Contoh Soal Identifikasi Teks Hasil Observasi

Contoh Soal Identifikasi Teks Hasil ObservasiMasih ingatkah kalian tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi? Untuk lebih memahami kedua hal tersebut, pada materi kali ini kita akan mengidentifikasi kelengkapan struktur teks dan menganalisis kekurangan ciri kebahasaan yang terdapat di dalamnya, termasuk kita juga akan menandai penulisan kata yang tidak baku dan kesalahan pemakaian konjungsi.
Mengidentifikasi Kekurangan Teks
Perhatikan contoh berikut!
Cabai atau cabe, sebagaimana masyarakat Indonesia menyebutnya, adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran ataupun bumbu. Hal ini tergantung bagaimana cabai digunakan. 
      Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia.  Cabai mengandung anti oksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar anti oksidan ini ada pada cabai hijau. Cabai juga mengandung lasparaginase dan capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker. Dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, tapi harus dikonsumsi sekedarnya untuk menghindari nyeri lambung.
Kandungan vitamin C dan betakaroten (provitamin A) pada cabai ternyata lebih besar dari buah-buahan, seperti mangga, nanas, dan semangka. Bahkan, kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor, melebihi kadar mineral yang ada pada ikan segar.
      Dapatkah kalian menganalisis kekurangan yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi di atas?
Penerapan Struktur
Sebagai teks laporan hasil observasi, struktur di atas terlihat kurang lengkap karena hanya terdiri atas definisi umum (paragraf 1) dan deskripsi manfaat (paragraf 2). Tidak ada deskripsi bagian di dalam teks tersebut yang seharusnya wajib muncul dalam struktur teks hasil observasi. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa teks di atas belum dapat dikatakan sebagai teks laporan hasil observasi yang tepat.
Penerapan Ciri Kebahasaan
Berdasarkan ciri-ciri kebahasaan teks hasil observasi, kita menemukan adanya penulisan kata-kata yang tidak baku, seperti anti oksidan, anti kanker, sekedar, dan tapi. Pada dua kata pertama, kata anti- adalah bentuk kata terikat sehingga penulisannya harus digabung dengan kata dasar menjadi antioksidan dan antikanker. Contoh yang lain adalah antibodi, antinyamuk, antikarat. Bentuk kata terikat lain yang sering salah digunakan adalah kata serba-, pro-, kontra-, sub-, dan antar- . Keseluruhan kata tersebut harus ditulis terikat. Sementara itu, kata tapi seharusnya ditulis dengan kata tetapi dan kata sekedarnya seharusnya tertulis sekadarnya
Perhatikan tabel berikut!
      Selain itu, dalam penggunaan konjungsi, kita menemukan satu catatan, yaitu konjungsi dan. Konjungsi dan digunakan sebagai konjungsi antarklausa yang menghubungkan klausa satu dengan klausa yang lain. Penggunaannya tidak dapat digunakan di awal kalimat karena akan menciptakan struktur yang tidak baku. Kesalahan ini muncul di kalimat kelima paragraf kedua. Konjungsi yang tepat yang memiliki makna penambahan, sama seperti kata dan, adalah konjungsi selain itu.


Contoh Soal Identifikasi Teks Hasil Observasi

Ikan merupakan anggota vertebrata poikilotermik yang berdarah dingin, hidup di air, dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang sangat beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.
Secara taksonomi, ikan termasuk kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan. Biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv, bjn), jukut(vkt).
Pernyataan yang tepat terkait teks di atas, kecuali .…
Terdapat tiga varitas jahe yang populer di pasaran, yaitu jahe gajah, jahe kuning, dan jahe merah. Jahe gajah/jahe badak merupakan jahe yang paling disukai di pasaran internasional. Bentuknya besar gemuk dan rasanya tidak terlalu pedas. Daging rimpang berwarna kuning hingga putih. Jahe kuning merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal. Rasa dan aromanya cukup tajam. Ukuran rimpang sedang dengan warna kuning. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa.
Kesalahan yang ditemukan dalam penggalan teks di atas adalah tentang ....
Jahe yang bernama latin Zingiber officinale ini adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Bentuk rimpangnya seperti jari-jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Tanaman ini memiliki rasa dominan yang pedas dikarenakan senyawa keton yang bernama zingeron.
Kata berimbuhan yang ditulis secara salah adalah .…
Kesalahan penggunaan konjungsi terdapat dalam kelimat berikut, yaitu ....
Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). … diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari bahasa Sanskerta, singaberi.
Kata rujukan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang di atas adalah .…
Cengkih yang dalam bahasa Inggris disebut cloves ini bertangkai bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia. Cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar; selain itu juga dibudi dayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka.
Kekurangan yang ditemukan dalam teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
Minyak esensial yang diekstrak dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakitgigi. Zat yang terkandung dalam cengkih yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. Minyak cengkih juga digunakan dalam campuran tradisional chojiyyu (1% minyak cengkih dalam minyak mineral; "choji" berarti cengkih; "yu" berarti minyak) dan digunakan oleh orang Jepang untuk merawat permukaan pedang mereka.
Kelompok kata/frasa yang menunjukkan bahwa teks di atas termasuk ke dalam deskripsi manfaat adalah sebagai berikut, kecuali ....
Kalimat deskripsi yang tepat untuk dijadikan bagian deskripsi manfaat adalah ....
Manfaat madu sangat banyak. Selain digunakan sebagai makanan kesehatan, madu juga bermanfaat untuk berbagai penyakit dan keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia. Bahkan, kehebatan madu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Berbeda dengan manfaat buah, cairan madu ini dapat digunakan sebagai obat berbagai penyakit dan keluhan, seperti menyembuhkan sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menghilangkan jerawat.
Konjungsi-konjungsi yang digunakan dalam teks tersebut adalah ....
Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga jahe, tetapi memiliki rasa yang berbeda. Tanaman ini mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.  
Kalimat definisi umum yang tepat untuk mengawali penggalan teks di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel