Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film , drama

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film , dramaKegiatan membandingkan dua teks drama/film ini dapat kita lakukan dengan menganalisis dan menilai unsur-unsur yang muncul dalam drama/film. Hasil analisis dan penilaian inilah yang kita sebut dengan teks ulasan. Teks ulasan mengandung berbagai macam tanggapan dan komentar kita terhadap unsur-unsur intrinsik karya sastra, seperti tema, amanat, latar, alur, tokoh, penokohan, dan juga sudut pandang, termasuk unsur ektrinsik semacam pengambilan gambar dan adegan atau nilai-nilai kehidupan dalam cerita.
Berdasarkan hal tersebut, di sini kita menyadari pentingnya pemahaman terhadap struktur teks ulasan agar tergambar langkah-langkah apa yang harus kita lakukan terkait cara menganalisis teks-teks drama/film tersebut. Pahami bahwa teks ulasan memiliki kelengkapan yang terdiri atas empat struktur, yaitu orientasi ^ tafsiran isi ^ evaluasi ^ rangkuman. 

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dua teks film , drama


SOAL 1
Secara tidak sadar, kita sering mengulas film yang baru saja kita tonton bersama teman. Ragam ulasan yang dipakai adalah.…

SOAL 2
Berikut adalah susunan yang tepat perubahan kelas kata verba menjadi nomina, kecuali….

SOAL 3
Berikut adalah kata yang tidak berpadanan dengan kata berseru adalah….

SOAL 4
Pasangan kata yang tepat terkait perubahan verba aktif ke pasif adalah, kecuali ….

SOAL 5
Berikut adalah kalimat yang menggunakan konjungsi subordinatif adalah….

SOAL 6
Berikut yang termasuk ke dalam frasa adjektiva adalah….

SOAL 7
Film adalah….

SOAL 8
Berikut kalimat yang menggunakan jenis preposisi adalah….

SOAL 9
Perhatikan teks ulasan di bawah ini!
(1) Tokoh guru Isa yang lemah dalam novel Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis adalah simbol. (2)Lambang personifikasi rasa takut tentang impotensinya diumpamakan sebagai tanda kelumpuhan masyarakatnya pada masa perjuangan kemerdekaan. (3)Ketakutan ini lahir karena bayangan yang ia ciptakan sendiri.
Berikut adalah pernyataan yang benar terkait ciri kebahasaan teks ulasan di atas, kecuali….

SOAL 10
Perhatikan teks berikut!
Menonton film adaptasi cerpen “Klub Solidaritas Suami Hilang” seperti mengajak kita berpapasan dengan secuil sejarah tragedi penculikan di seluruh dunia akibat politik dan perang. Walau demikian, film ini juga tidak melupakan perasaan yang dialami perempuan-perempuan korban tersebut. Bukan hanya perempuan korban politik dan perang, tetapi korban laki-laki itu sendiri.
Hal yang disampaikan dalam teks ulasan di atas adalah mengenai….


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel