Contoh Soal Menjawab Pertanyaan dengan Peluang Ketepatan 75%

Contoh Soal Menjawab Pertanyaan dengan Peluang Ketepatan 75% Membaca cepat dapat dikatakan berhasil jika kita mampu menjawab pertanyaan dengan ketepatan minimal 75%. Ada taktik/strategi yang bisa kita lakukan saat membaca cepat. Berikut adalah taktik yang dapat kita lakukan.

Memvariasikan Kecepatan Membaca

       Sebenarnya, tidak semua teks dapat kita baca dengan kecepatan yang tetap. Keefektifan membaca kita dapatkan dengan cara mengubah variasi kecepatan membaca. Beberapa bacaan dengan materi yang dianggap sulit mungkin akan dibaca dengan lebih lambat, sedangkan bacaan lainnya dapat dibaca dengan lebih cepat. Berikut adalah penjelasannya.
A. Menurunkan kecepatan membaca
       Kita dapat menurunkan kecepatan membaca saat menemukan situasi-situasi di bawah ini.
  • Menemukan kata atau istilah baru yang tidak familiar.
  • Menemukan kalimat atau argumentasi yang cukup panjang
  • Menemukan instruksi detail yang bersifat teknis.
  • Menemukan materi yang secara khusus ingin diingat
B. Meningkatkan kecepatan membaca
       Kita dapat meningkatkan kecepatan membaca saat menemukan situasi-situasi di bawah ini.
  • Materi bacaan dianggap mudah dan kita telah memiliki referensi sebelumnya.
  • Contoh dan ilustrasi yang sudah dipahami
  • Penjelasan detail yang sudah tidak dibutuhkan
  • Informasi umum yang dapat dibaca dengan teknik pemindaian.

Memahami Tujuan

       Setiap proses membaca memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pahami tujuan kalian ketika hendak membaca sebuah teks atau buku, apakah untuk menguasai suatu pelajaran dengan baik, mencari informasi terkini terkait suatu peristiwa, atau sekadar untuk bersantai. Tujuan yang kalian tetapkan akan menentukan kecepatan kalian dalam membaca.

Menentukan Target Pemahaman yang Diharapkan

       Semakin tinggi tingkat pemahaman yang ingin kalian capai semakin berhati-hati dan lambat kecepatan kita dalam membaca. Pembaca yang baik memiliki kecepatan yang fleksibel, terkadang lambat, cepat, atau bahkan sangat cepat.

Membaca per Fungsi Kalimat

       Hal yang mebuat kita lama membaca dengan hasil pemahaman yang kurang adalah karena terkadang kita membaca per kata. Agar efektif, pembacaan seharusnya kita lakukan per fungsi kalimat. Setiap kalimat pasti memiliki fungsi. Fungsi yang dimaksud adalah subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan.
Contoh:
section-media
       Berdasarkan contoh di atas, pembacaan yang efektif adalah dengan menyelesaikan satu fungsi kalimat. Setelah itu, baru berlanjut ke fungsi kalimat yang lain (jeda ditandai dengan garis miring).

Contoh Soal Menjawab Pertanyaan dengan Peluang Ketepatan 75%

Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut dengan baik!
       Rokok elektronik dianggap sebagai inovasi dalam mengganti rokok konvensional. Produk ini diklaim lebih sehat karena tidak mengandung nikotin, lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap, dan aman bagi perokok pasif. 
       Klaim bahwa rokok elektronik aman dari kandungan nikotin mengundang kontroversi. Hampir seluruh negara di Eropa melarang peredaran rokok elektronik. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rokok elektronik mengandung nikotin cair. Nikotin ini dicairkan oleh zat bernama propylene glycol dan dieter glycol yang terbukti menyebabkan penyakit kanker.
Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut dengan baik!
       Di Indonesia, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) memperingatkan masyarakat bahwa rokok elektronik yang beredar di pasaran adalah rokok ilegal dan berbahaya bagi kesehatan. Setali dua uang dengan pernyataan ahli kesehatan negara-negara di Eropa, BPOM menyatakan bahwa produk ini menghasilkan nitrosamine sebagai hasil pembakaran propylen glycolNitrosamine jelas menyebabkan kanker.
Pertanyaan yang jawabannya ada dalam paragraf di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut dan jawab pertanyaan tanpa membaca ulang!
       Tentang rokok elektronik ini, Kustantiah, Kepala BPOM, menyatakan bahwa ada banyak kandungan dalam rokok elektronik yang berbahaya bagi kesehatan. Kandungan tersebut adalah nikotin pelarut, propilen glikol, dietilen glikol, dan gliseren. Semua zat ini akan menghasilkan nitrosamin yang menyebabkan kanker. Sebenarnya, menurut FDA, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika serikat, memperbolehkan propilen glikol dan gliseren sebagai bahan dalam makanan dengan dosis yang rendah. Akan tetapi, dalam penggunaan rokok elektronik, kedua zat ini akan dikonsumsi dalam batas yang berlebihan.
Berikut yang tidak termasuk ke dalam zat yang terkandung dalam rokok elektronik adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut dengan baik!
       Bersepeda bagi beberapa orang memang hobi yang mengasyikkan, lho. Hobi ini akan semakin mengasyikkan jika kita tahu cara merawat sepeda dengan baik. Komponen terpenting yang butuh perawatan ekstra adalah rantai. Selama ini saya selalu membesihkannya dengan cara manual tanpa bantuan alat khusus pembersih rantai. Yang saya butuhkan adalah cairan degreaser, pelumas rantai, sikat gigi bekas, dan kain.
       Hal pertama yang saya lakukan adalah menyemprot rantai dengan degreaser agar sisa pelumas sebelumnya, debu, dan kotoran terlepas. Lalu tunggu beberapa lama. Setelah itu, saya semprot dengan air dan menyikatnya hingga rantai terlihat bersih. Kita bisa menggunakan kain untuk membersihkan kotoran yang menempel erat di bagian gigi. Terakhir adalah memberikan pelumas rantai agar rantai awet, tidak cepat aus dan terhindar dari karat.
Cara membersihkan rantai dari debu dan kotoran adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut dan jawab pertanyaan tanpa membaca ulang! Pahami dan perhatikan setiap informasi yang kalian dapat!
       Selain Sram, Shimano adalah merk groupset (alat perpindahan gigi) yang sangat dikenal oleh masyarakat pengguna sepeda gunung/balap. Kualitasnya bergantung kepada jenis dan kelas Shimano. Pada kelas awal, ada Shimano Altus dan Acera dengan harga yang relatif murah, tetapi kurang cocok digunakan di medan lintasan berat. Kemudian, ada Alivio dan Deore yang sudah mumpuni untuk digunakan dalam lintas balap. Ada juga Deore LX yang kualitasnya sangat baik dan ketahanannya sangat bagus untuk medan lintas berat.
Berdasarkan informasi di atas, yang termasuk ke dalam groupset Shimano pada kelas menengah adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut!
       Betapa berbedanya anak zaman dahulu dengan sekarang. Anak-anak zaman dahulu memiliki kemampuan yang baik dalam hal sosial. Hal ini terlihat dari permainan yang mereka lakukan yang membutuhkan kontak fisik dan tatap muka, seperti petak umpet, tak gebogtak bentenggalaksin, atau ular naga panjang. Kini, permainan-permainan tradisional itu telah digantikan oleh permainan individual. Walaupun ada permainan online multipemain, anak-anak hanya duduk di depan monitor dan berinteraksi tanpa bertemu.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut!
Doraemon, Salior Moon, Power Rangers, dan Ksatria Baja Hitam adalah film-film yang ditonton oleh anak-anak zaman dahulu. Film-film ini memang dibuat untuk ditonton oleh anak-anak. Walaupun di dalam beberapa film tersebut terdapat sedikit unsur kekerasan, seperti perkelahian “jagoan” dengan monster, film-film ini jauh lebih baik daripada film-film yang dikonsumsi anak-anak zaman sekarang, seperti sinetron-sinetron fiksi yang ditayangkan di televisi.
Pernyataan yang tepat terkait paragraf di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut!
       Pembegal selalu berhati-hati dalam melakukan aksinya. Ia hanya akan menargetkan pekerja yang pulang malam dan terlihat mengantuk, perempuan, dan sepasang remaja yang tampak sedang berpacaran. Target-target tersebut akan lebih mudah menjadi korban, terlebih remaja yang hanya sekali gertak akan langsung menyerahkan motor. ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Bacalah paragraf berikut!
       Kalian pasti tahu Superman. Dalam ceritanya, dia adalah manusia terkuat yang ada di bumi. Superman tidak dapat dihancurkan, baik oleh peluru, ledakan bom, atau hulu nuklir sekali pun. Sama dengan Superman, ada bagian terkuat yang terdapat pada tubuh kita. Dia adalah rambut. Layaknya Superman, ia adalah yang paling kuat dibandingkan dengan organ lain. Rambut tidak dapat dihancurkan, baik oleh iklim, kelembapan suhu, atau zat kimia. Kerusakan rambut berjalan sangat lama.
Simpulan yang sesuai paragraf di atas adalah ....
Pilihan Tunggal
Persentase menjawab pertanyaan dengan benar setelah membaca cepat agar dapat dikatakan sukses adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel