Contoh Soal Potensi Geografis untuk Ketahanan Pangan

Contoh Soal Potensi Geografis untuk Ketahanan PanganIndonesia adalah negara yang disebut terletak di daerah yang strategis. Letak geografisnya di antara dua benua, Asia dan Australia serta dua Samudera, Hindia dan Pasifik menjadikan wilayah Indonesia sebagai wilayah tropis dengan keanekaragaman hayati serta tanah yang subur karena juga terletak di jalur pertemuan dua pegunungan, Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Kekayaan alam ini adalah salah satu potensi Indonesia yang dimanfaatkan sebagai faktor pendukung ketahanan pangan nasional.
Ketahanan pangan adalah ketersediaan bahan pangan dan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendapatkannya. Beberapa potensi alam dan geografis Indonesia yang mendukung program ketahanan pangan nasional di antaranya adalah:
• Peternakan
Peternakan adalah kegiatan pengembang biakan dan pembudidayaan hewan ternak untuk memperopleh manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Masyarakat Indonesia dengan kegiatan beternak dijumpai di hampir setiap kota di Indonesia dengan memanfaatkan bentang lahan hijau sebagai tempat menggembalakan hewan ternak dan mendapatkan makanan ternak secara cuma-cuma.
• Perkebunan **
Kegiatan mengusahakan jenis tanaman tertentu pada sebuah media tumbuh. Hasil dari kegiatan ini kemudian dipasarkan untuk mendapat imbal balik dari konsumen. 
• **Sawah

Indonesia adalah salah satu negara agraris yang sebagian besar kegiatan masyarakatnya bertumpu pada sektor pertanian. Dengan kesuburan tanah yang dimiliki, Indonesia adalah wilayah yang cocok untuk ditanami padi yang merupakan makanan pokok bangsa Indonesia.
• Laut 
Diketahui bahwa dua pertiga wilayah Indonesia adalah perairan. Faktor tersebut menjadi nilai lebih yang dapat dimanfaatkan bangsa Indonesia untuk mendaya gunakan segala potensi yang terdapat di lautan. 
Program ketahanan pangan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang (UU) No.7 Tahun 1996 tentang pangan, Pasal 1 Ayat 17. Dibutuhkan program peningkatan ketahanan pangan untuk mengoperasionalkan pembangunan dalam rangka mengembangkan sistem ketahanan pangan baik di tingkat nasional maupun ditingkat masyarakat. Karena itu, bukanlah hal yang sederhana dalam membangun ketahanan pangan ini. Program ketahanan pangan ini termasuk mendaya gunakan potensi yang dimiliki alam untuk menghasilkan bahan pangan alternatif selain beras sebagai bahan pokok konsumsi masyarakat Indonesia. Hal tersebut penting dilakukan mengingat angka pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin meningkat tiap tahunnya sehingga membutuhkan pemanfaatan potensi geografis yang ada untuk menciptakan ketahanan pangan di Indonesia.
Dengan kemampuan untuk memanfaatkan kondisi geografis di Indonesia, maka sistem ketahanan pangan nasional harus memenuhi kondisi sebagai berikut :
a) Terpenuhinya pangan dengan kondisi yang cukup, mencakup pangan yang berasal dari tanaman, ternak dan ikan dan memenuhi kebutuhan atas karbohidrat, vitamin dan mineral serta turunan, yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia.
b) Terpenuhinya persediaan pangan dengan kondisi aman, diartikan bebas dari pencemaran biologis, kimia, dan benda lain yang lain dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia, serta aman untuk kaidah agama.
c) Terpenuhinya pangan dengan kondisi yang merata, diartikan bahwa distribusi pangan harus mendukung tersedianya pangan pada setiap saat dan merata di seluruh tanah air.
d) Terpenuhinya pangan dengan kondisi terjangkau, diartikan bahwa pangan mudah diperoleh rumah tangga dengan harga yang terjangkau.

Contoh Soal Potensi Geografis untuk Ketahanan Pangan

Indonesia berada di antara dua jalur pegunungan, yaitu ….
Sabana dan stepa di Indonesia adalah lokasi yang sesuai untuk mengembangkan kegiatan ….
Beberapa tanaman keras seperti kelapa sawit dan tembakau dikembangkan dalam kegiatan yang disebut ….
Pernyataan berikut yang tepat adalah ….
UU yang mengatur ketahanan pangan di Indonesia dikeluarkan pada tahun ….
Program peningkatan ketahanan pangan nasional adalah program yang disusun dalam ….
Syarat untuk terciptanya ketahanan pangan adalah sebagai berikut, kecuali ….
Proses pemerataan hasil pangan ke seluruh wilayah Indonesia dilakukan dengan pemanfaatan ….
Kemampuan seseorang untuk mendapat akses pada persediaan pangan berhubungan dengan ….
Pernyataan berikut tidak sesuai dengan ketahanan pangan adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel