Contoh Soal Sarana dan Prasarana Transportasi di Indonesia

Contoh Soal Sarana dan Prasarana Transportasi di Indonesia Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Sarana dan prasarana transportasi berperan sangat penting dalam mendistribusikan barang dan jasa termasuk mobilitas manusia. Salah satu prasarana transportasi yang sangat penting dikembangkan adalah jalan, baik jalan raya maupun jalan kereta api. Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas. Jalan mendukung arus pergerakan manusia dan barang. Menurut statusnya, jalan dikelompokkan menjadi:
1) Jalan nasional merupakan jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antar-ibu kota provinsi, dan jalan strategis nasional, dan jalan tol.
2) Jalan provinsi ialah jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan ibu kota provinsi, ibu kota kabupaten/kota, dan jalan strategis provinsi.
3) Jalan kabupaten/kota merupakan jalan lokal dalam sistem jaringan jalan primer yang tidak termasuk jalan nasional dan jalan provinsi, yang menghubungkan ibu kota kabupaten dengan ibu kota kecamatan, antaribu kota kecamatan, ibu kota kabupaten dengan pusat kegiatan lokal, antarpusat kegiatan lokal, serta jalan umum dalam sistem jaringan jalan sekunder dalam wilayah kabupaten, dan jalan strategis kabupaten/kota.
Selain jalan, Indonesia juga memiliki jalan kereta api sebagai salah satu prasarana transportasi. Jalan kereta api di Indonesia telah dibangun sejak zaman kolonial Belanda pada 1864. Sampai dengan tahun 1939, panjang jalur kereta api di Indonesia mencapai 6.811 km. Pada tahun 1950, panjang jalan kereta api berkurang, diperkirakan dibongkar Jepang untuk dibawa ke Burma.
Sarana dan prasarana yang tak kalah penting di Indonesia adalah pelabuhan. Dilihat dari lingkup pelayarannya, pelabuhan dapat di kelompokkan menjadi:
a) Pelabuhan internasional, yakni pelabuhan yang melayani nasional dan internasional dalam jumlah besar dan merupakan simpul dalam jaringan laut internasional.
b) Pelabuhan nasional, yaitu pelabuhan yang melayani nasional dan internasional dalam jumlah menengah.
c) Pelabuhan regional, yakni pelabuhan pengumpan primer ke pelabuhan utama yang melayani secara nasional.
d) Pelabuhan lokal, yaitu pelabuhan pengumpan sekunder yang melayani lokal dalam jumlah kecil.
Indonesia sebagai salah satu negara maritim memandang transportasi laut sebagai hal yang sangat penting untuk dikembangkan. Keunggulan transportasi laut adalah kemampuannya mengangkut barang dan manusia dalam jumlah besar. Oleh karena itu, ketersediaan pelabuhan menjadi prasarana yang mesti tersedia. Saat ini, Indonesia memiliki sekitar 2.400 pelabuhan berskala internasional, nasional, regional, dan lokal. Namun, pelabuhan di Indonesia kedalamannya hanya sekitar 6 meter sehingga kapal-kapal berukuran besar sulit berlabuh. Bandingkan dengan Singapura dan Malaysia yang umumnya memiliki pelabuhan dengan kedalaman sekitar 14 meter.
Sarana transportasi laut memiliki kelemahan berupa lamanya waktu perjalanan. Penggunaan alat transportasi darat juga tidak mungkin karena sebagian besar pulau jaraknya berjauhan. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan alat transportasi pesawat untuk menjangkau pulau-pulau dengan cepat. Indonesia memiliki industri pembuatan pesawat yaitu IPTN di Bandung, yang mampu menyediakan kebutuhan pesawat untuk keperluan transportasi di Indonesia.
Bandar udara atau lapangan udara, adalah segala bangunan dan peralatan yang merupakan kelengkapan minimal untuk menjamin tersedianya fasilitas bagi angkutan udara untuk masyarakat. Bandar udara internasional merupakan sebuah bandar udara yang dilengkapi dengan fasilitas Bea dan Cukai serta Imigrasi untuk menangani penerbangan internasional menuju dan dari negara lainnya. Sedangkan bandar udara domestik merupakan sebuah bandar udara yang hanya menangani penerbangan domestik atau penerbangan di negara yang sama.
Ketersediaan dan lancarnya sarana dan prasarana transportasi menghapuskan isolasi terhadap suatu daerah serta aksesibilitas pun semakin meningkat. Peningkatan ini membuka kesempatan bagi satu daerah untuk beradaptasi terhadap kemajuan dan modernisasi yang berasal dari daerah pusat.

Contoh Soal Sarana dan Prasarana Transportasi di Indonesia

Pilihan Tunggal
Transportasi mensyaratkan terjadinya ....
Pilihan Tunggal
Jalan adalah bagian dari prasarana transportasi ....
Pilihan Tunggal
Jalan yang menghubungkan antar ibu kota provinsi disebut dengan ....
Pilihan Tunggal
Pembangunan rel kereta api di Indonesia dimulai sejak tahun ....
Pilihan Tunggal
Pembongkaran jalur rel kereta api di Indonesia berlangsung semasa ....
Pilihan Tunggal
Pelabuhan yang melayani perdagangan nasional dan internasional disebut dengan ....
Pilihan Tunggal
Pengembangan transportasi laut di Indonesia dilakukan mengingat status Indonesia sebagai .....
Pilihan Tunggal
Kendala yang dihadapi sebagian besar pelabuhan internasional Indonesia dibandingkan dengan pelabuhan negara lain adalah .....
Pilihan Tunggal
Industri pesawat terbang yang dimiliki Indonesia adalah ....
Pilihan Tunggal
Untuk menghalangi masuknya produk – produk tertentu ke wilayah Indonesia, maka dibentuklah satuan tugas pengamanan, yaitu ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel