Contoh Soal Potensi Geografis untuk Energi Alternatif

Contoh Soal Potensi Geografis untuk Energi Alternatif Energi adalah salah satu sumber kehidupan. Kebutuhan akan energi bertambah seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dalam suatu wilayah. Hal ini menjadi perhatian karena jika tidak diimbangi dengan produksi yang mencukupi maka akan terjadi krisis energi. Sumber energi yang utama digunakan dalam kehidupan masyarakat bersumber dari bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara dan gas alam). Sementara dalam pembentukannya, bahan bakar jenis ini membutuhkan waktu yang panjang dalam pembentukannya.
Posisi sebuah negara dapat dijadikan sebagai potensi tersendiri untuk memproduksi sumber energi alternatif. Walaupun dalam penggunaannya belum dapat secara drastis menggantikan peran energi dari bahan bakar fosil, namun tetap membantu pelestarian bahan bakar jenis ini agar dapat digunakan lebih lama lagi. Berikut adalah beberapa potensi alam Indonesia yang dapat dijadikan sebagai energi alternatif. 
• Energi Gelombang Laut
Energi gelombang air laut dapat dibedakan menjadi tiga potensi, yaitu:
a) Energi gelombag laut (Wave Energy) *
Energi ini bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik serta tenaga panas lautan dapat diubah menjadi listrik. PLTGL (pembangkit listrik tenaga gelombang laut) adalah salah satu pembangkit energi terbarukan yang kini sedang dikembangkan. Energi gelombang laut sangat cocok dengan kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim, dimana sebagian besar wilayah indonesia merupakan lautan dan semudra sehingga hal ini akan mengakibatkan banyak terdapatkan titik gelombang laut yang dimiliki.
b) *Energi Pasang Surut (Tidal Power ) *
Energi ini merupakan energi yang berasal dari pergerakan air laut yang disebabkan dari perbedaan pasang surut. Sedangkan energi gelombang laut ialah suatu energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang laut menuju daratan dan sebaliknya.
c) *Energi Panas Laut (Ocean Heat) *
Energi panas laut adalah energi yang memanfaatkan perbedaan temperatur air laut di permukaan dan air laut dikedalaman.
• *
 Energi Surya**
Posisi wilayah Indonesia yang berada di jalur khatulistiwa merupakan negara yang sangat kaya akan energi surya. Energi surya bisa diguanakan untuk membangkit tenaga listrik. Matahari adalah sumber energi yang paling besar di tata surya ini. Sinar matahari, atau tenaga surya bisa dimanfaat kan untuk memanasi, memberikan penerangan, atau mendingin kan rumah atau bangnan lain yang menghasilkan listrik, serta bermacam-macam proses industri. Energi surya sendiri tidak memiliki kapasitas besar sebab dibatasi ketersediaan ruang dan biaya pembuatan yang mahal.
• Energi Air
Air yang jatuh mengalir dapat diubah menjadi suatu energi guna memutar kincir yang selanjutnya dari perputaran kincir tersebut membentuk suatu energi dan selajutnya digunakan untuk proses mekanis industri. Pemanfaatan energi air ini telah digunakan di beberapa daerah terpencil untuk mengatasi minimnya pasokan listrik dari perusahaan negara.
• Energi Panas Bumi
Panas bumi adalah sumber daya alami yang berada dalam perut bumi. Panas bumi dihasilkan dari interaksi antara panas yang dipancarkan sebuah intrusi magma dengan air tanah yang berada dalam suatu akuifer yang terletak tidak jauh darinya. Air tanah yang terpanasi dan terperangkap dalam batuan yang terletak dekat permukaan dan kemudian secara ekonomis dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai suatu bentuk energi alternatif. Kawasan Indonesia yang terletak pada pertemuan lempeng-lempeng besar seperti lempeng Eurasia, lempeng Australia, lempeng samudra Hindia, dan lempeng Samudera Pasifik menyimpan potensi panas bumi yang besar. Energi panas bumi telah dimanfaatkan untuk pembangkit listrik di beberapa negara.
• Energi Angin
Angin merupakan suatu energi alternatif yang disediakan oleh alam. Suatu pembangkit listrik tenaga angin pada prinsipnya adalah mengubah energi gerak menjadi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Bentang alam Indonesia berupa negara kepulauan menjadi salah satu keuntungan untuk mengubah angin ditepi pantai menjadi energi angin dengan bantuan turbin atau kincir angin. 
• Energi Biomassa
Biomassa dapat dipakai untuk menghasilkan tenaga listrik dan sebagai bahan bakar bagi sektor transportasi. Sumber energi biomassa bisa berasal dari tanaman pertanian atau perkebunan, hutan, perternakan serta limbah(sampah). Biomassa digunakan untuk menggerakan mesin. Contoh yang paling sederhana adalah energi bioethanol dan energi biodiesel. Keuntungan dengan menggunakan produk biomassa sebagai bahan bakar alternatif, antara lain:
a) Terbebas dari unsur-unsur logam berat sulfur dan senyawa aromatik
b) Ramah lingkungan karena tidak ada emisi
c) Dihasilkan dari bahan pertanian maka bisa diperbaharui
d) Mampu meningkatkan hasil serta nilai produk petanian indonesia.
e) Bisa diproduksi dalam berbagai ukuran dan skala,skala kecil menengah sehingga dapat diproduksi di pedesaan sekalipun.

Contoh Soal Potensi Geografis untuk Energi Alternatif

Kebutuhan akan energi setiap tahunnya mengalami peningkatan karena berbanding lurus dengan ….
Bahan bakar yang terbentuk dari jasad organik yang mengeras dalam jangka waktu jutaan tahun disebut dengan ….
Energi alternatif diharapkan dapat menjadi substitusi yang tepat bagi ….
Eksploitasi energi gelombang laut di wilayah Indonesia dinilai tepat karena ….
Perbedaan temperatur air laut di permukaan dan air laut dikedalaman dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif yang disebut ….
Pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi alternatif di Indonesia berhubungan dengan ….
Pemanfaatan energi air sudah dilakukan di negara ini dalam jangka waktu lama sebagai sumber energi alternatif. Negara yang dimaksud adalah ….
Letak Indonesia yang terletak pada pertemuan lempeng-lempeng besar dunia adalah nilai lebih untuk pemanfaatan energi ….
Penanaman tumbuhan jarak untuk menghasilkan bahan bakar alternatif adalah bentuk pemanfaatan energi ….
Berikut adalah keuntungan yang didapat dari pengembangan alternatif biomassa, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel