Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Hasil Observasi

Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Hasil ObservasiSebelum mempelajari materi dalam topik ini, coba bacalah teks berikut ini.

      Setelah membaca teks ”Bunga Mawar”, apakah kalian menemukan bagian yang kurang tepat dalam teks tersebut?

      Mari perhatikan dengan teliti setiap kalimat pada teks tersebut. Dalam teks ternyata ada beberapa kata yang tidak sesuai dengan ejaan yang benar. Kalian dapat mulai menemukan kata-kata tersebut pada paragraf pertama. Pada paragraf tersebut ada kata yang tidak tepat dalam penulisannya, yaitu kata tersebut, mawar, dan di kenal. Ketiga kata tersebut ada pada kalimat pertama dan keempat. Penulisan kata tersebut tidak tepat untuk menyatakan kalimat definisi. Kata tersebut digunakan sebagai kata rujukan. Kata tersebut mengacu pada kata sebelumnya, misalnya pada kalimat berikut ini. 
      Ikan mas memang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan tersebut dapat mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh. 
      Kata tersebut pada kalimat tersebut merujuk pada kata lain, yaitu ikan mas.
      Di samping itu, kesalahan ejaan ada pada kata mawar dan di kenal. Kata mawar terletak setelah titik dan menjadi kata pertama dalam kalimat. Dengan demikian, awal huruf pada kata mawar harus ditulis dengan huruf kapital, yaitu Mawar. Adapun pada kata di kenal ini seharusnya menjadi kata imbuhan. Kata di dapat menyatakan imbuhan dan kata depan. Kata depan didigunakan untuk menyatakan tempat dan kata kenal bukanlah tempat. Dengan demikian, di kenal menjadi dikenal karena di pada kata tersebut sebagai imbuhan. 
      Kesalahan masih ditemukan pada teks tersebut, yaitu pada paragraf kedua dan ketiga. Pada paragraf kedua tepatnya pada kalimat kedua, terdapat kata banyak, yaitu pada kalimat ”Pada batang bunga ini terdapat banyak duri-duri yang tajam.”
      Kata banyak pada kalimat tersebut perlu dihilangkan karena sudah ada kata duri-duri yang menyatakan banyak. Kalimat seperti ini disebut juga pleonasme, yakni majas yang ditandai penambahan kata/keterangan pada pernyataan yang sudah jelas. Kata/keterangan tersebut sebenarnya tidak diperlukan dan membuat kalimat menjadi tidak efektif. 
      Selain itu, pada paragraf terakhir tepatnya pada kalimat pertama dan kedua terdapat penggunaan tanda baca dan ejaan kata yang tidak tepat. Kalimat tersebut memiliki kekurangan dalam penulisan tanda koma. Tanda baca tersebut perlu dicantumkan setelah kata antiviral atau sebelum kata dan. Tanda koma ini memang harus dipakai di antara unsur-unsur perincian atau pembilangan. Adapun pada kalimat kedua terdapat penulisan kata yang tidak tepat, yaitu parvum yang seharusnya ditulis parfum. 
      Perbaikan teks seperti yang dilakukan pada teks berjudul ”Mawar” dapat dipahami sebagai proses menyunting. Menyunting dapat disebut juga mengedit. Menyunting menjadi kegiatan untuk mengubah dan merapikan susunan dan penggunaan bahasa dalam teks atau naskah tanpa mengubah makna. Adapun kegiatan menyunting meliputi beberapa hal berikut ini.
  1. Memperbaiki kesalahan berbahasa yang terlihat langsung pada teks/naskah.
  2. Meringkas beberapa kalimat yang memiliki kejelasan makna yang sama menjadi satu. atau dua kalimat agar lebih efisien dan efektif.
  3. Menghindari penggunaan makna ganda.
  4. Membuat tulisan menjadi lebih menarik dengan gaya bahasa yang komunikatif.
  5. Melengkapi tulisan jika terdapat kata atau kalimat yang tidak tepat.
  6. Menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan buku yang berkaitan dengan tata bahasa Indonesia untuk membantu proses menyunting.
      Dengan penyuntingan, teks atau naskah dapat terhindar dari kesalahan-kesahan baik dalam penggunaan bahasa maupun secara konsep. Selain penyuntingan, ada juga proses merevisi teks. Merevisi dipahami juga sebagai peninjauan untuk perbaikan, memperbaiki, atau memperbarui. Proses merevisi ini dapat dikatakan sama dengan proses menyunting karena bertujuan untuk memperbaiki teks. 


Contoh Soal Menyunting dan Merevisi Teks Hasil Observasi

Tomat sangat baik untuk kesehatan terutama untuk membantu tulang tetap kuat. Tomat memiliki kandungan vitamin K dan kalsium yang sangat baik untuk menguatkan dan memperbaiki tulang. Tomat yang mengandung likopen ini dapat membantu dalam peningkatan massa tulang sehingga mencegah osteoporosis. Selain itu, tomat mencegah terjadinya batu ginjal, batu empedu dalam tubuh, meredakan peradangan, juga dapat mengatur gula darah. 
Berikut ini hal yang perlu diperbaiki dalam teks tersebut adalah ....
Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini dengan cermat!
(1) Dengan suhu tersebut, bumi dapat menjaga ketersediaannya air dan menjaga organisme penghasil oksigen agar tetap hidup. 
(2) Bumi memiliki permukaan yang lebih dari 70% adalah air dan sisanya adalah daratan. 
(3) Bumi menjadi planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup karena memiliki suhu yang relatif tetap. 
(4) Bumi juga memiliki ketebalan atmosfer yang mencapai 700 km dan sebagian besarnya terdiri atas nitrogen dan oksigen.
Susuna yang tepat agar menjadi teks hasil observasi yang baik adalah ....
(1) Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. (2) Planet ini memiliki ukuran terkecil dalam tata surya tetapi memiliki berat yang hampir sama dengan berat bumi. (3) Hal ini terjadi disebabkan merkurius disusun besi yang sangat besar dan diameter 3.600 km. (4) Selain itu, planet ini memiliki suhu rata-rata 167 derajat Celcius. 
Kalimat pada nomor 3 dapat diperbaiki menjadi ....
Sawah sangat penting ... kehidupan petani karena petani dapat memiliki lahan untuk menanam padi. Sawah dimanfaatkan untuk mempertahankan budaya tradisional ... bercocok tanam. Sawah juga menjadi tempat untuk ... gotong royong antarwarga karena saling membantu dalam proses pengolahan sawah. 
Kata-kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
Ikan pari manta memiliki tubuh yang melebar dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya dan memiliki ekor kecil seperti cambuk. Lebar tubuh ikan tersebut itu mencapai 7-9 meter. Ikan ini bergerak menggunakan sirip dadanya. Ekor manta lebih pendek dan memiliki lendir yang lebih tebal dibandingkan dengan ikan pari lainnya. Ikan pari manta yang juga menjadi salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia ini adalah memiliki berat mencapai 3 ton. 
Kata yang perlu dihilangkan pada teks tersebut adalah ....
Di Thailand, mawar sering diolah menjadi bagian dari menu makan di beberapa restoran. Mawar dapat memberikan haruman pada minuman dengan cara mencampurkan daun kelopak bunga mawar yang sudah dikeringi dengan teh dan diseduh dengan air panas. Aroma dari bunga mawar dapat diberi kenikmatan saat meminum teh. 
Kata berimbuhan yang bercetak miring tersebut perlu diperbaiki menjadi ....
Taman film merupakan taman yang dibangun khusus untuk menonton film. Warga Kota Bandung sering mengunjungi lapangan ini untuk menonton acara pertandingan sepak bola. Taman yang berada di Jalan Layang Pasupati ini dilengkapi oleh teknologi videotron raksasa berukuran 4x8 meter sehingga warga dapat menyaksikan film dengan jelas.
Perbaikan yang perlu dilakukan untuk merevisi teks tersebut adalah ....
.... Ada sekitar 20.000 spesies lebah di dunia. Lebah membuat sarang di atas bukit, pohon kayu, dan atap rumah. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari. 
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Secara geografis, kawasan Danau Toba terletak di Pengunungan Bukit Barisan Propinsi Sumatra Utara. Danau Toba terbentuk karena ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. 
Ejaan yang perlu diperbaiki pada teks tersebut adalah ....
Unta adalah spesies hewan dari genus Camelus yang hidup di wilayah kering dan gurun. Unta adalah hewan yang kuat karena mampu berjalan di padang pasir yang panas. Hewan ini dapat bertahan berhari-hari tanpa makan dan minum. 
Unta memiliki struktur tubuh yang kuat dan tahan dengan suhu yang ekstrim. Unta menjadi hewan yang memiliki dua baris bulu mata yang panjang dan lubang hidung yang menutup sehingga pasir tidak masuk ke dalamnya. ....
Berikut ini kalimat yang tepat untuk merevisi teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel