Contoh Soal Analisis isi teks ulasan film , drama

Contoh Soal Analisis isi teks ulasan film , drama Terdapat beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam menganalisis isi sebuah teks ulasan. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mampu menunjukkan bagian-bagian struktur dalam teks ulasan lalu memahaminya berdasarkan isi dan tujuan setiap bagian. Hal yang kedua adalah menganalisis ciri kebahasaan yang digunakan lalu menginterpretasikan makna kata-kata yang dianggap penting atau mengandung makna konotatif menjadi denotatif.

Contoh Soal Analisis isi teks ulasan film , drama


SOAL 1
Di dalam BSE, terdapat beberapa unsur kebahasaan yang perlu kalian pahami. Unsur yang dimaksud adalah kecuali….

SOAL 2
Perhatikan teks ulasan berikut!
Naskah drama Panembahan Reso karya Seno Gumira ini bercerita tentang kebijaksanaan seorang pemimpin. Konflik yang dihadapi tokoh dalam drama tersebut adalah keadaan negara yang kacau dan membuat para patih ingin agar Pangeran Rebo segera bertindak mengambil alih kekuasaan, tetapi Pangeran Rebo tidak mau bertindak gegabah dengan menyuruh patihnya bersabar. Terdapat dua tokoh dalam drama ini, yaitu Panji Tumbal dan Pangeran Rebo.
Teks tersebut termasuk ke dalam bagian….

SOAL 3
Perhatikan teks ulasan berikut!
Menurut kami, adalah karena alam.
Rubiyah yang digambarkan cantik, lembut dalam bersikap, dan gemulai dalam menari ternyata mampu menjadi beringas dalam memimpin peperangan melawan VOC.
Arti kata beringas pada teks di atas adalah….

SOAL 4
Dalam menganalisis isi, langkah yang perlu kita lakukan adalah menginterpretasi makna. Hal yang tidak termasuk ke dalam makna menginterpretasi adalah….

SOAL 5
Dalam kisah “Matah Ati”, diceritakan bahwa Raden Mas Said terpesona ketika melihat sinar yang terpancar dari tubuh Rubiyah.
Maksud kalimat yang tercetak miring di atas adalah….

SOAL 6
Perhatikan teks ulasan berikut!
Guillermo del Toro dikenal sebagai seorang sutradara yang penuh dengan imaji segar sehingga membuat karya-karyanya lain daripada film dengan tema sejenis.
Arti kata yang tercetak miring yang tepat pada teks ulasan di atas adalah….

SOAL 7
Konjungsi yang menunjukkan hubungan pertentangan terdapat pada teks di bawah ini, yaitu….

SOAL 8
Berikut adalah kalimat yang mengandung makna konotatif….

SOAL 9
Berikut adalah kalimat yang menggunakan pronomina penunjuk, yaitu….

SOAL 10
Perhatikan teks ulasan berikut!
Satu lagi film yang memutarbalikkan fakta atas sejarah. Film “The Dracula Untold” yang menceritakan kisah Vlad the Impaler mendekonstruksi riwayat hidup Pangeran Transylvania itu menjadi pahlawan di mata rakyatnya. Nyatanya, Vlad tidak pernah dicintai, tetapi ditakuti.
Maksud dari dekonstruksi pada teks di atas adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel