Contoh Soal Merangkum dan Menyimpulkan Tabel , Grafik

Contoh Soal Merangkum dan Menyimpulkan Tabel , GrafikInformasi berupa data atau angka lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk tabel atau grafik. Tabel atau grafik pun seringkali digunakan untuk melengkapi penjelasan dalam karya tulis, baik artikel maupun penelitian ilmiah. Mari kita ingat kembali pelajaran sebelumnya, mengenai pengertian tabel dan grafik.
      Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi yang biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak atau dibaca. Dengan demikian, pada saat membaca tabel, kita harus memperhatikan bagian lajur dan deret untuk memperoleh data yang akurat.
Adapun grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukis¬kan dengan garis atau gambar. Data-data dari tabel dapat dibuat menjadi bentuk grafik sehingga terlihat jelas gambaran tentang data tersebut.

MERANGKUM DAN MENYIMPULKAN ISI TABEL DAN GRAFIK

      Merangkum dan menyimpulkan isi tabel/ grafik dapat kita lakukan jika kita telah memahami seluruh informasi yang disajikan melalui kegiatan membaca memindai. Kita dapat memahami tabel/ grafik dengan cara membaca memindai. 
   Adapun yang dimaksud rangkuman/ ringkasan (precis) adalah penyajian bacaan dalam bentuk singkat dengan mempertahankan urutan isi dan sudut pandang atau memendekkan bacaan dengan mengambil inti sari bacaan tanpa mengubah struktur wacana. Kegiatan merangkum atau meringkas ini pun dapat diterapkan untuk memperoleh informasi dari tabel atau grafik.
   Sedangkan kesimpulan adalah uraian padat yang berisi intisari dari informasi sumbernya. Kesimpulan merupakan pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya dan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir deduktif dan induktif (KBBI).
   Untuk dapat menyimpulkan isi tabel/ grafik, kita dapat menguraikan terlebih dahulu isi tabel/ grafik tersebut dalam bentuk rangkuman atau ringkasan. Melalui rangkuman tersebut kita dapat menyimpulkan isi tabel/ grafik.

LANGKAH-LANGKAH MERANGKUM DAN MENYIMPULKAN

Langkah-langkah merangkum dan menyimpulkan tabel/ grafik sebagai berikut.
1. Membaca tabel atau grafik untuk memperoleh kesan umum dan isi informasi yang disajikan dalam tabel/ grafik dengan membaca memindai.
2. Mencatat gagasan utama atau hal-hal pokok yang disampaikan dalam tabel/ grafik tersebut.
3. Menyusun pokok-pokok informasi tabel/ grafik menjadi satu paragraf atau lebih.

Contoh Soal Merangkum dan Menyimpulkan Tabel , Grafik

Ringkasan informasi yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah ....
Simpulan yang tepat berdasarkan isi tabel tersebut adalah ….
Simpulan isi tabel tersebut adalah ….
Rangkuman yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah .…
Simpulan isi tabel tersebut adalah ….
Simpulan yang tepat berdasarkan grafik tersebut adalah .....
Simpulan grafik tersebut adalah ....
Rangkuman yang tepat berdasarkan grafik tersebut adalah ....
Simpulan yang tepat berdasarkan grafik tersebut adalah ....
Simpulan yang tepat berdasarkan grafik tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel