Contoh Soal Pentingnya Pengelolaan Sumber Daya Alam

Contoh Soal Pentingnya Pengelolaan Sumber Daya AlamSumber daya alam adalah modal untuk mencapai kesejahteraan. Materi di lingkungan hidup membutuhkan campur tangan manusia untuk dapat didayagunakan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan memahami bentuk – bentuk pengelolaan sumber daya alam.

Sumber daya alam adalah unsur pembentuk lingkungan yang sangat kompleks, dinamis, satu sama lain saling berinteraksi. Sumber daya alam didefinisikan sebagai bagian dari lingkungan alam (tanah, air, padang penggembalaan, hutan, kehidupan liar, mineral atau populasi manusia) yang dapat digunakan manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Sumber daya alam dikelompokkan berdasarkan sifat ketersediaannya untuk membantu manusia menerapkan peraturan dan kebijakan dalam pengelolaannya agar diperoleh hasil yang optimal.
Sumber daya alam memiliki penyebaran yang tidak rata di muka bumi, di beberapa tempat dijumpai potensi penyebaran yang banyak dan beraneka ragam sementara di daerah lain hanya dijumpai dalam jumlah yang sedikit dan keanekaragaman yang tidak terlalu bervariasi. Keadaan inilah yang memerlukan pengelolaan secara seksama sehingga terwujud pemerataan hasil untuk dinikmati masyarakat. Pengelolaan sumber daya alam di Indonesia diatur dalam UUD 1945, Pasal 33 yang menyebutkan bahwa bumi, air dan kekayaan alam lain yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara. Pengelolaan ini kemudian dibarengi dengan berbagai Peraturan Pemerintah yang pada dasarnya mengatur segala bentuk eksploitasi yang dilakukan oleh manusia kepada alam.
Pengelolaan sumber daya alam mengacu kepada aspek konservasi dan pelestarian lingkungan. Eksploitasi sumber daya alam yang hanya berorientasi ekonomi hanya membawa efek positif secara ekonomi tetapi menimbulkan efek negatif bagi kelangsungan kehidupan umat manusia. Oleh karena itu pembangunan tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi tetapi juga memperhatikan aspek etika dan sosial yang berkaitan dengan kelestarian serta kemampuan dan daya dukung sumber daya alam. Pembangunan sumber daya alam dan lingkungan hidup menjadi acuan bagi kegiatan berbagai sektor pembangunan agar tercipta keseimbangan dan kelestarian fungsi sumber daya alam dan lingkungan hidup sehingga keberlanjutan pembangunan tetap terjamin. Pemanfaatan sumber daya alam seharusnya memberi kesempatan dan ruang bagi peranserta masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
Peranan pemerintah daerah sangat diperlukan dalam perumusan kebijakan pengelolaan sumber daya alam terutama dalam rangka perlindungan dari bencana ekologis. Sejalan dengan otonomi daerah, kontrol masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian fungsi lingkungan hidup merupakan hal yang penting. Dengan demikian hak dan kewajiban masyarakat untuk memanfaatkan dan memelihara keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan harus dapat dioptimalkan.Kesalahan dalam pengelolaan dapat berpotensi mempercepat terjadinya kerusakan sumber daya alam, termasuk kerusakan hutan lindung, pencemaran udara, hilangnya keanekaragaman hayati, kerusakan konservasi alam, dan sebagainya. Meningkatnya intensitas kegiatan penduduk dan industri perlu dikendalikan untuk mengurangi kadar kerusakan lingkungan di banyak tempat yang antara lain berupa pencemaran industri, pembuangan limbah yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan kesehatan, penggunaan bahan bakar yang tidak aman bagi lingkungan, kegiatan pertanian, penangkapan ikan, dan eksploitasi hutan lindung yang mengabaikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.
Dengan memperhatikan permasalahan dan kondisi sumber daya alam dan lingkungan hidup dewasa ini, maka kebijakan di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup ditujukan pada upaya:
a) Mengelola sumber daya alam, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui melalui penerapan teknologi ramah lingkungan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampungnya.
b) Memberdayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
c) Memelihara kawasan konservasi yang sudah ada dan menetapkan kawasan konservasi baru di wilayah tertentu.
d) Mengikutsertakan masyarakat dalam rangka menanggulangi permasalahan lingkungan.
Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Contoh Soal Pentingnya Pengelolaan Sumber Daya Alam

Pilihan Tunggal
Sifat atau ciri khusus dari sumber daya alam adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk tujuan ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....
Pilihan Tunggal
Kekuasaan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia merupakan wewenang dari ....
Pilihan Tunggal
Regulasi yang dikeluarkan pemerintah terhadap sumber daya alam berfungsi untuk mengatur ....
Pilihan Tunggal
Pemerintah pusat memberikan delegasi kewenangan pengaturan eksploitasi sumber daya alam kepada pemerintah daerah. Proses ini dinamakan sebagai hak ....
Pilihan Tunggal
Pencemaran lingkungan, seperti pembuangan limbah sembarangan, paling banyak dilakukan oleh ....
Pilihan Tunggal
Kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi dalam tata kelola laut Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Wilayah yang dikhususkan sebagai tempat perlindungan flora atau fauna tertentu disebut ....
Pilihan Tunggal
Pengelolaan sumber daya alam untuk dapat dinikmati di masa sekarang dan masa yang akan datang adalah prinsip dari ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel