Contoh Soal Struktur dan Komposisi Teks Pidato

Contoh Soal Struktur dan Komposisi Teks PidatoPernahkah kalian mendengarkan pidato? Atau kalian pernah berpidato? Dalam pembelajaran kali ini, kalian akan diajak untuk belajar berpidato. Sebelum menyusun sebuah pidato, kalian tentu harus mengetahui dulu seperti apa itu pidato. Tujuan pembelajaran kali ini sendiri adalah agar kalian mengetahui struktur dan komposisi teks pidato sehingga mampu menyusun teks pidato.
      Apa itu pidato? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pidato diartikan sebagai (1) Pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; (2) Wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Dengan demikian, bisa diartikan pidato adalah sebuah ujaran dalam mengungkapkan pikiran atau ide dalam bentuk lisan yang disampaikan di depan khalayak ramai. Contoh pidato antara lain pidato sambutan acara, pidato kenegaraan, pidato peringatan hari nasional, dan sebagainya. Pidato memiliki stuktur dan komposisi yang membangun.

Berikut ini struktur dari sebuah pidato.
• Salam Pembuka
Salam pembuka ini merupakan bagian yang paing awal. Umumnya diawali dengan kata pembuka seperti Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam sejahtera untuk kita semua, atau Bapak, Ibu, dan hadirin sekalian yang terhormat.
• Pendahuluan
Pendahuluan merupakan pengantar kepada pokok materi yang akan disampaikan dalam pidato tersebut. Bagian-bagian dari pendahuluan ini berisi hal-hal berikut :
• Rasa syukur, seperti Puji syukur kepada Tuhan. 
• Ucapan terima kasih untuk pihak tertentu, seperti Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang telah mengizinkan terselenggaranya acara ini.
• Maksud dari menyampaikan pidato, seperti Dalam kesempatan kali ini, saya ingin mengajak Saudara-Saudara untuk menjadikan lingkungan kita tetap berseri.
• Isi
Dalam bagian isi ini, terdapat inti pidato. Pembicara akan mengemukakan berbagai materi dan persoalan dalam pidato. Dalam menyampaikan pidato, sampaikanlah pidato sejelas mungkin dengan disertai ilustrasi atau cerita yang berkenaan dengan materi pidato.
• Penutup
Penutup berisi simpulan. Pembicara akan menyimpulkan berbagai hal yang sudah diungkapkan, dijelaskan atau pun dianjurkan kepada audiens. Sampaikan simpulan secara singkat dan mengena. Di bagian ini kalian juga bisa menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak yang telah mendukung terlaksananya pidato tersebut. Kalian bisa menggunakan kalimat Atas perhatian Bapak dan Ibu, saya ucapkan terima kasih. 
• Salam Penutup
Salam penutup merupakan bagian paling akhir dari sebuah pidato. Kalian bisa menutup pidato dengan Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh atau cukup selamat siang/malam/pagi.


Contoh Soal Struktur dan Komposisi Teks Pidato


Kalimat pendahuluan yang tepat dalam sebuah pidato adalah….
Kalimat penutup pidato yang sesuai adalah….
Kalimat yang tepat untuk mengawali pembacaan sebuah naskah pidato adalah….
Teman-teman yang sangat saya sayangi, besar keinginan saya untuk membuat sekolah kita ini maju dalam berbagai bidang. Namun, keinginan saya tersebut tentu tidak akan terwujud tanpa dukungan dari teman-teman semua.
Isi pidato tersebut merupakan pidato….
Hadirin yang saya hormati, sebagai orang tua, sudah seharusnya kita menjaga dan melindungi anak-anak kita dari hal-hal negatif. Salah satunya adalah narkoba. Para pengedar narkoba selalu mencari celah bisa masuk ke lingkungan kita dan membujuk para remaja untuk mencoba barang haram tersebut. Untuk itu, kita harus terus membentengi keluarga dengan pondasi agama yang kuat.
Kutipan isi pidato di atas termasuk pidato tentang….
Kalimat simpulan yang tepat untuk sebuah pidato dengan tema pentingnya menjaga kerukunan antarwarga adalah….
Kalimat ucapan terima kasih yang tepat pada bagian pendahuluan pidato adalah….
Saudara-saudaraku yang sangat kucintai…
Dengan adanya kenaikan harga beras sebesar 30% dan sembako lainnya, Insyaallah kami selaku perangkat desa akan mengadakan pasar murah di kelurahan. Tujuan diadakannya pasar murah ini adalah agar seluruh warga desa Sukaresmi bisa dengan mudah dan murah mendapatkan beras sebagai kebutuhan pokok.
Informasi yang bisa didapatkan dari isi pidato di atas adalah….
Sapaan yang bisa digunakan dalam sebuah pidato adalah, kecuali….
Pada suatu kesempatan Anda akan pidato. Topiknya tentang energi. Untuk merencanakan pokok-pokok pikiran dan pengembangannya, Anda dapat memperhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel