Contoh Soal Potensi Sosial Indonesia

Contoh Soal Potensi Sosial IndonesiaPotensi sosial adalah potensi yang terdapat di kehidupan masyarakat. Keberagaman budaya adalah salah satu contoh dari potensi sosial yang dimiliki masyarakat Indonesia. Keberagaman ini sekaligus menjadi tantangan karena membutuhkan pengelolaan yang baik untuk dapat menghasilkan peluang. Dengan penataan yang baik maka potensi tersebut dapat dikelola menjadi nilai tambah dalam masyarakat.
Berdasarkan sensus yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa dengan distribusi terbesar di wilayah Pulau Jawa. Dengan jumlah tersebut tercermin betapa banyak keragaman yang berada di tanah Indonesia. Keragaman sosial, suku, bahasa dan budaya sedikit banyak dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudera. Kondisi inilah yang menjadi salah satu faktor adanya interaksi budaya yang saling memengaruhi. Dari sejumlah penelitian yang dilakukan, di Indonesia diperkirakan terdapat kurang lebih 1.340 suku bangsa dan 726 bahasa daerah.Keragaman suku bangsa dan bahasa merupakan aset bangsa. Nilai budaya setiap daerah, salah satunya dapat dirasakan secara nyata melalui kearifan lokal yang ada. Kearifan lokal dianggap mampu menampilkan kerakteristik yang khas dari suatu daerah.
Untuk menjaga kualitas dan keberagaman ini, pemerintah melakukan peningkatan kualitas SDM dengan memperluas kesempatan untuk memperoleh pendidikan. Dengan tingkat pendidikan yang baik maka diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk hidup lebih sejahtera. Pendidikan yang diberikan ini disesuaikan dengan adat istiadat yang ada di daerah masing – masing sehingga tidak lantas melunturkan tradisi sosial budaya yang ada di masyarakat.
Secara umum, potensi sosial budaya yang dapat dilihat di Indonesia, antara lain:
• Kesenian Daerah
Kesenian daerah adalah kegiatan seni yang telah lama berkembang di suatu daerah, yang masih dapat dijumpai hingga saat ini. Kesenian daerah tersebut , misalnya: 
a) Seni tari tradisional
Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki tarian khas dan unik. Contohnya Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Kecak dari Bali dan Tari Nelayan dari Maluku.
b) Seni pertunjukan
Seni pertunjukan disebut juga dengan seni pentas. Drama, wayang serta teater merupakan contoh seni pertunjukan. Contoh seni pertunjukan di Indonesia adalah Wayang Golek (Jawa Barat), Lenong (Betawi), dan Ogoh-ogoh (Bali).
c) Seni musik tradisional
Seni musik tradisional meliputi lagu dan alat musik tradisional. Contoh lagu daerah antara lain Lagu Apuse (Papua), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Kicir-kicir (Jakarta) dan Soleram (Riau).
d) Seni rupa
Seni rupa terdiri dari berbagai bentuk, yaitu seni pahat, seni patung dan seni ukir. Daerah di Indonesia yang terkenal dengan seni pahat dan patung antara lain adalah daerah Bali. Sedangkan seni ukir yang terkenal adalah Jepara.
• ** Tradisi atau Adat-Istiadat**
Tradisi atau adat istiadat merupakan kebiasaan yang dilakukan secara turun temurun oleh suatu masyarakat. Contoh tradisi yang dapat menjadi potensi daerah, antara lain, tradisi gotong royong dan upacara adat.
Dengan adanya campur tangan dari pemerintah untuk menjaga kelestarian potensi sosial ini, maka akan membuka lebar kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh kesejahteraan terutama dalam bidang pariwisata. Kekayaan seni budaya tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi setiap daerah di Indonesia yang umumnya merupakan salah satu pertimbangan seseorang untuk melakukan kunjungan ke suatu wilayah.

Contoh Soal Potensi Sosial Indonesia

Potensi sosial dapat dijumpai di ….
Wilayah dengan angka persebaran penduduk terbesar di Indonesia terdapat di ….
Keragaman sosial di Indonesia dipengaruhi oleh faktor – faktor berikut, kecuali ….
Pendidikan muatan lokal yang diajarkan di sekolah dengan penyesuaian terhadap budaya – budaya daerah setempat adalah salah satu bentuk ….
Tari Kecak adalah salah satu bentuk keragaman budaya Indonesia yang berasal dari daerah ….
Seni ukir Indonesia banyak dijumpai di wilayah ….
Seni pertunjukan Lenong adalah salah satu bentuk kesenian daerah yang berasal dari ….
Tradisi atau adat istiadat adalah suatu ciri khas dalam suatu masyarakat yang dilakukan secara ….
Berikut adalah tradisi yang masih dijumpai dalam masyarakat Indonesia, kecuali .…
Potensi sosial di Indonesia dapat menjadi daya jual dalam mempromosikan sektor ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel