Contoh Soal Potensi Budaya Indonesia dan Pemanfaatannya

Contoh Soal Potensi Budaya Indonesia dan PemanfaatannyaIndonesia adalah negara yang dikenal akan kekayaan dan keragaman budayanya. Kekayaan dan keanekaragaman budaya tersebut terbentuk melalui proses panjang melalui interaksi antarsuku di Indonesia maupun hasil persinggungan dengan budaya dari negara lain. Ketika Portugis datang ke Indonesia, persinggungan dengan budaya Eropa telah menambah kekayaan budaya bangsa Indonesia, demikian halnya ketika Belanda dan Jepang datang ke Indonesia. Para pedagang dari Cina dan India juga turut menambah kekayaan budaya. Kedatangan mereka juga membawa ajaran agama yang kemudian tersebar luas di Indonesia. Akibatnya, Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat tinggi.
Keragaman budaya Indonesia sangat potensial meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Namun, sampai saat ini, keragaman budaya itu belum mampu dimanfaatkan secara optimal untuk mensejahterakan masyarakat. Keragaman budaya itu tentu saja memiliki perbedaan dengan ciri khas masing-masing yang malah menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Keragaman budaya ini juga memiliki beragam peran, khususnya dalam bidang pembangunan nasional di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya masing-masing dalam bentuk atau wujud tarian, lagu, upacara adat, rumah adat, alat musik, senjata tradisonal, dan sebagainya. 
• Bahasa
Bahasa daerah adalah suatu bahasa yang dituturkan di suatu wilayah dalam sebuah negara. Bahasa yang digunakan di Indonesia terdiri atas bahasa nasional yang diambil dari bahasa Melayu. Selain bahasa nasional, terdapat bahasa daerah yang jumlahnya mencapai 746 bahasa daerah. Bahasa daerah adalah suatu bahasa yang dituturkan di suatu wilayah tertentu. Percakapan antarsesama suku biasanya menggunakan bahasa daerah. Beberapa bahasa daerah yang digunakan seperti Bahasa Sunda, Jawa, Aceh, Gayo, Alas, Minangkabau, Betawi, dan Dayak.
• Rumah Adat
Rumah Adat adalah bangunan yang memiliki ciri khas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu. Setiap daerah memiliki rumah adat masing-masing yang berbeda antara satu dan lainnya. Selain berbeda dari bentuknya, rumah adat juga sering berbeda bahan, bentuk atap, dinding, lantai dan sebagainya. Berbagai perbedaan tersebut mencerminkan adaptasi manusia terhadap lingkungannya. 
• Tarian dan Pertunjukan Rakyat
Tarian memiliki makna, pesan, atau simbol tertentu. Ada tarian yang melambangkan pemujaan atau rasa syukur terhadap Tuhan, penyambutan tamu, kegembiraan pemuda-pemudi, atau pun keperkasaan. Contoh tarian yang bersifat pemujaan adalah Tari Pendet yang kemudian berubah jadi tarian penerima tamu. Tari Saman dari Nanggroe Aceh Darussalam dan Tari Pendet dari Bali merupakan contoh tarian untuk menyambut tamu. Tari Perang dari Kalimantan dan Tari Reog dari Ponorogo merupakan contoh tari perang atau keperkasaan.
• Pakaian Adat dan Senjata Tradisional
Pakaian adat merupakan pakaian layaknya pakaian pada umumnya, tetapi memiliki identitas-identitas tertentu yang diakui sebagai ciri khas suatu daerah. Pakaian tersebut berbeda antarsuku atau daerah sehingga dengan mudah dapat dikenali dari mana pengguna pakaian tersebut berasal. Pakaian adat biasanya digunakan saat upacara adat, misalnya perkawinan, kematian, kelahiran, dan kegiatan ritual. 
Kekayaan budaya Indonesia ini menjadi daya tarik bagi sektor pariwisata. Selain pariwisata, pemanfaatan budaya juga dilakukan dalam rangka mempererat persahabatan antardaerah dan antarnegara. Melalui budaya, hubungan antarbangsa dan antarwarga akan makin erat dengan mengenal budayanya. Interaksi antarwarga terjalin melalui budaya. Budaya juga dapat dimanfaatkan untuk bahan kajian ilmiah. Oleh para ahli budaya, antropolog, arkeolog, kajian budaya dijadikan wawasan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan.

Contoh Soal Potensi Budaya Indonesia dan Pemanfaatannya

Pilihan Tunggal
Faktor pembentuk kebudayaan nasional Indonesia adalah kebudayaan lokal dan ....
Pilihan Tunggal
Bahasa Indonesia adalah hasil interaksi dengan bahasa ....
Pilihan Tunggal
Bangunan dengan ciri khusus yang ditemui di daerah – daerah Indonesia disebut dengan ....
Pilihan Tunggal
Bentuk rumah adat di Indonesia berbeda satu sama lain sebagai bentuk dari ....
Pilihan Tunggal
Tarian Saman berasal dari daerah ....
Pilihan Tunggal
Tari Pendet di masa lampau digunakan dalam acara ....
Pilihan Tunggal
Kebudayaan lokal Indonesia yang sempat diklaim negara tetangga sebagai kebudayaan asli negaranya adalah ....
Pilihan Tunggal
Pakaian adat umumnya digunakan untuk kepentingan berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Keragaman budaya Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai nilai tambah dalam sektor ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel