Contoh Soal Kelarutan dalam air

Contoh Soal Kelarutan dalam airAir dianggap sebagai pelarut universal karena dapat melarutkan berbagai zat-lebih dari cairan atau bahan kimia lainnya. Komposisi kimia air membuatnya sempurna dalam proses pelarutan.  Molekul air terbentuk dari dua atom yang terikat secara kovalen yaituhidrogen dan oksigen. Susunan kutub atom oksigen dan hidrogen mendorong air untuk tertarik ke dalam banyak molekul lain. Sisi hidrogen dari molekul memiliki muatan listrik positif dan oksigen memiliki muatan negatif. ikatan kovalen memungkinkan atom untuk berbagi elektron. Pengaturan ini membantu air untuk memisahkan senyawa ionik menjadi ion-ion positif dan negatif terpisah karena sisi oksigen menarik senyawa ion positif dan sebaliknya senyawa ion negatif tertarik ke sisi hidrogen. Molekul yang polar dan dapat membentuk ikatan hidrogen dengan air disebut hidrofilik.

Saling bercampur (Like dissolves Like)

Beberapa senyawa tidak larut dengan baik dalam air, itu semua adalah non-polar molekul  Hal ini dikarenakan daya tarik yang kuat antara molekul air polar dan ion bermuatan atau kutub yang berlawanan dari molekul polar lainnya tidak akan membiarkan molekul non-polar bercampur dengan molekul air polar.  Termasuk Molekul non-polar senyawa organik adalah seperti seperti hidrokarbon, minyak, lemak dan lilin. Jika anda ingat dari pelajaran sebelumnya, kemampuan pelarut untuk membuyarkan suatu zat tergantung dari zat terlarut dan pelarut mempunyai kemiripan. Karena Itulah polar larut dengan polar dan non-polar larut dengan non-polar. Sehingga dapat dikatakan bahwa karena air sangat polar maka menjadi pelarut yang baik untuk zat polar dan ionik lainnya 

    • Molekul air berukuran kecil dan dapat dengan mudah mengelilingi senyawa polar lainnya dan juga ion dalam larutan. Kutub bermuatan positif dari air tertarik pada zat terlarut yang memiliki komponen bermuatan negatif dan kutub yang bermuatan negatif untuk zat terlarut yang bermuatan komponen positif. Meskipun beberapa senyawa larut dalam air sebagai molekul, elektrolit melarutkan ion bermuatan dan kristal ionik padat untuk larut juga sebagai ion.

    Kelarutan

    Kelarutan adalah sifat dari benda padat, benda cair atau gas zat terlarut untuk melarutkan benda padat, benda cair atau gas dibutuhkan pelarut. Sehingga akan membentuk larutan, yaitu zat terlarut yang berada dalam pelarut. 

    Sebuah garam akan larut pada suhu kamar larut dalam air untuk setidaknya konsentrasi 0,1 mol per liter. Dalam air laut, air adalah pelarut karena hanya empat persen dari cairan adalah garam.

    Ada sejumlah garam larut yang akan larut dalam air: sulfat SO42- ion,  Nitrat NO3, sodium Na+, potasium K+, klorida Cl-, bromida Br-, dan iodida Idan amonium NH4semua ion larut dalam air. 

    Oksida larut termasuk Na2O, K2O, SrO, dan BaO. O2- adalah formula untuk Oksida yang pada umumnya tidak larut. Logam nitrat dan halida umumnya larut, kecuali untuk perak, timbal dan merkuri. Logam sulfida tidak larut, namun, bersama dengan merkuri sulfat.  serupa dengan molar kelarutan garam ion meningkat dengan meningkatnya suhu. 

    • Ketika benda padat membubarkan larutan sehingga sama dengan
      konsentrasi molar, disebut kelarutan kesetimbangan. Produk kelarutan
      konstan ditulis sebagai Ksp. Entalpi larutan adalah
      perubahan entalpi terkait dengan pembubaran zat pada tekanan konstan saat
      pengenceran tak terbatas, dinyatakan sebagai kJ / mol pada suhu konstan. Dalam air, kelarutan benda padat meningkat dengan suhu, hingga 100 derajat Celcius. Pada suhu tinggi dalam air kelarutan zat terlarut ionik tidak akan meningkat. Bahkan akan terjadi penurunan, karena lebih rendah dielektrik konstan menyebabkan pelarut menjadi kurang polar. 



    Gas dapat larut di dalam air pada temperatur cair yang berbeda. Biasanya saat
    peningkatan suhu air, penurunan 
    terlihat pada kelarutan air gas. Selain itu saat air mengalami penurunan suhu
    kelarutan gas 'meningkat, dan ini adalah proses eksotermik. Kelarutan gas berbanding lurus dengan 
    tekanan gas parsial terhadap pelarut. Ini disebut Hukum Henry dan ditulis
    sebagai p = k H c . Jadi kelarutan molar gas adalah kebalikan dari Hukum konstan Henry.

    Gas       Konstan            Konstan
          (Pa/(mol/dm3)) (atm/(mol/dm3))
    He         282.7e6                 2865
    O2          74.68e6                756.7
    N2         155.0e6                 1600
    H2         121.2e6                 1228

    Contoh Soal Kelarutan dalam air

    Mengapa air disebut pelarut universal?
    Apa komposisi kimia air? 
    Mana yang tidak larut dengan baik dalam air?
    Dalam air, benda padat mengalami peningkatan kelarutan karena suhu meningkat hingga suhu?
    Apa yang menjadi pelarut dalam air laut?
    Glukosa ____________ di dalam air karena _____________.
    Seiring dengan peningkatan suhu, ___________ kelarutan gas.
    Seiring dengan peningkatan suhu air, kelarutan benda padat____________ hingga 100 derajat Celcius. 
    Setelah mencapai suhu air 100 derajat, kelarutan benda padat berkurang karena?
    Hukum Henry ditulis sebagai:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel