Contoh Soal Menyusun Teks Pidato

Contoh Soal Menyusun Teks PidatoSetelah sebelumnya kalian diajak untuk memahami stuktur dan komposisi pidato serta bagaimana cara menentukan topik dan tujuan pidato, kini kalian akan diajak untuk belajar menyusun teks pidato. Tujuannya adalah agar kalian dapat menyusun teks pidato dengan baik.
Sama halnya dengan menulis sebuah karangan, penulisan teks pidato juga memiliki tahapan-tahapan. 
Ada beberapa tahapan dalam menyusun teks pidato, di antaranya sebagai berikut.
•Pengumpulan bahan
Setelah kalian menentukan topik dan tujuan pidato, hal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan bahan materi untuk pidato. Kalian bisa menulis teks pidato mulai dari hal apa yang kalian ketahui. Jika merasa kurang, baru cari data yang lengkap di buku, majalah, atau surat kabar.
•Pembuatan kerangka pidato
Sebelum mencari bahan-bahan pidato, Anda juga bisa membuat kerangka pidato terlebih dahulu. Kerangka yang dibuat sebelum mencari bahan pidato hanya berupa pokok-pokoknya saja. Sementara kerangka yang terperinci baru dibuat setelah bahan-bahan pidato terkumpul. Buatlah kerangka dengan tata urut yang baik. Dalam kerangka ini, harus tampak adanya kesatuan dan koherensi (kepaduan) antarbagian.
Inti dari kerangka pidato antara lain:
1. Pendahuluan yang berisi salam pembuka, puji syukur, dan ucapan terima kasih.
2. Isi, berupa muatan uraian pokok yang terdiri atas pokok utama atau materi utama dan subtopik.
3. Penutup yaitu bagian yang memuat simpulan, harapan atau ajakan (jika ada) dan salam penutup.
•Pembuatan uraian isi pidato
Setelah membuat kerangka pidato, kini saatnya kalian membuat isi teks pidato secara utuh. Dengan menggunakan kerangka pidato yang telah dibuat, kalian bisa melakukan dua hal. Pertama, kalian bisa menggunakan kerangka pidato sebagai bahan untuk berpidato yaitu dengan menggunakan metode ekstemporan. Kedua, menulis naskah pidato secara utuh berdasarkan kerangka pidato kemudian kalian membaca atau menghapalkannya.

Contoh Soal Menyusun Teks Pidato

Pada akesempatan ini, mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan karunia-Nya kita bisa menghadiri undangan saudara kita yang akan pindah ke tempat yang baru.
Selain mengungkapkan rasa syukur, kutipan teks pidato di atas juga mengungkapkan….
Demikianlah sambutan dari saya. Saya mohon maaf atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Saya juga ingin menyampaikan selamat kepada Bapak Irwan yang kini sudah diangkat sebagai wakil direktur yang baru. Semoga selalu sukses dan senantiasa dilindungi oleh Tuhan. Amin.
Kutipan pidato di atas berupakan bagian….
Saudara-saudara yang saya hormati,
Apotek hidup merupakan berbagai jenis tumbuhan yang memiliki khasiat untuk obat dan bisa ditanam di halaman depan atau belakang rumah. Tumbuhan yang bisa ditanam ini bisa dijadikan obat untuk mengobat penyakit tertentu.Misalnya saja daun bawang yang bisa digunakan untuk mengobati masuk angin pada anak.
Isi dari kutipan teks pidato di atas merupakan….
Bapak dan Ibu guru yang sangat kami sayangi dan kami hormati
Izinkan saya atas nama teman-teman kelas XII menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru yang telah mendidik dan mengajari kami banyak hal dengan maksimal sehingga kami bisa menuntaskan pelajaran di sekolah yang kami cintai ini.
Kalimat pembuka untuk mengawali kutipan isi pidato di atas adalah….
Perhatikan kerangka pidato berikut.
a. Ucapan puji dan syukur
b. manfaat pengobatan herbal
c. pengertian pengobatan herbal
d. Salam pembuka
e. jenis tanaman untuk pengobatan herbal
f. Ajakan menggunakan pengobatan hrbal
g. Salam penutup
Susunan kerangka yang sesuai adalah…
Perhatikan kerangka teks pidato berikut.
a. Salam Penutup
b. Salam pembuka
c. Ucapan syukur dan terima kasih
d. Keluarga harmonis
e. Peran keluarga terhadap prestasi anak
f. Ajakan memberikan dukungan untuk anak
Susunan kerangka pidato yang tepat adalah….
Kata sapaan yang dapat digunakan dalam sebuah teks pidato adalah….
Akhirnya, saya selaku ketua OSIS yang lama ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada guru-guru dan teman-teman yang selama ini sudah mendukung saya sehingga bisa mengemban amanah sebagai Ketua OSIS hingga tuntas. Saya mohon maaf jika selama ini saya banyak kesalahan dan kekurangan. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada adik kelas saya yang telah terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru. Semoga bisa mengemban amanah ini dengan sebaik mungkin.
Kutipan teks pidato di atas termasuk bagian….
Kejelasan pidato dapat diusahakan melalui hal-hal berikut, kecuali ….
1) Hadirin yang terhormat, dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas bahaya merokok. (2) Perokok atau bukan perokok pada dasarnya sama-sama mengakui bahwa merokok adalah kebiasaan berbahaya. (3) Namun, kalangan industry rokok dan pecandu rokok selalu mengajukan alasan klise, bahwa merokok adalah pilihan pribadi dan resikonya ditanggung sendiri. (4) Alasan tersebut dibantah oleh kelompok anti merokok, bahwa alas an itu tidak ilmiah. (5) Untuk mengatasi pertentangan pendapat tersebut hendaknya perokok menyadari tentang apa keuntungan merokok itu.
Kalimat yang menyatakan imbauan dalam penggalan naskah pidato di atas terdapat pada nomor ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel