Contoh Soal Menentukan Topik dan Tujuan Pidato

Contoh Soal Menentukan Topik dan Tujuan PidatoSetelah kalian mengetahui seperti apa stuktur pidato, kini saatnya kalian belajar menentukan topik dan tujuan dari pidato. Tujuannya adalah agar kalian bisa menyusun pidato yang sesuai dengan tujuan dilakukannya pidato tersebut.
       Salah satu hal yang harus ditentukan pertama kali sebelum menyusun teks pidato adalah penentuan topik dan tujuan pidato. Untuk menentukan topik, kalian harus tahu dulu apa tujuan dari pidato yang akan dilakukan. Apakah untuk menginformasikan, menghibur ataukah mengajak.

Secara rinci, tujuan dari pidato sendiri bisa dibagi kategorikan sebagai berikut.
• Memberikan informasi akan sebuah pemahaman baru kepada khalayak ramai atau mengingatkan sesuatu.
• Mengajak audiens untuk mengikuti sesuatu sesuai dengan yang disampaikan.
• Menghibur audiens sehingga tercapai kesenangan dan kepuasan terhadap apa yang sudah disampaikan.
Dalam menentukan topik pidato, ada beberapa hal yang mesti kalian lakukan, diantaranya sebagai berikut.
• Perhatikan acara tempat kalian berpidato. Topik pidato akan bergantung pada acara yang diselenggarakan. Apakah acara tersebut acara perayaan, acara khidmat, professional, ataulah hanya main-main saja (informal).
• Pertimbangkanlah tujuan pidato kalian. Tujuan pidato ini juga bergantung pada acara yang diselenggarakan. Apakah tujuan pidato tersebut adalah untuk menghibur, memberikan informasi, ataukah mengajak hadirin untuk melakukan sesuatu.
• Pertimbangkan jenis hadirin seperti latar belakang hadirin, tingkat pendidikannya, serta kebutuhan dan ketertarikannya. Hal ini diperlukan agar pidato kalian bisa diterima dan mudah dipahami oleh audiens (hadirin). 
• Pilihlah topik yang sesuai dengan minat, pengetahuan, pengalaman, dan topik yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.
       Dalam menentukan topik pidato, seseorang harus memiliki topik yang sesuai dengan pengetahuannya. Retor (orang yang berpidato) harus memiliki pengetahuan yang lebih banyak dibanding dengan audiens (hadirin). Topik yang dipilih juga sebaiknya menarik minat audiens untuk mendengarkan pidato tersebut dan disertai penunjang lain seperti berbagai fakta atau ilustrasi yang sesuai.

Contoh Soal Menentukan Topik dan Tujuan Pidato

Topik yang paling sesuai untuk pidato peringatan HUT RI adalah…
Pentingnya menentukan topik dan tujuan sebelum menyusun teks pidato adalah….
Topik pidato dalam acara pertemuan orang tua di sekolah dengan latar audiens berpendidikan menengah ke bawah adalah….
Anak-anakku sekalian,
Kali ini Bapak akan menyampaikan berita gembira. Perwakilan dari sekolah kita akhirnya memenangkan lomba olimpiade matematika tingkat nasional. 
Tujuan pidato berdasarkan kutipan isi pidato di atas adalah….
Teman-teman yang kusayangi, sudah sepantasnya kita menghormati guru sebagaimana kita menghormati orang tua sendiri. Jadi, marilah kita hormati guru-guru kita.
Tujuan pidato berdasarkan kutipan isi pidato di atas adalah….
Bapak-bapak, Ibu-ibu dan teman-teman yang saya hormati,
Kita boleh saja bekerja keras seakan kita tidak akan mati. Waktu yang dimiliki memang harus dipergunakan dengan sebaiknya. Akan tetapi, kita juga janganlah lupa untuk berstirahat sebelum lelah. Kelelahan terbukti dapat menurunkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit. Dengan demikian, istirahat sebelum lelah bisa mencegah penurunan daya tahan tubuh baik itu fisik maupun psikis.
Topik dari kutipan isi teks pidato di atas adalah….
[tryKawan-kawanku, kenaikan harga BBM ini merupakan sebuah kemunduran bagi negara kita. Kenaikan harga BBM hanya akan membuat masyarakat semakin menderita. Akan semakin banyak masyarakat yang ada di bawah garis kemiskinan. Sudah saatnya kita bangun dari keterpurukan. Ayo tolak sekarang juga.
Pidato di atas bertujuan untuk….
Topik : Melestarikan Hutan Indonesia
Tujuan : mengajak siswa untuk melestarikan hutan Indonesia
Kalimat pidato yang sesuai dengan topik dan tujuan di atas adalah
Topik : Berprestasi Melalui Hobi
Tujuan : Menginformasikan dan mengajak
Kalimat isi pidato yang sesuai dengan topik dan tujuan di atas adalah….
Hadirin, kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Dengan badan dan jiwa yang sehat, kita tentu akan bisa melakukan aktivitas apapun. Namun, jika raga kita sakit, aktivtas sehari-hari tentu akan terganggu. Bahkan, kenikmatan kita pun berkurang. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita senantiasa bersyukur atas nikmat sehat yang sudah diberikan Tuhan.
Topik yang sesuai dengan kutipan teks pidato di atas adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel