Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks film , drama

Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks film , drama Sudahkah kalian mampu membandingkan dua teks ulasan dan melihat hal-hal yang terdapat di dalam teks tersebut? Jika sudah, seharusnya kalian pun telah memahami struktur dan ciri kebahasaan teks ulasan.
Pada materi kali ini, kita akan belajar memproduksi sendiri teks ulasan. Tujuan teks ulasan dibuat adalah untuk mengajarkan kita berpikir kritis dalam menganalisis suatu hal. Di dalamnya nanti akan muncul penilaian, baik dari segi kelebihan maupun kekurangannya. Ada hal-hal yang perlu kita lakukan dalam membuat teks ulasan.
Hal yang pertama kita lakukan adalah menentukan subjek ulasan, apakah drama, film, cerpen, novel, komik, atau nonfiksi? Tentu saja semua bentuk hasil budaya dapat kita ulas. Namun, fokus utama kita kali ini adalah mengulas drama dan film. Pelajari subjek ulasan tersebut, baik dari segi isi maupun proses kreatif karya tersebut.
Hal kedua adalah menyusun teks ulasan dan hal ini berkaitan dengan tahapan struktur teks ulasan: orientasi ^ tafsiran isi ^ evaluasi ^ rangkuman. 

Berikut penjelasannya!
Dalam menyusun teks ulasan, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat orientasi, yaitu menulis gambaran umum karya sastra yang akan kita ulas. Hal ini dapat berupa judul, sinopsis, atau tujuan karya dibuat. Hal yang kedua adalah melakukan tafsiran isi, yaitu uraian pandangan pribadi kita sebagai pengulas. Pada bagian ini, pengulas dapat membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang sejenis. Pengulas juga dapat memberikan penilaian, baik kelebihan, maupun kekurangan teks tersebut. Hal ketiga adalah melakukan evaluasi, yaitu penilaian secara terperinci yang mengacu pada bagian tafsiran isi. Hal terakhir adalah membuat suatu rangkuman berdasarkan keseluruhan hal yang kita dapat dari langkah-langkah sebelumnya.
Sebagai bahan catatan dalam mengulas teks, ada empat jenis kritik yang perlu kita buat: kritik apresiasi, kritik eksposisi, kritik evaluasi, dan kritik prevalensi. Berikut penjabarannya!
1. Kritik apresiasi 
Kritik ini terdiri atas dua macam, yaitu kritik individual dan sosial. Dalam kritik individual, pengulas secara pribadi menunjukkan tanggapan positif dari subjek ulasan, sedangkan dalam kritik sosial, pengulas mencoba memaparkan pandangan objektif masyarakat tentang subjek ulasan.
2. Kritik eksposisi
Kritik ini mengulas subjek berdasarkan unsur intrinsiknya.
3. Kritik evaluasi
Pemindaian kerangka cerita
4. Kritik prevalensi
Kritik yang berupa ulasan umum dan luas dengan ukuran perbandingan ideal atas tontonan lain.

Contoh Soal Langkah-langkah penulisan teks film , drama


SOAL 1
Berikut adalah hal yang dapat dijadikan subjek teks ulasan, kecuali….

SOAL 2
Uraian pandangan pribadi pengulas terhadap subjek yang diulas adalah isi bagian struktur….

SOAL 3
Sinopsis sebuah film/drama dalam teks ulasan dapat dimasukkan ke dalam bagian….

SOAL 4
Perhatikan teks ulasan berikut!
Mungkin kita bosan dengan film yang bertemakan appocalyptic, semacam mewabahnya virus yang mengubah manusia menjadi mayat hidup dan memburu manusia. Akan tetapi, apa yang ditawarkan dalam film serial “The Walking Dead” berbeda. Film ini bukan tentang appocalyptic-nya ataupun bukan tentang perjuangan melawan mayat hidup. Dengan alur cerita yang menarik dan begitu mengalir, film ini menawarkan intrik mengenai eksistensi umat manusia yang begitu rentan akan dosa. 
Jika kita cermati hal di atas, teks tersebut merupakan bagian dari….

SOAL 5
Perhatikan teks ulasan di bawah ini!
Begitu banyak lakon mengenai Ramayana. Akan tetapi, sendratari Ramayana memberikan tontonan yang memukau. Latar Candi Prambanan menambah kesan serunya pementasan dan membuat kita tak pernah bosan menyaksikan lakon itu berulang-ulang, terlebih saat satu set panggung benar-benar dibakar dengan siluet Hanoman yang menari.
Jika dilihat dari jenis kritik, teks ulasan di atas termasuk ke dalam kritik….

SOAL 6
Penilaian terhadap unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra termasuk ke dalam kritik yang berjenis…

SOAL 7
Jika kita mengulas sebuah buku, hal-hal yang termasuk ke dalam identitas buku adalah sebagai berikut, kecuali…

SOAL 8
Berikut adalah sifat teks ulasan, kecuali….

SOAL 9
Apa tujuan dari dibuatnya teks ulasan? Kecuali….

SOAL 10
Perhatikan susunan berikut!
  1. Penilaian
  2. Ulasan
  3. Sinopsis
  4. Rangkuman
  5. Identitas buku Urutan yang tepat susunan di atas agar terbentuk ulasan resensi adalah…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel