Contoh Soal Potensi Fisik Indonesia

Contoh Soal Potensi Fisik Indonesia Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang secara astronomis berdasarkan garis bujurnya terletak di 6°LU (Lintang Utara) – 11°LS (Lintang Selatan) dan 95°BT (Bujur Timur) – 141°BT (Bujur Timur). Letak astronomis ini berpengaruh kepada iklim tropis Indonesia karena berada di sekitar garis khatulistiwa. Karenya Indonesia yang beriklim tropis hanya memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim penghujan. Sementara secara geografis, letak Indonesia berada di antara dua benua, Benua Asia dan Australia serta dua Samudera, Samudera Pasifik dan Hindia.
Menyesuaikan dengan kondisi geografis wilayahnya, aktivitas penduduk untuk memenuhi kebutuhannya memiliki hubungan erat dengan lingkungan fisik wilayah. Di daerah dataran tinggi, berkembang pertanian hortikultura yang banyak menghasilkan sayur-sayuran dan buah-buahan, perkebunan. Sementara dataran rendah sebagian besar penduduknya bertani dan menghasilkan komoditas hasil pertanian tanaman pangan. Daerah pantai merupakan daerah perikanan, apabila sebagian besar penduduknya sebagai petani tambak dan nelayan. Daerah Industri dan jasa cenderung berkembang di daerah dataran rendah, sehingga sebagian besar penduduknya bekerja pada industri, menghasilkan berbagai produk industri dan jasa.
Indonesia memiliki potensi alam yang sangat besar. Potensi alam merupakan seluruh manfaat yang diberikan oleh alam melalui sumber daya alam yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Dengan keanekaragaman sumberdaya alam hayati yang berlimpah ruah, Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversity. Keanekaragaman hayatinya terbanyak kedua di seluruh dunia. Wilayah hutan tropisnya terluas ketiga di dunia, sementara di lautan terdapat terumbu karang dan kehidupan laut yang beragam. Lebih dari itu, Indonesia memiliki tanah dan dan area lautan yang luas, dan kaya dengan berjenis-jenis ekologi. Sebagian besar hutan yang ada di Indonesia adalah hutan hujan tropis, yang tidak saja mengandung kekayaan hayati flora yang beraneka ragam, tetapi juga termasuk ekosistem terkaya di dunia sehubungan dengan keanekaan kehidupan liarnya. Indonesia tercatat sebagai kawasan dengan hutan hujan tropis yang terbesar di Asia-Pasifik. Indonesia juga berada di jalur pegunungan api yang sebagian besar masih aktif sehingga kaya akan bahan – bahan tambang seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Kekayaan tambang ini dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan keperluan ekspor untuk mendatangkan devisa.
Potensi alam Indonesia dapat dijumpai di beberapa kawasan, seperti:
• Potensi alam wilayah daratan
Pada umumnya wilayah daratan di Indonesia sangat subur. Di dalamnya terkandung berbagai kekayaan alam seperti minyak bumi, gas alam, emas, tembaga serta bahan mineral lainnya. Di daerah dataran rendah, para petani mengembangkan kegiatan bercocok tanam dan penghasil beberapa jenis bahan tambang. Dataran rendah di Indonesia umumnya dikembangkan menjadi daerah perkotaan atau industri karena kontur tanahnya yang relatif lebih stabil. Sementara di dataran tinggi umumnya dimanfaatkan untuk daerah wisata atau beberapa tanaman yang cocok di udara pegunungan.
• Potensi alam wilayah perairan
Luas laut di Indonesia adalah dua pertiga dari luas seluruh wilayah Indonesia. Besarnya potensi sumber daya kelautan Indonesia tersebut, potensi sumber daya ikan laut di seluruh perairan Indonesia. Sumber daya alam yang terkandung di dalamnya sangat banyak, selain itu berbagai bahan tambang juga terkandung di dalam lautan.
Contoh Soal Potensi Fisik Indonesia


Letak astronomis adalah letak sebuah wilayah berdasarkan ….
Iklim tropis di Indonesia disebabkan oleh ….
Indonesia berada di antara dua samudera, Samudera Pasifik dan ….
Aktivitas perekonomian setiap wilayah menyesuaikan dengan ….
Sebutan megabiodiversity berhubungan dengan ….
Luas wilayah hutan hujan tropis Indonesia berada di urutan terluas ….
Hutan hujan tropis di Indonesia adalah yang terluas di wilayah ….
Tersimpannya potensi bahan tambang di Indonesia dikarenakan posisinya yang berada di ….
Devisa yang didapat dari potensi tambang Indonesia diperoleh dari kegiatan ….
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan potensi fisik Indonesia adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel