Segitiga dan Sudut Istimewa

Segitiga dan Sudut Istimewa - Kalian telah mengetahui bahwa fungsi trigonometri dapat dijelaskan menggunakan lingkaran utuh. Ada ada cara lain untuk menentukannya.

Segitiga dan Sudut Istimewa
Segitiga dan Sudut Istimewa

Jika θ adalah sudut kuadran pertama maka kita bisa membayangkan itu sebagai sudut dalam segitiga siku-siku (lihat gambar 1). Jadi kita akan menentukan sin (θ) sebagai perbandingan dari sisi berlawanan θ untuk sisi miring(hipotenusa), yang merupakan a/c. Demikian pula, cos (θ) adalah sisi yang berdekatan dengan θ di atas sisi miring (hipotenusa), yaitu, b/c.
Dengan menggunakan definisi ini, mari kita menghitung nilai sinus dan cosinus dari 30o, 60and 45o.
            1. Untuk mencari fungsi trigonometri 30o dan 60o kita harus ingat bahwa kaki-kai segitiga, terletak berlawanan dengan sudut 30o, sama dengan setengah dari sisi miring (hipotenusa) (lihat gambar 2). 
Dengan mengambil kaki-kaki segitiga yang lebih kecil setiap unit (a=1) kita menemukan (menggunakan teorema Pythagoras) bahwa hipotenusa c=2 dan cathetus b lainnya adalah sama dengan:
  1. Untuk mencari fungsi trigonometri dari 45o mari kita perhatikan segitiga sama sisi berikut:(Lihat Gambar 3).  
Dengan mengambil cathetus per unit (a = b = 1) kita menemukan bahwa hipotenusa adalah sama dengan2 .Jadi, kita memiliki
sin450=1/2;cos450=1/2.
Sebagai kesimpulan, mari kita hitung nilai tangen dari sudut 30o, 60and 45o,
yang sesuai dengan rumus:
Dengan mengganti θ dengan 30o, 60and 45o  dan menggunakan nilai-nilai sinus dan cosinus untuk sudut-sudut ini, maka kita mendapatkan tan 30o
=13
, tan 60o=
, tan 45o=1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel