Contoh Soal Interpretasi isi teks film , drama

Contoh Soal Interpretasi isi teks film , dramaFilm adalah lakon atau cerita hidup yang ditayangkan dengan bantuan teknologi, seperti kamera dan animasi. Tokoh di dalam film dapat diperankan oleh orang, benda, atau figur palsu seperti gambar. Film disebut juga dengan sinema.
Interpretasi Teks Ulasan Film/Drama
Interpretasi teks ulasan film/drama adalah kegiatan dengan memberi apresiasi atau pemaknaan terhadap sebuah karya sastra sesuai dengan pikiran atau perasaan yang diperoleh pembaca/penonton terhadap karya tersebut. Kegiatan interpretasi ini dapat pula digunakan untuk mengapresiasi film atau teks sastra lainnya.
Kegiatan interpretasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang paling melekat (organik), unsur-unsur dan simbol-simbol. Untuk itu, menginterpretasi atau menafsirkan drama/film ini sangat diperlukan untuk mengungkapkan makna yang tersembunyi atau sengaja disembunyikan pengarang.

Contoh Soal Interpretasi isi teks film , drama

SOAL 1
Rombongan anak sekolah menaiki bis sekolah yang berwarna kuning. Tak lama kemudian, bis mulai melaju di jalanan yang cukup berkelok. Sisi kiri dan kanan jalanan yang mereka lalui adalah pohon-pohon pinus tinggi menjulang yang dipadu dengan rerumputan tinggi di bawahnya. 
Sinopsis cerita film di atas memiliki latar tempat di ....

SOAL 2
Gilang merupakan seorang anak yang cenderung pendiam dan berusaha untuk menutupi semua hal yang berhubungan dengan dirinya dari orang lain. Karakter Gilang ini berhasil dibawakan dengan baik oleh aktor pendatang baru yang sebelumnya pernah menjadi pemeran pendamping dalam film karya sutradara yang sama.
Hal utama yang dibahas oleh penulis ulasan film di atas adalah ....

SOAL 3
Kalimat di bawah ini yang mengarah pada ulasan film tentang suasana film adalah ....

SOAL 4
Diharapkan pada waktu yang akan datang, akan lebih banyak lagi film-film yang menceritakan kekayaan budaya Indonesia.
Bagian ulasan di atas termasuk ke dalam ....

SOAL 5
Penulis lebih fokus pada bagaimana perkembangan karakter dalam film bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap jalan cerita. Film tersebut menurut penulis banyak memberikan ruang pada setiap karakter untuk berkembang secara alami.
Judul yang tepat untuk ulasan film yang terdapat pada interpretasi ulasan film di atas adalah ....

SOAL 6
Kalimat di bawah ini merupakan bentuk ulasan film, kecuali ....

SOAL 7
Lelaki berjubah hitam tersebut menyerahkan map berisi surat-surat penting. Tatapan matanya dingin dan seolah tidak tahu bagaimana cara berekspresi. Adrian hanya menerima map itu dengan perasaan waswas.
Tokoh lelaki berjubah hitam penggalan sinopsis film di atas memiliki karakter yang ....

SOAL 8
Interpretasi di bawah ini yang membahas mengenai ulasan film yang baik adalah ....

SOAL 9
Ulasan film di bawah ini yang tidak membahas mengenai keunggulan film adalah ....

SOAL 10
Kalimat di bawah ini yang berisi ulasan film dengan tema keluarga adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel