Contoh Soal Menyimpulkan Gagasan Utama Suatu Teks

Contoh Soal Menyimpulkan Gagasan Utama Suatu TeksGagasan utama adalah topik yang diperbincangkan dalam teks. Kita bisa mengatakan bahwa gagasan utama adalah permasalahan yang ingin disampaikan penulis. Dia adalah ide dan tujuan penulis dalam membuat paragraf. Setiap satu paragraf hanya akan memiliki satu gagasan utama yang dapat terletak di salah satu kalimat.
Beberapa Hal terkait Gagasan Utama
       Dengan demikian, berdasarkan hal tersebut, ada hal yang perlu kita catat mengenai kesalahpahaman siswa dalam menentukan letak gagasan utama. Tidak sedikit siswa yang menganggap bahwa gagasan utama hanya muncul di awal dan/atau akhir paragraf. Padahal, gagasan utama dapat muncul di bagian mana pun sebuah paragraf, apakah di awal, tengah, akhir, campuran, atau di seluruh kalimat. Sebagai contoh, perhatikanlah dan baca paragraf-paragraf berikut!
Contoh 1
section-media
       Pada contoh di atas, permasalahan yang disampaikan penulis adalah kekisruhan antara KPK dan Polri yang membuat geram masyarakat (kalimat 1). Hal ini dibuktikan dan diperkuat oleh alasan yang muncul pada kalimat 3, yaitu terluntanya pemberantasan korupsi. Dengan demikian, paragraf tersebut adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf. Paragraf ini disebut dengan paragraf deduktif.
Contoh 2
section-media
       Pada contoh di atas, permasalahan yang disampaikan dalam paragraf adalah mengenai tubuh tetap memerlukan kolesterol dalam batas normal. Informasi ini terdapat pada kalimat kedua dan dibuktikan oleh penggunaan kata hubung akan tetapi yang menyangkal informasi pada kalimat 1. Paragraf ini memberikan kita contoh letak gagasan utama yang terletak di kalimat 2 (tengah paragraf). Walaupun gagasan utama berada di tengah paragraf, jenis paragraf ini tetap dinamakan sebagai paragraf deduktif (sesuai dengan pernyataan Gorys keraf dalam buku Komposisi).
Contoh 3
section-media
       Pada contoh di atas, permasalahan yang disampaikan oleh penulis adalah mengenai anjuran menakar konsumsi kopi dengan tidak berlebihan agar dapat merasakan manfaat tanpa mengkhawatirkan efek negatif kopi. Informasi ini muncul di kalimat terakhir. Paragraf jenis ini disebut paragraf induktif.
Contoh 4
section-media
       Paragraf di atas termasuk ke dalam paragraf naratif atau paragraf yang berisi cerita. Paragraf naratif memiliki gagasan utama yang berada pada seluruh kalimat yang muncul. Selain paragraf naratif, paragraf deskriptif pun memiliki gagasan utama yang muncul di seluruh kalimatnya.
       Berdasarkan keempat contoh di atas, jelaslah bahwa kita harus berhati-hati dalam memilih gagasan utama. Bacalah keseluruhan paragraf dengan teliti dan carilah permasalahan yang ingin disampaikan penulis. Ini adalah langkah tepat dan lebih efektif dalam mencari gagasan utama.

Contoh Soal Menyimpulkan Gagasan Utama Suatu Teks

Pilihan Tunggal
Jumlah gagasan utama yang muncul dalam satu paragraf adalah ....
Pilihan Tunggal
Berdasarkan letak gagasan utama, paragraf dapat dibedakan menjadi hal berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Berikut ini yang bukan istilah lain dari gagasan utama adalah ....
Pilihan Tunggal
Perhatikan paragraf berikut!
       Battle of Britain (1940) adalah rangkaian pertempuran udara di atas Inggris antara Royal Air Force (RAF) dan Luftwaffe Nazi Jerman. Pertempuran ini diawali oleh penyerangan pihak Jerman terhadap sasaran-sasaran pantai, stasiun radar, dan pelayaran. Perang ini memasuki tahap berikutnya kala Jerman mulai menyerang kota-kota.
Berdasarkan letak gagasan utama, paragraf di atas berjenis ...
Pilihan Tunggal
Perhatikan paragraf berikut!
Pertempuran ini mampu mempermalukan Sang Napoleon Bonaparte, mengakhiri kekuasaannya, bahkan membuat ia meninggal dalam pengasingannya. Pertempuran ini pun menjadi tanda berakhirnya peperangan 26 tahun antara kekuatan sekutu Eropa dan Prancis.
Kalimat yang tepat dan padu untuk menjadi gagasan utama kalimat-kalimat penjelas di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut!
       Bepergian ke kawasan Puncak sangat menyenangkan karena memiliki banyak objek wisata menarik yang patut dikunjungi. Objek wisata tersebut sangat indah dan menyegarkan pandangan. Beberapa di antaranya adalah Curug Cilember, Telaga Warna, dan Agrowisata Gunung Mas.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ...
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut!
       Bagi Anda yang sedang berdiet dan mencoba menurunkan berat badan, tetapi suka menonton film sedih, berhati-hatilah! Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, New York, menyatakan bahwa menonton film sedih justru memicu makan lebih banyak.
       Namun, bukan berarti hal ini akan membuat Anda serta merta menjadi gemuk. Fakta menunjukkan bahwa orang yang gemar menonton film sedih menghabiskan 28% berondong jagung lebih banyak dibandingkan dengan penonton film bergenre komedi. Ini artinya, makanan di depan Anda saat menontonlah yang membuat Anda gemuk. Jadi, siapkanlah makanan yang rendah kalori dan sehat saat menonton film atau televisi!
Simpulan yang tepat terkait paragraf di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut!
       Kita mengenal televisi sebagai media telekomunikasi yang berfungsi menerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata televisi merupakan gabungan dari kata tele (’jauh‘) dari bahasa Yunani dan visio (‘penglihatan’) dari bahasa Latin. Dengan demikian, televisi dapat diartikan sebagai ’alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.’
       Penggunaan kata Televisi sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi". Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.
Pernyataan yang tepat terkait wacana di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah wacana di bawah ini!
       Telegraf elektrik pertama kali ditemukan oleh Samuel Thomas von Sömmering pada tahun 1809. Kemudian pada tahun 1832, Baron Schilling membuat telegraf elektrik pertama. Sebagai alat komunikasi tetap, telegraf elektrik mulai digunakan oleh Carl Friedrich Gauss dan Wilhelm Weber pada tahun 1833 di Göttingen. Beberapa tahun berikutnya, Telegraf mulai menjadi alat komersil pertama. Telegraf komersil ini dibuat oleh William Fothergill Cooke dan dipasarkan pada Great Western Railway di Inggris. Telegraf ini dipatenkan di Inggris pada tahun 1837.
       Telegraf berfungsi mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh yang biasanya menggunakan morse sebagai kode komunikasi. Kata telegraf yang sering didengar saat ini, secara umum merupakan telegraf elektrik.
Simpulan wacana tersebut adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah wacana di bawah ini!
       Telepon genggam pintar atau smartphone kini sudah digenggam oleh setiap anak bahkan anak balita sekalipun. Alih-alih bangga karena dianggap sudah melek teknologi, beberapa kalangan justru khawatir akan fenomena ini. Selain memiliki banyak manfaat, smartphone ditengarai memiliki banyak sisi negatif.
       Beberapa dampak negatif smartphone adalahanak-anak rentan kecanduan game. Belum lagi informasi yang dapat dengan bebas diakses oleh anak-anak tanpa penyaring membuat mereka rentan terpapar unsur kekerasan dan pornografi. Kedua hal tersebut sudah cukup membuat kita khawatir akan keberadaan smartphone.
Simpulan yang tepat terkait wacana di atas adalah .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel