Contoh Soal Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam

Contoh Soal Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Daya AlamSumber daya alam adalah potensi besar suatu negara yang membutuhkan penanganan lebih lanjut Untuk menjaga keberlangsungan potensi, pemerintah mengeluarkan sejumlah regulasi untuk mengatur pemanfaatan sumber daya alam. Pengelolaan sumber daya alam harus mematuhi prinsip yang digariskan oleh pemerintah. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui prinsip yang digunakan dalam pengelolaan sumber daya alam.

Sumber daya alam dikelola oleh pihak pemerintah dan juga pihak swasta. Pengelolaan ini dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari sumber daya alam sehingga kebutuhan manusia terpenuhi. Dalam prosesnya, kedua pihak pemerintah dan swasta saling bersinergi dalam menjalankan regulasi, menjadi operator pengelolaan dan mengawasi pengelolaan sumber daya alam. Secara global, pengelolaan sumber daya alam haruslah berdasarkan prinsip berkelanjutan. Pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan ini sesuai dengan tugas dari pembangunan berkelanjutan untuk memastikan sumber daya alam masih dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. Dengan kata lain, prinsip pembangunan berkelanjutan mensyaratkan pengelolaan yang bertanggung jawab dari semua pihak yang terlibat.
Secara lokal, prinsip pengelolaan sumber daya alam mengedepankan dua prinsip yaitu optimal dan lestari. Definisi dari kedua prinsip tersebut adalah sebagai berikut :
• Optimal
UUD 1945 pasal 33 ayat 3, menyatakan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Berdasarkan ayat tersebut, optimalisasi dari pengelolaan sumber daya alam mutlak harus dilakukan. Optimalisasi sumber daya alam dapat berupa pemanfaatan sumber daya alam dengan cara mengambil kekayaan alam secara menyeluruh dengan memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan resiko kerugian, demi kepentingan negara dan rakyat, tetapi tetap memperhatikan keberlanjutan sumber daya alam tersebut dikemudian hari. Optimalisasi pengambilan sumber daya alam ini tidak mengizinkan untuk mengambil seluruh kekayaan alam tanpa batas dan tanpa perencanaan yang matang, melainkan dilakukan secara arif dan bijaksana, dengan menerapkan asas pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masa kini, tentu saja tanpa mengorbankan hak pemenuhan kebutuhan generasi masa mendatang. Artinya, dalam eksploitasi kekayaan alam yang ada, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada masa sekarang, tetapi dilakukan tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang. Memaksimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang masih melimpah ruah dan menghemat sumber daya alam yang semakin menipis dengan tetap memperhatikan keuntungan yang maksimal, namun kerugiannya minimal. Berbagai pihak telah berdaya upaya untuk melakukan penghematan, dengan menggunakan energi alternatif. Sumber energi alternatif, akan dapat mengurangi penggunaan sumber energi tidak terbarukan seperti minyak bumi dan batu bara. Penggunaan sumber energi alternatif juga akan dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan efek negatif pada sumber daya alam.
• Lestari
Lestari adalah upaya pengelolaan sumber daya alam beserta ekosistemnya dengan tujuan mempertahankan sifat dan bentuknya. Jadi, prinsip lestari adalah segala daya upaya yang dilakukan untuk menjaga sumber daya alam yang ada, tetap ada, baik dilihat dari sifatnya maupun dari bentuknya. Contoh konsep lestari dalam pengelolaan sumber daya alam antara lain menggunakan pupuk alami atau organik untuk menjaga kelestarian tanah. Kandungan mineral serta zat-zat didalam pupuk organik, sangat cocok untuk menyuburkan tanah, dan zat-zat tersebut tidak mengandung bahan kimiawi, sehingga sangat ramah lingkungan. Oleh karenanya, kesuburan tanah yang dipupuk dengan pupuk organik, tidak akan mudah hilang, karena selalu mengalami regenerasi oleh jasad hidup yang terkandung didalam pupuk organik. Berbeda dengan pupuk kimia, tidak semua dapat diuraikan oleh jasad renik didalam tanah, sehingga dalam jangka waktu yang lama akan mengendap dan akan merusak tanah. Penggunaan pestisida sesuai kebutuhan,dalam industri pertanian penggunaan pestisida merupakan hal yang mutlak dilakukan untuk mencegah serangan hama penyakit. Namun, untuk mendukung kelestarian sumber daya alam, pestisida yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan, agar residu yang dihasilkan tidak begitu banyak dan mengendap. Sebab, jika residu yang mengendap sudah terlalu banyak pada tempat yang sama, dapat mempengaruhi kesuburan tanah serta kualitas tanamannya sendiri, karena terlalu banyak mengandung bahan kimia. Pelestarian tanah ,upaya pelestarian tanah dapat dilakukan dengan menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali terhadap tanah yang semula gundul.

Contoh Soal Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam

Pilihan Tunggal
Sumber daya alam di Indonesia dikelola oleh pemerintah dan ....
Pilihan Tunggal
Peranan pemerintah dan swasta dalam tata kelola Sumber Daya Alam adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Dasar pengelolaan Sumber Daya Alam di Indonesia adalah ....
Pilihan Tunggal
Sumber daya alam dikelola untuk dapat dinikmati hari ini dan di masa mendatang. Hal ini adalah bagian dari prinsip ....
Pilihan Tunggal
Pemanfaatan sumber daya alam dengan maksimalisasi keuntungan dan minimalisasi kerugian adalah bagian dari prinsip ....
Pilihan Tunggal
Proses pemanfaatan sumber daya alam dapat juga disebut ....
Pilihan Tunggal
Pemakaian sumber energi alternatif difokuskan untuk mengurangi konsumsi terhadap ....
Pilihan Tunggal
Prinsip pelestarian merupakan pengelolaan Sumber Daya Alam dengan tujuan ....
Pilihan Tunggal
Langkah pelestarian yang dapat dilakukan terhadap sumber daya alam adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Penggunaan pestisida dalam jumlah banyak dan jangka waktu lama dapat berpengaruh pada ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel