Contoh Soal Potensi Geografis untuk Penyediaan Bahan Industri

Contoh Soal Potensi Geografis untuk Penyediaan Bahan Industri Indonesia berada di letak geografis 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT dengan diapit dua samudera, Samudera Hindia dan Pasifik serta dua benua, Benua Asia dan Australia. Indonesia juga berada di pertemuan dua rangkaian pegunungan, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Letak Indonesia ini adalah potensi tersendiri di tengah arus perdagangan dunia. Posisi wilayah – wilayah Indonesia yang semenjak dulu di masa kerajaan lampau telah menjadi hub bagi aktivitas perdagangan dunia tetap menyimpan potensi tersebut sampai saat ini. Letak geografis ini haruslah diupayakan dengan pertumbuhan industri yang baik. Dengan terciptanya kinerja industri yang baik maka Indonesia tidak hanya menjadi persinggahan bagi produk impor tetapi juga menjadi salah satu negara pengekspor untuk sejumlah komoditi.
Beberapa Industri yang berkembang di Indonesia saat ini, antara lain:
• Industri Pertanian
Pertanian adalah upaya pengolahan tanah untuk pembudidayaan tanaman pangan. Dengan status sebagai negara tropis yang hanya mengenal dua musim saja sepanjang tahun, maka Indonesia menjadi lahan yang tepat untuk berbagai macam tanaman pangan terutama untuk tanaman padi yang menjadi makanan pokok sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara. Rata-rata masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai petani yang menanam padi atau berladang.
• Industri Perkebunan
Luas wilayah Indonesia dan tanah yang relatif stabil untuk ditanami adalah salah satu dari beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia memilih untuk hidup dari perkebunan. Perkebunan akan menghasilkan bahan baku bagi sejumlah industri yang berkembang di tanah air, beberapa jenis tanaman yang diperlukan dalam industri antara lain kapas, kelapa sawit, tembakau, dan sebagainya.
• Industri Peternakan
Indonesia memiliki potensi untuk pengembangan peternakan karena banyaknya sabana dan stepa yang dijumpai di wilayah Indonesia, khususnya daerah Indonesia timur. Peternakan dapat menghasilkan banyak manfaat seperti dapat pemanfaatan tenaga ternak untuk menggarap sawah, daging, kulit, susu, dan bahkan kotorannya untuk keperluan pupuk pertanian serta membuka lapangan kerja peternak untuk masyarakat sekitarnya. 
• Industri Perikanan
Sebagai salah satu negara maritim, Indonesia memiliki kekayan terhadap biota laut. Luas wilayah yang dua pertiganya adalah perairan merupakan modal dasar bagi pengembangan industri perikanan. Dengan penangkapan ikan yang tertib maka akan memberikan bantuan bahan baku untuk industri pengiriman ikan yang dibekukan ke sejumlah negara ataupun produk – produk olahan ikan lainnya.
• Industri Kehutanan
Indonesia dijuluki sebagai negara megabiodiversity karena keragaman flora di hutan hujan tropisnya. Potensi ini bila dimanfaatkan dengan baik dapat membangkitkan sektor kerajinan di Indonesia terutama industri furniture. Namun perambahan hutan yang dilakukan hendaknya tetap menuruti peraturan yang ada tanpa mengesampingkan pentingnya reboisasi.
• Industri Pariwisata
Dengan luas wilayah dan kebudayaan yang berbeda di tiap wilayahnya, wilayah Indonesia dapat diubah menjadi magnet bagi kunjungan wisatawan. Tersedianya fasilitas dan sarana di tiap daerah kunjungan wisata akan menjadikan Industri Pariwisata sebagai salah satu sektor andalan Indonesia untuk mendapatkan penghasilan. Dengan majunya sektor pariwisata maka akan mampu memberikan pekerjaan kepada pihak – pihak yang bekerja di sektor ini. 
• Industri Pertambangan
Indonesia adalah salah satu negara dengan bahan tambang yang bervariasi dari berbagai wilayahnya. Hal ini dikarenakan posisi geografisnya yang terletak di antara dua jalur pegunungan. Banyak batuan dan mineral yang memiliki potensi industri ditemukan di wilayah Indonesia. Bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara juga dapat ditemukan di wilayah Indonesia. Potensi ini sudah dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia dengan tidak hanya mencukupi kebutuhan dalam negeri tapi juga kepada kegiatan yang berorientasi ekspor. 
Letak geografis adalah pertimbangan dasar dalam mendirikan sebuah industri. Untuk sebuah industri yang berorientasi pada bahan mentah, ketersediaan bahan baku secara berkesinambungan dalam jarak yang dekat tentu adalah hal yang utama. Dengan situasi tersebut maka membantu industri untuk memperkecil biaya produksi. Situasi inilah yang menjadi dasar dari pengembangan sektor industri di wilayah Indonesia.

Contoh Soal Potensi Geografis untuk Penyediaan Bahan Industri

Fungsi wilayah Indonesia yang sudah ada sejak masa kerajaan lampau adalah ....
Situasi Indonesia yang menjadikan wilayah ini cocok untuk daerah pertanian adalah ....
Beras adalah salah satu tanaman penghasil bahan makanan pokok masyarakat di kawasan ....
Industri minyak goreng, rokok, dan merica membutuhkan pasokan bahan baku dari wilayah ....
Sabana dan stepa untuk menggembalakan ternak banyak dijumpai di wilayah ....
Pengiriman produk laut beku kepada negara – negara asing adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan industri perikanan di Indonesia. Pengiriman produk keluar negeri disebut dengan kegiatan ....
Sebutan megabiodiversity mengacu pada keragaman flora Indonesia di kawasan ....
Jika disebutkan tentang DTW dan program Visit Indonesia Year, maka berhubungan dengan sektor ....
Bahan bakar fosil terbentuk dari jasad organik yang membeku dan berproses selama jutaan tahun. Termasuk dalam kategori ini adalah minyak bumi, batu bara, dan ....
Jarak yang dekat antara industri dan supply bahan baku akan berakibat pada ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel