Contoh Soal Menelaah Teks Hasil Observasi

Contoh Soal Menelaah Teks Hasil ObservasiMenelaah atau mengevaluasi dan merevisi sebuah teks laporan hasil observasi memerlukan pemahaman dan pendalaman lebih lanjut mengenai dua hal yang selalu dilihat dalam sebuah teks, yaitu struktur dan kaidah kebahasaan. Untuk itu, perhatikanlah tabel berikut sebagai rangkuman atas apa yang pernah kita pelajari dalam materi sebelumnya mengenai struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi!

Ada tiga hal yang perlu kita cermati dalam menelaah sebuah teks, yaitu (1) telaah struktur, (2) telaah kaidah kebahasaan, dan (3) telaah informasi.
Perhatikanlah satu contoh teks laporan hasil observasi berikut kemudian kita evaluasi struktur dan penggunaan kaidah kebahasaannya. Jika terdapat kekurangan, kita akan melakukan revisi/perbaikannya.

Mari kita analisis

Telaah Struktur
Teks di atas telah memiliki struktur teks laporan hasil observasi yang lengkap dengan definisi umum (paragraf 1), deskripsi bagian (paragraf 2), dan deskripsi manfaat (paragraf 3).
Telaah Kaidah Kebahasaan
Perhatikan bagian-bagian yang dicetak tebal dalam teks observasi di atas! Bagian yang tercetak tebal di atas adalah kesalahan kaidah kebahasaan yang dapat kita temukan. Berikut adalah evaluasi dan revisi kesalahan-kesalahan yang dimaksud.
1. Kalimat kedua paragraf pertama tidak memiliki koherensi (kepaduan) yang cukup jelas dengan kalimat pertama. Kalimat kedua ini akan lebih padu jika ditambahkan dengan konjungsi dan kata rujukan. Konjungsi yang digunakan adalah antarkalimat penanda penambahan untuk menunjukkan adanya informasi tambahan yang diberikan. Kata yang dimaksud adalah selain itu. Setelah itu, kata pupuknya dapat diubah menjadi pupuk ini. Kata ini lebih cocok digunakan sebagai kata rujukan untuk kalimat pertama.
2. Gabungan kata bebas efek samping akan lebih tepat jika diubah menjadi tidak ada efek samping agar strukturnya lebih baku. Akan tetapi, frasa ramah lingkungan diubah posisinya ke bagian awal sehingga bentuknya menjadi ramah lingkungan dan tidak ada efek samping. Hal ini dilakukan agar makna kalimat menjadi lebih mudah dipahami pembaca.
3. Konjungsi seperti adalah konjungsi yang berjenis antarklausa sehingga tidak tepat jika diletakkan di awal kalimat. Kalimat yang memiliki konjungsi ini harus digabungkan dengan kalimat sebelumnya menjadi 
Selain bentuk fasanya, ada juga pupuk kandang yang berupa campuran antara kotoran dengan material lain, seperti, kotoran ayam yang dicampur dengan sekam padi yang dijadikan alas kandang atau kotoran sapi yang bercampur jerami. 
4. Kata subur dapat diubah menjadi bentuk frasa lebih subur agar sejajar dengan frasa yang telah muncul sebelumnya: lebih kuat terhadap penyakit dan lebih subur.
5. Sama seperti kata seperti, kata sedangkan juga termasuk ke dalam konjungsi antarklausa sehingga konjungsi ini harus digabungkan dengan kalimat sebelumnya.
Tanaman pun terlihat kuat dan sehat, sedangkan tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia memiliki daun dan bunga yang lebih sedikit.
6. Bagian yang ditandai dengan nomor 6 menunjukkan bentuk kalimat yang tidak efektif karena ketiadaan unsur subjek sehingga unsur subjek ini harus ditambahkan dengan cara menambahkan kelompok kata hal ini di awal kalimat.
Telaah Informasi
Menelaah informasi berarti memahami segala informasi yang disampaikan oleh teks, seperti
a. Apa yang dimaksud dengan pupuk kandang?
b. Bahan apa saja yang dibutuhkan dalam mebuat pupuk kandang?
c. Apa saja jenis-jenis pupuk kandang?
d. Apa manfaat dan kelebihan pupuk kandang dibandingkan pupuk kimia?


Contoh Soal Menelaah Teks Hasil Observasi

Objek wisata merupakan segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang menjadi daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. SK. MENPARPOSTEL No.: KM. 98 / PW.102 / MPPT-87 menyatakan bahwa objek wisata adalah semua tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan. 
Objek wisata dapat berupa wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa objek bangunan seperti museum,benteng, dan situs peninggalan sejarah.
Pernyataan yang tepat terkait teks di atas adalah .…
Objek wisata memiliki berbagai macam jenisnya. Jenis objek wisata yang dimaksud adalah wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, dan wisatawa keagamaan. Sebagai negara besar yang kaya akan kebudayaan dan keragamaan suku bangsa dan agama, Indonesia memiliki semua jenis objek wisata tersebut. Sebagai contoh dalam wisata walam, Indonesia memiliki kawasan terumbu karang terkaya di dunia dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 3.000 spesies ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang-udangan. Kekayaan biota laut tersebut menciptakan sekitar 600 titik selam yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks di atas adalah .…
Wisata belanja di Indonesia dibagi menjadi dua jenis: pusat perbelanjaan tradisional dengan proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual dan pusat perbelanjaan modern, seperti Grand Indonesia di Jakarta. Pasar tradisional umumnya menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari yang berlokasi dalam satu gedung atau jalan tertentu. Beberapa daerah dengan relief sungai-sungai panjang memiliki pasar terapung yang dapat dijadikan objek wisata belanja, seperti Pasar Terapung Muara Kuin di Sungai Barito, Banjarmasin dan Pasar Terapung Lok Baintan di Banjar, namun ada pula yang khusus menjual barang - barang seni atau benda khas setempat seperti Pasar Sukawati di Gianyar yang menjual berbagai kerajinan tangan dan barang seni khas Bali.
Objek wisata di bawah ini yang dijadikan sebagai tempat khusus menjual barang-barang seni dan kerajinan tangan adalah .…
Sektor kepariwisataan dapat menjadi andalan pemerintah sebagai sumber penerimaan devisa negara terbesar tanpa kerugian apa pun. Karena, hal ini tidak mengeksploitasi sumber daya alam. Hanya dengan menjual keindahan alam atau keanekaragaman budaya kepada para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, Indonesia bisa mendapatkan keuntungan besar tanpa mengambil sesuatu pun dari alam.
Kekurangan yang terdapat di dalam teks di atas adalah .…
Ojek online adalah transportasi umum non formal di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda. Tetapi, lebih lazim berupa sepeda motor yang dipesan dengan menggunakan aplikasi berbasis online. Berbeda dengan ojek pangkal yang hanya dapat dipesan di tempat-tempat tertentu. Layanan ojek online dapat dipesan oleh calon penumpang di manapun ia berada dengan menggunakan aplikasi smartphone selama terdapat jaringan internet.
Berikut ini adalah perbaikan yang tepat teks di atas, kecuali .…
Konjungsi yang digunakan secara tidak tepat terdapat pada kalimat .…
Fenomena ojek online sangat menguntungkan bermacam pihak, baik bagi penumpang maupun tukang ojek sendiri. Beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dalam menggunakan layanan tersebut akan disebutkan satu per satu.
Hal yang diacu oleh kata rujukan dalam kalimat ke-2 teks di atas adalah .…
Segala aktifitas fisik ataupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kwalitas kesehatan dapat disebut sebagai olah raga. Kata olah raga berasal dari bahasa Prancis Kuno, yaitu desport yang bermakna ‘kesenangan’.
Berikut ini adalah tiga kata yang perlu diperbaiki, yaitu ....
Olah raga bagi tubuh manusia dapat membantu tubuh terliindung dari penyakit, seperti stroke, jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, osteoporosis, nyeri punggung, dan juga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress. Selain itu, olah raga juga bisa membentuk otot- otot yang ada di dalam tubuh manusia baik yang menginginkan bentuk tubuh yang berotot juga bisa menjaga stamina tubuh agar selalu fit.
Tema yang dibahas adalam teks tersebut adalah ....
Menambahkan pisang dalam menu diet harian akan bermanfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh untuk menjaga perut tetap sehat. Hal ini dapat terjadi karena adanya serat yang akan membantu proses pencernaan dan juga membuat usus menjadi sehat.
Kata rujukan hal ini dalam teks di atas mengacu pada .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel