Contoh Soal Menerapkan Prinsip-Prinsip Diskusi dalam Diskusi Kelas

Contoh Soal Menerapkan Prinsip-Prinsip Diskusi dalam Diskusi KelasPada topik sebelumnya, kalian telah mempelajari tentang mekanisme diskusi dan prinsip-prinsip diskusi. Pada topik ini, kalian diajak untuk menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas. Diskusi kelas adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka memecahkan suatu masalah.
Cara menjadi Pemimpin Diskusi (Moderator)
       Pemimpin diskusi (moderator) merupakan orang yang berperan mengatur jalannya diskusi. Lancar dan tidaknya sebuah diskusi sangat ditentukan oleh seorang moderator. Tugas-tugas apa sajakah yang harus dilakukan oleh seorang moderator dan hal-hal apa sajakah yang akan disampaikan?
Untuk mengetahui lebih jauh, perhatikan contoh jalannya diskusi berikut ini!
section-media
       Setelah melakukan pembukaan kegiatan diskusi, moderator mempersilakan pemakalah untuk menyajikan makalahnya. Setelah peyajian makalah, moderator memimpin jalannya diskusi. Berikut ini adalah kalimat yang contoh bagian memimpin diskusi.
section-media
       Moderator yang memandu jalannya diskusi, memberikan kesempatan kepada para penanya sesuai dengan kesempatan yang digunakan untuk bertanya. Jika ada penanya yang keluar dari pokok masalah yang didiskusikan atau terlalu panjang pengantarnya, sebagai moderator berhak untuk menegur. Berikut ini adalah contoh bagian moderator menutup diskusi.
section-media
Cara Menyajikan Makalah
       Makalah merupakan suatu karya ilmiah yang disampaikan dalam sebuah diskusi. Makalah biasanya berisi sebuah persoalan dan alternatif pemecahannya. Dalam penyajiannya pada sebuah diskusi, hal yang ditulis tidak perlu dibacakan semuanya, tetapi sampaikanlah hal-hal yang penting saja. Perhatikan contoh penyajian makalah berikut ini!
section-media
Cara Menyampaikan Gagasan, Pendapat, Saran, dan Pertanyaan
       Seorang peserta diskusi yang baik tentu akan berperan aktif dalam kegiatan diskusi. Mereka hadir tidak hanya sebagai pendengar yang baik, tetapi ikut andil dalam kegiatan diskusi. Misalnya menyampaikan gagasan, pendapat, saran, dan pertanyaan sesuai dengan pokok masalah yang sedang didiskusikan. Namun demikian, hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengikuti ketentuan diskusi yang disampaikan oleh pemimpin diskusi.
Saat menyampaikan gagasan, pendapat, saran, dan pertanyaan, seorang peserta diskusi hendaknya mengatur bahasanya agar menjadi runtut, mudah dipahami, enak untuk didengar, dan santun.
Bagaimana cara menyampaikan gagasan, pendapat, saran, dan pertanyaan yang baik?
Perhatikan beberapa contoh berikut ini!
  1. "Saudara yang kami hormati, kemalasan belajar memang musuh terberat bagi seorang pelajar. Kemalasan bisa datang setiap saat. Namun demikian, menurut saya penyebab kemalasan itu datangnya adalah dari dalam diri kita sendiri. Jika dalam diri kita sendiri tidak mampu membangkitkan semangat belajar, kemalasan akan selalu menghantui kita." (gagasan)
  2. "*Berdasarkan pernyataan yang disampaikan oleh Saudara Hasan, kemalasan sumbernya dari dalam diri kita sendiri. Apakah lingkungan tidak mempengaruhi adanya kemalasan? Bukankah lingkungan sangat besar pengaruhnya pada sikap seseorang? (pertanyaan)
  3. Pendapat Anda ada benarnya bahwa kemalasan belajar dipengaruhi oleh lingkungan. Akan tetapi, perlu diketahui, bahwa seburuk apa pun lingkungan di sekitar kita jika ada sikap dan dorongan yang kuat dalam diri kita untuk belajar tampaknya hambatan itu bisa diatasi. Orang bijak sering mengatakan jangan mau engkau dipengaruhi oleh lingkungan, tetapi pengaruhi lingkungan tersebut, tentu saja dengan hal-hal yang baik.(tanggapan)
Jika kamu cermati, cara penyampaian gagasan, pertanyaan, dan tanggapan di atas cukup baik. Caranya, yaitu sebelum menyampaikan gagasan, pertanyaan, dan tanggapan, sampaikan dulu latarnya. Latar tersebut bisa bertolak dari persoalan yang dibahas, tetapi bisa juga dari pendapat orang lain. Namun demikian, hal lain yang harus kamu perhatikan adalah menjaga kesantunan dengan cara menghargai pendapat orang lain dan tidak bersikap emosional.

Contoh Soal Menerapkan Prinsip-Prinsip Diskusi dalam Diskusi Kelas

Pilihan Tunggal
“Teman-teman yang saya hormati. sesuai dengan rencana kegiatan siang hari ini, kita akan berdiskusi mengenai "Cara Mengatasi Kemalasan dalam Belajar".”
Pernyataan tersebut disampaikan oleh ....
Pilihan Tunggal
Gaduh atau tertibnya diskusi, lancar atau tidaknya diskusi, dan efektif atau tidaknya diskusi adalah tanggung jawab seorang ....
Pilihan Tunggal
Sebelum diskusi dimulai, terlebih dahulu dibacakan tata tertib/ketentuan jalannya diskusi, di bawah ini adalah tata tertib jalannya diskusi, kecuali ....
Pilihan Tunggal
“Hadirin yang berbahagia, demikianlah acara diskusi pada siang hari ini. Sebelum kami tutup, perkenankanlah kami menyampaikan beberapa simpulan sebagai berikut”.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh ....
Pilihan Tunggal
“Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan garis besar isi makalah”.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh ....
Pilihan Tunggal
“Semoga makalah sederhana ini dapat membangkitkan semangat kita dalam belajar dan dapat memperluas cakrawala kita. Terima kasih atas perhatian hadirin. Kesempatan saya serahkan kembali kepada moderator”.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh pemakalah pada saat ..
Pilihan Tunggal
Berikut adalah persyaratan mengajukan gagasan, pendapat, saran, dan pertanyaan dalam diskusi ....
Pilihan Tunggal
“Hadirin yang saya hormati. Kemalasan belajar memang musuh terberat bagi seorang pelajar. Kemalasan bisa datang setiap saat. Namun demikian, menurut saya penyebab kemalasan itu datangnya adalah dari dalam diri kita sendiri. Jika dalam diri kita sendiri tidak mampu membangkitkan semangat belajar, kemalasan akan selalu menghantui kita.”
Pernyataan tersebut adalah contoh ....
Pilihan Tunggal
“Berdasarkan pernyataan yang disampaikan oleh Saudara Hasan, kemalasan sumbernya dari dalam diri kita sendiri. Apakah lingkungan tidak mempengaruhi adanya kemalasan? Bukankah lingkungan sangat besar pengaruhnya pada sikap seseorang?”
Pernyataan tersebut adalah contoh ....
Pilihan Tunggal
Sikap yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat, gagasan, pertanyaan maupun tanggapan pada diskusi adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel