Contoh Soal Meringkas Teks Hasil Observasi

Contoh Soal Meringkas Teks Hasil Observasi Masih ingatkah kalian dengan materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya? Ada kalanya, sebagai seorang pelajar, kita harus selalu mengulang-ulang kembali bacaan atau materi yang pernah dipelajari agar kemahiran kita terhadap suatu ilmu pengetahuan semakin meningkat dan tidak terlupa. Salah satu cara untuk memudahkan kita dalam mengulang suatu materi adalah dengan melakukan ringkasan terhadap apa yang pernah kita pelajari, terutama dalam menghadapi banyaknya teks-teks yang harus dibaca. Meringkas tentu saja akan meringankan beban kita dan menghemat waktu. Selain itu, mampu membuat ringkasan adalah bukti bahwa pemahaman kita terhadap suatu teks semakin berkembang.

Definisi Ringkasan

Ringkasan adalah hasil meringkas atau dalam beberapa soal sering juga disebut ikhtisar atau rangkuman. Meringkas sendiri bermakna memendekkan cerita atau pembicaraan dengan cara mengambil inti sarinya saja.

Langkah Membuat Ringkasan

Seperti yang telah dijelaskan, meringkas adalah mengambil inti sari yang kita temukan dalam bacaan. Inti sari dalam sebuah paragraf muncul di dalam gagasan utama atau kalimat utama. Dengan kata lain, kita perlu menentukan terlebih dahulu gagasan utama dalam suatu paragraf. 
      Paragraf terbentuk atas dua unsur, yaitu gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama adalah informasi umum yang menjadi pokok pembicaraan, sedangkan gagasan penjelas adalah informasi yang bersifat melengkapi, memperkuat, atau memerinci gagasan utama. Yang perlu diperhatikan agar kita mudah menentukan gagasan utama adalah pola paragraf. Pola paragraf ini ditentukan oleh posisi munculnya gagasan utama terhadap gagasan penjelas.

Pola Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utama

Terdapat tiga jenis pola paragraf yang dimaksud, yaitu (1) deduksi (gagasan utama di awal), (2) induksi (gagasan utama di akhir), dan (3) campuran. Dalam bagian definisi umum teks laporan hasil observasi, pola paragraf yang lazim digunakan adalah pola deduksi. Dengan kata lain, sesuai dengan ciri kebahasaannya, kalimat definisilah yang menjadi gagasan utama.Sementara itu, pada bagian deskripsi bagian dan deskripsi manfaat, kita cukup mencari kalimat yang memberikan informasi berupa rincian kelompok, tipe, dan manfaat atau dapat juga menyimpulkan kembali berdasarkan hal-hal yang dirinci karena itulah yang akan menjadi gagasan utamanya.

Perhatikanlah Contoh Berikut!

Ojek online adalah transportasi umum nonformal di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda. Akan tetapi, lebih lazim berupa sepeda motor yang dipesan dengan menggunakan aplikasi berbasis online. Berbeda dengan ojek pangkalan yang hanya dapat dipesan di tempat-tempat tertentu. Layanan ojek online dapat dipesan oleh calon penumpang di manapun ia berada dengan menggunakan aplikasi smartphone selama terdapat jaringan internet.
      Ada beberapa layanan ojek online yang terkenal, seperti GO-TEK, GribBik, Grab, Ojek Syar’I, dan Bang Ojek Aja.Setiap ojek online memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri, bergantung pada kenyamanan dan terbiasanya penumpang pada satu layanan.
      Fenomena ojek online sangat menguntungkan bermacam pihak, baik bagi penumpang maupun tukang ojek sendiri. Beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dalam menggunakan layanan tersebut adalah efektif dan efisien dalam waktu, baik dalam pemesanan maupun perjalanan.

Mencari Gagasan Utama

Sebelum mencari, kita pahami struktur teks di atas adalah definisi umum (paragraf 1), deskripsi bagian (paragraf 2), dan deskripsi manfaat (paragraf 3).
Pada paragraf pertama, kita temukan bahwa gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama, yaitu ojek online adalah transportasi umum non formal di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda. Tetapi, lebih lazim berupa sepeda motor yang dipesan dengan menggunakan aplikasi berbasis online.
      Pada paragraf kedua, gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama, yaitu ada beberapa layanan ojek online yang terkenal, seperti GO-TEK, GribBik, Grab, Ojek Syar’I, dan Bang Ojek Aja.
      Pada paragraf ketiga, gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama, yaitu fenomena ojek online sangat menguntungkan bermacam pihak.

Menyusun Kembali Gagasan Utama Menjadi Wacana Baru

Setelah menemukan semua gagasan utama dalam setiap paragraf, kini kita siap untuk meringkas teks di atas. Seiap gagasan utama kita gabungkan dan susun menjadi bentuk wacana baru dengan tetap mempertahankan informasi inti.
      Berikut adalah bentuk yang dapat kita buat.
Ojek online adalah transportasi umum non formal di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda, tetapi lebih lazim berupa sepeda motor yang dipesan dengan menggunakan aplikasi berbasis online yang sangat menguntungkan bermacam pihak. Ada beberapa layanan ojek online yang terkenal, seperti GO-TEK, GribBik, Grab, Ojek Syar’I, dan Bang Ojek Aja


Contoh Soal Meringkas Teks Hasil Observasi

1) Minuman teh adalah minuman yang berasal dari tanaman yang bernama latin camellia sinensis. (2) Minuman teh ini dibuat dengan cara infusi, yaitu menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman yang bernama latin Camellia sinensisdengan air panas. (3) Istilah "teh" juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh. (4) Contohnya adalah teh rosehip, camomile, krisan dan Jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut  teh herbal.
Gagasan utama paragraf di atas terdapat dalam kalimat .…
Biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag). Tipe kedua adalah ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari). Kemudian, tipe ketiga adalah ikan yang tergolong bertulang keras (kelas Osteichthyes).
Gagasan utama paragraf di atas adalah .…
Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, cabai juga mengandung lasparaginase dan capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker. Dengan demikian, cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. 
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola .…
(1) Ternyata pada saat zaman penjajahan, Pemerintah Belanda pernah menghapuskan dan melarang karakter ini untuk tampil karena dianggap sering digunakan sebagai alat pengkritik kebijakan pemerintah.
(2) Ada hal yang unik dari tokoh ini.
(3) Ia memiliki sifat suka berbicara semaunya.
(4) Cepot dan bagong dianggap sebagai tokoh yang sama.
Kalimat yang tepat sebagai gagasan utama adalah .…
1) Bahan bakar minyak adalah suatu materi yang didapat dari pengolahan minyak bumi yang 
kemudian diubah menjadi sumber energi.
2) Pertamax yang didapat dari pengolahan minyak bumi merupakan jenis bahan bakar andalan Pertamina.
Kalimat yang tepat hasil penggabungan kedua gagasan utama di atas adalah .…
(1) Kesenian wayang kayu lahir dan berkembang di wilayah pesisir utara Pulau Jawa pada awal abad ke-17 saat kerajaan Islam tertua di Pulau Jawa tumbuh disana dengan menggunakan bahasa Sunda dalam dialognya. (2) Menurut legenda yang berkembang, Sunan Kudus menggunakan bentuk wayang golek awal ini untuk menyebarkan Islam di masyarakat. (3) Salah satu wayang kayu yang terkenal adalah wayang golek dari Sunda dengan tokohnya yang bernama Cepot atau di Jawa dikenal dengan sebutan Bagong. (4) Uniknya, pada zaman Pemerintahan Belanda, karakter Bagong dihapuskan karena sering digunakan dalang untuk mengkritik pemerintah.
Pernyataan yang merupakan informasi inti dalam paragraf di atas adalah .…
(1) Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. (2) Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. (3) Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. (4) Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri yang disimpan di dalam bunga dan buah, sedangkan binatang tidak. (5) Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. (6) Rumput, gandum dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang tidak memiliki bunga, tetapi tetap dapat menghasilkan makanan sendiri. 
Pernyataan yang tepat teks di atas adalah .…
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, memiliki setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan oleh kaki untuk menjalankannya. Berdasarkan sejarah, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Konon, sejak awal abad ke-18, negeri itu sudah mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Velocipede inilah yang dipercaya sebagai cikal bakal kendaraan sepeda yang kita kenal sekarang.
      Sepeda memiliki beragam nama dan model, bergantung pada fungsi dan ukurannya, beberapa di antaranya adalah sepeda gunung (MTB), sepeda balap (roadbike), BMX, sepeda mini, dan sepeda lipat.
      Bersepeda memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh yang tidak bisa didapatkan dari jenis olahraga yang lain. Dalam durasi dan beban yang sama dibandingkan olahraga lainnya, bersepeda memiliki manfaat yang lebih tinggi. Mengayuh sepeda memerlukan tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya sehingga membuat irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, hal ini akan membuat jantung Anda lebih sehat.
Ringkasan yang tepat paragraf di atas adalah .…
Kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, telah mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor. Kerusakan tersebut disebabkan oleh maraknya penebang liar yang mengakibatkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air. Kerusakan hutan tersebut juga disebabkan oleh pemilik Hak Pengusahaan Hutan (HPH) dalam melakukan reboisasi.
Ringkasan isi paragraf tersebut adalah ....
Karnaval merupakan kegiatan rutin di kota kami. Kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali di akhir tahun, menjelang perpisahan sekolah. Para pesertanya adalah utusan dari masing-masing sekolah. Mereka menyajikan berbagai atraksi dengan kostum yang bermacam-macam, kemudian berbaris membentuk kelompok masing-masing.
Rombongan ini terbagi menjadi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswa-siswa imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam "selimut" berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah di Bandung.
Simpulan yang tepat teks tersebut adalah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel