       
Lalu, bagaimana cara mengetahui makna dari sebuah teks? Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah teks berikut ini.

      Setelah membaca teks ”Museum Affandi”, apakah kalian dapat memahami makna dari teks tersebut?

Mari kita analisis

Makna atau maksud yang disampaikan oleh penulis dalam teks tersebut harus sampai kepada pembaca. Teks yang ditulis memiliki berbagai tujuan, salah satunya untuk memberikan informasi. Secara umum, teks tersebut memang memberikan informasi tetapi makna dari teks tersebut lebih dari sekadar informasi. 
      Melalui teks tersebut, pembaca dapat menangkap makna atau melihat lebih jauh bahwa ternyata Indonesia memiliki seorang pelukis yang karya-karyanya masih diabadikan sampai saat ini. Hasil karya Affandi dalam museum tersebut menjadi bukti bahwa karyanya memiliki nilai tinggi dan penting untuk perkembangan seni di Indonesia. Karyanya menjadi bagian dari sejarah dan bangsa Indonesia. Karya-karya dari Affandi dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. Meskipun sudah tiada tetapi hasil karyanya masih ada dan dihargai hingga saat ini.
      Makna dalam teks tidak hanya didapatkan secara langsung (tersurat) tetapi juga dapat secara tidak langsung (tersirat). Makna tersurat dapat dipahami dengan mudah karena dijelaskan langsung di dalam teks. Adapun makna tersirat dapat dipahami dengan menyimpulkan isi teks. Makna tersebut tidak ditulis/disampaikan secara jelas tetapi pembaca dapat menyimpulkan dengan pemahamannya sendiri. Dengan demikian, untuk memahami makna, pembaca harus memahami isi teks dengan baik. 
      Di samping itu, jika dalam suatu teks terdapat istilah asing, maka carilah pengertian istilah tersebut dengan membuka kamus. Kamus akan memudahkan kita untuk mengetahui makna kata. Dengan demikian, keseluruhan makna dalam teks dapat dipahami dengan baik.


Contoh Soal Menangkap Makna Teks Hasil Observasi

Taman Mini Indonesia Indah adalah taman rekreasi yang menunjukkan kebudayaan nusantara. Di taman ini, pengunjung dapat melihat sebuah danau yang menjadi miniatur kepulauan Indonesia. Selain itu, setiap kebudayaan dari setiap provinsi di Indonesia dipamerkan di sini, mulai dari rumah adat, pakaian adat, tarian daerah, berbagai museum, dan sebagainya. Dengan mengunjungi taman ini, pengunjung akan melihat bahwa Nusantara memiliki keberagaman yang indah dan budaya yang harus dilestarikan. Pengunjung juga dapat melihat bahwa keberagaman budaya di Indonesia harus selalu dihargai dengan baik.
Berikut ini adalah maksud yang hendak disampaikan dalam teks tersebut, kecuali ....
Daun sirsak dapat mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh. Bahkan dalam beberapa kasus jenis kanker, daun sirsak ini dapat menyembuhkan kanker secara total. Daun sirsak juga dapat menambah stamina untuk kebugaran badan, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah timbulnya radikal bebas dalam tubuh, menghambat mutasi gen, dan penurun tekanan darah tinggi.
Simpulan dari teks tersebut adalah ....
Lumba-lumba memiliki tubuh ramping sehingga dapat berenang dengan cepat. Lumba-lumba memiliki sirip ekor yang disebut fluke. Sirip tersebut digunakan sebagai penggerak dan sirip yang berada di bagian samping tubuhnya digunakan sebagai alat kontrol. Adapun sirip bagian atas berfungsi untuk stabilisator saat lumba-lumba berenang. 
Berikut ini makna yang sesuai untuk teks tersebut, kecuali ....
Ubur-ubur merupakan jenis binatang laut yang termasuk kelas Scyphozoa. Terdapat hampir 1.800 jenis ubur-ubur di dunia. Salah satunya adalah ubur-ubur yang paling mematikan dari kelompok Cubozoa, yaitu ubur-ubur Irukandji yang memiliki ukuran sangat kecil. 
Definisi umum tersebut menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ....
Taman Safari memiliki 2500 koleksi satwa dari penjuru dunia, termasuk satwa langka seperti benggala, komodo, dan anoa. Taman yang terletak di kawasan Puncak ini dijadikan penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang berada di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut. Di Taman Safari, pengunjung dapat berkeliling untuk bisa melihat semua binatang yang hidup di sana dengan jarak yang sangat dekat. Pengunjung dapat berkeliling dengan menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. 
Maksud yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
(1) Taman Buah Mekarsari terletak di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Taman ini cukup luas dan banyak kebun-kebun buah yang terhampar hijau. (2) Taman ini juga menyediakan fasilitas bermain yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti outbond dan wisata air. (3) Wisata adalah bepergian bersama-sama atau bertamasya. (4) Saat ini, Taman Buah Mekarsari terus berbenah dengan memperbaiki fasilitas dan pelayanan. 
Kalimat yang mengganggu keutuhan makna/maksud dalam teks ditunjukkan oleh nomor ....
Orangutan Sumatra memiliki panjang tubuh sekitar 1,25-1,5 meter. Orangutan ini memiliki berat sekitar 30-50 kg untuk betina sedangkan yang jantan memiliki berat sekitar 50-90 kg. Orangutan Sumatra memiliki buku berwarna coklat kemerahan. Saat ini, orangutan Sumatra menjadi spesies orangutan yang sangat langka
Berikut ini pernyataan yang sama untuk makna dalam kalimat yang tercetak miring, yaitu ....
Bunga hias ini memiliki wangi yang khas. Di Indonesia, jenis bunga ini dikenal sebagai puspa bangsa dan melambangkan kemurnian dan kesucian. Dalam berbagai tradisi, bunga ini menjadi hiasan yang diharuskan ada pada rambut pengantin dalam upacara perkawinan. 
Teks tersebut mendeskripsikan tentang ....
Sampah adalah material sisa yang berasal dari proses akhir produksi. Sampah dapat mengganggu keseimbangan lingkungan. Sampah yang menumpuk merusak keindahan dan menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, sampah dapat menyebabkan banjir dan kerusakan bagi alam dan manusia. 
Maksud yang hendak disampaikan oleh teks tersebut adalah ....
Bintang ini merupakan pusat dari tata surya. Ciri khas dari bintang ini adalah memiliki bagian yang berupa lidah api yang sangat besar dan keluar dari bagian permukaan. Bintang ini memiliki jarak dengan bumi sekitar 149,6 juta kilometer. Bintang ini juga mampu menyinari bumi. Sinar dari bintang ini dapat memberikan manfaat untuk kelangsungan makhluk hidup karena mengandung vitamin D dan dimanfaatkan tumbuhan untuk berfotosintesis. 
Teks tersebut mendeskripsikan tentang ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel