Contoh Soal Perang Korea (1950-1953)

Contoh Soal Perang Korea (1950-1953)Di Amerika Serikat, Perang Korea secara resmi dideskripsikan sebagai aksi polisional karena tidak adanya deklarasi perang resmi dari Kongres AS. Dalam bahasa sehari-hari, Perang Korea juga sering disebut "perang yang terlupakan" atau "perang yang tidak diketahui", karena dianggap sebagai urusan PBB yang berakhir dengan kebuntuan, sedikitnya korban dari pihak AS, dan kurang jelasnya isu-isu penyebab perang jika dibandingkan dengan Perang Dunia II dan Perang Vietnam.

Berakhirnya Perang Dunia II telah memunculkan persaingan baru antara Blok Barat (Amerika Serikat) dan Blok Timur (Uni Soviet) dalam upaya menjadi negara adikuasa di dunia. Keadaan dimaksud dikenal juga dengan sebutan ‘Perang Dingin’ dan telah memunculkan perpecahan di antara negara–negara lainnya, di antaranya:
1) Vietnam, terpecah menjadi Vietnam Utara dan Selatan.
2) Jerman, terpecah menjadi Jerman Barat dan Timur.
3) Korea, terpecah menjadi Korea Selatan dan Utara.
Perpecahan Korea terjadi pada tahun 1945 melalui Perjanjian Yalta yang mengatur penyerahan diri tentara Jepang yang berhasil dikepung oleh Sekutu melalui Semenanjung Korea. Dalam peperangan, Jepang mengalami kekalahan sehingga menyerah kepada Sekutu. Namun, dalam proses penyerahannya, terbagi menjadi dua. Di sebelah utara menyerah kepada Uni Soviet, sedangkan di sebelah Selatan menyerah kepada Amerika Serikat. Keadaan inilah yang menjadi dasar dari pembagian Korea.
Ketegangan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet turut memberi warna dalam perkembangan kedua wilayah Korea. Sempat berlangsung upaya rekonsiliasi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet pada bulan Desember 1945 sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Postdam. Kedua pihak lantas bersepakat untuk membentuk pemerintahan Korea secara joint commission bersifat demokratis. Namun, pelaksanaan pemerintahan tersebut tidak dapat diwujudkan dalam prakteknya karena banyaknya perbedaan pandangan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Walau telah diupayakan untuk ditengahi PBB melalui penempatan United Nations Temporary Commission on Korea, tapi fakta yang terjadi adalah semakin meruncingnya perseteruan antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Beberapa peristiwa yang terjadi kemudian, yakni:
1) Pada tanggal 15 Agustus 1948, Amerika Serikat membentuk Republik Korea (Korea Selatan) yang beribu kota di Seoul, dengan Syngman Rhee sebagai Presiden pertama.
2) Pada tanggal 9 September 1948 Uni Soviet membentuk Republik Demokrasi Rakyat Korea (Korea Utara) beribu kota di Pyongyang, dengan Kim Il Dung sebagai Presiden pertamanya.
Pendirian kedua negara dimaksud turut melegitimasi keberadaan Korea Selatan dan Korea Utara sebagai alat dari Amerika Serikat serta Uni Soviet untuk melancarkan serangan dalam Perang Dingin. Pada 25 Juni 1950, berlangsung konflik bersenjata antara dua Korea. Konflik ini disebut juga sebagai proxy war sebab dilatarbelakangi kepentingan Amerika Serikat beserta sekutunya dengan Republik Rakyat Cina (RRC) dan Uni Soviet. Tercatat, perang ini berlangsung selama lebih dari tiga tahun dan diselesaikan dengan dua perundingan berikut:
a) Perundingan Kaesong (10 Juni- 22 Agustus 1951)
Perundingan ini dilakukan untuk mengambil kesepakatan tentang garis demarkasi.
b) Perundingan Panmunyom (25 Oktober-27 Juni 1953)
Merupakan kelanjutan dari perundingan Kaesong, dengan kesepakatan tentang garis demarkasi yang dijadikan daerah bebas militer.
Berakhirnya perundingan Panmunyom sekaligus menjadi awal dari gencatan senjata antara Korea Selatan dan Korea Utara. Selama berlangsungnya konflik bersenjata, Perang Korea membawa dampak luas kepada dunia, antara lain:
• Munculnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai dua negara yang secara terbuka bersaing untuk memperebutkan pengaruh di dunia.
• Kemunculan RRC sebagai kekuatan baru, setelah menggabungkan diri dengan kepentingan Uni Soviet, sehingga menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di kawasan Asia Pasifik.
• Kemunculan Pakta Pertahanan baru di kawasan Asia melalui pembentukan organisasi seperti SEATO.
• Terpecahnya Korea menjadi dua bagian dengan kondisi yang bertolak belakang. Korea Selatan dengan angka pertumbuhan ekonomi yang baik, sementara Korea Utara lebih dikenal sebagai negara militer.

Contoh Soal Perang Korea (1950-1953)

Konflik antara dua kubu negara adidaya yang tidak disertai konfrontasi bersenjata secara langsung dikenal dengan sebutan ....
Terpisahnya kawasan Korea terjadi pada tahun ....
Perjanjian yang mengatur penyerahan kedaulatan Jepang di Korea kepada Amerika Serikat dan Uni Soviet adalah ....
Sebelum dibagi menjadi dua kawasan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet, wilayah Korea berada di bawah kekuasaan ....
United Nations Temporary Commissions on Korea adalah badan dunia yang ditugasi untuk menengahi konflik di Korea. Badan dunia ini dibentuk oleh ....
Konflik bersenjata pertama yang berlangsung antara Korea Utara dan Korea Selatan berlangsung pada ....
Perang antara Korea Utara dan Korea Selatan disebut juga dengan proxy war karena ....
Perundingan Panmunyom dilakukan oleh Korea Utara dan Korea Selatan dengan tujuan ....
Negara Asia yang turut mendukung Korea Utara dalam Perang Korea adalah ....
Pakta Pertahanan Asia Tenggara yang didirikan untuk mengamankan kepentingan Amerika Serikat di kawasan tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel