Contoh Soal Peran dan Fungsi Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Ekonomi

Contoh Soal Peran dan Fungsi Sumber Daya Alam dalam Pembangunan EkonomiSumber daya alam dimanfaatkan sebesar – besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Kesejahteraan rakyat dapat tercapai dengan terlaksananya pembangunan ekonomi. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui pemanfaatan sumber daya alam untuk membangun perekonomian negara.

Pembangunan ekonomi adalah proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk suatu daerah atau negara meningkat dalam jangka panjang, disertai dengan perubahan ciri-ciri penting dalam masyarakat, yaitu perubahan dalam teknologi, pola pikir masyarakat maupun kelembagaannya. Pembangunan ekonomi memiliki empat sifat penting, yaitu: 
1) Suatu proses yang berlangsung secara terus-menerus, bukan merupakan kegiatan yang sifatnya sementara .
2) Terjadi kenaikan dalam pendapatan per kapita. Karena kenaikan pendapatan per kapita tersebut merupakan cermin terjadinya kesejahteraan ekonomi masyarakat. 
3) Kenaikan pendapatan per kapita berlangsung dalam jangka panjang Pendapatan per kapita, secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun. Akan tetapi, bukan berarti bahwa pendapatan per kapita harus mengalami kenaikan terus menerus, pada suatu waktu tertentu dapat turun, namun turunnya tidak terlalu besar. 
4) Kenaikan pendapatan per kapita diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi dan atau kelembagaan Suatu negara dikatakan terjadi pembangunan ekonomi, bukan saja berarti peningkatan pendapatan per kapita, namun kenaikan pendapatan per kapita yang diikuti pula dengan terjadinya perubahan teknologi. Misalnya di sektor pertanian, yang dulunya pengolahan lahan menggunakan tenaga hewan untuk membajak sawah diganti dengan menggunakan traktor. 
Disebutkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan suatu negara mengalami kemiskinan adalah karena tidak cukupnya sumber-sumber alam yang dimilikinya. Rendahnya pendapatan di suatu daerah antara lain disebabkan oleh minimnya sumber-sumber alam yang tersedia baik dalam arti jumlah, jenis maupun kualitasnya. Tanpa adanya sumber-sumber alam di suatu negara, maka kecil kemungkinan negara tersebut untuk melakukan pembangunan ekonomi dan begitu juga sebaliknya. Contoh sejarah nusantara menunjukkan bahwa beberapa kerajaan di Indonesia yang memanfaatkan air sungai di sekitar wilayah kerajaannya untuk irigasi, ternyata membawa kemakmuran. Dari sejarah modern, dapat dilihat bahwa kenaikan harga minyak cenderung menyebabkan negara Kuwait, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab sebagai negara penghasil minyak mencapai pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Dari data ini, dirasakan pentingnya sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi. Simon Kuznets mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi dibatasi oleh kekurangan absolut dari sumber daya alam. Pernyataan Simon Kuznets itu mengandung arti tersirat bahwa negara-negara yang miskin sumber daya alam, akan terhambat pertumbuhan ekonominya.
Fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi dapat dibedakan menjadi sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam hayati adalah semua makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, mikroba, yang ada di muka bumi ini. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia, di antaranya, bahan makanan (padi, sagu, gandum, tebu), bahan bangunan (jati, mahoni), bahan bakar (kelapa sawit, jarak), dan obat (jahe, kina, kunir). Hal ini berkaitan dengan fungsi dan peran sumber daya alam hayati pada Indonesia yang merupakan negara agraris, karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Peran sumber daya alam hayati terhadap pembangunan ekonomi, adalah: 
a) Meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB), 
b) Penyedia lapangan pekerjaan,
c) Menyejahterakan petani, dan 
d) Penyedia pangan masyarakat. 
Sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus, contohnya air, tanah, angin, dan sinar matahari. Sumber daya alam ini yang menuntut kelihaian dari manusia sebagai konsumen untuk dapat menjaga kelanjutan penggunaannya sehingga dapat dinikmati sampai generasi yang akan datang. Sumber daya alam non hayati juga mencakup bahan tambang dan mineral yang termasuk ke dalam kategori tak terbarukan.

Contoh Soal Peran dan Fungsi Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Ekonomi

Pilihan Tunggal
Pembangunan ekonomi diindikasikan dari meningkatnya ....
Pilihan Tunggal
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang berjalan ....
Pilihan Tunggal
Meningkatnya pendapatan per kapita masyarakat adalah faktor untuk mengetahui ....
Pilihan Tunggal
Secara umum, pembangunan ekonomi dan kenaikan pendapatan per kapita akan diikuti juga dengan ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tepat adalah ....
Pilihan Tunggal
Di zaman kerajaan Nusantara, kemajuan suatu kerajaan umumnya jika memiliki letak dekat dengan ....
Pilihan Tunggal
Kuwait, Bahrain, dan Saudi Arabia adalah contoh dari negara yang memanfaatkan sumber daya alamnya secara optimal untuk membangun perekonomian. Sumber daya alam dimaksud adalah ....
Pilihan Tunggal
Makhluk hidup dapat dikategorikan sebagai ....
Pilihan Tunggal
Sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja dengan memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam. Hal ini adalah alasan di balik penyebutan Indonesia sebagai salah satu negara ....
Pilihan Tunggal
Panas bumi dan sinar matahari dapat dikategorikan sebagai ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel