Contoh Soal Keunggulan Letak Geologis Indonesia

Contoh Soal Keunggulan Letak Geologis IndonesiaLetak geologis merupakan posisi lempengan-lempengan bumi yang berada di lapisan atmosfer, dangkalan, dan berbagai macam aspek lainnya terkait sebuah lokasi kota, pulau, benua ataupun sebuah negara. Secara geologis, Indonesia berada diantara lempengan bumi dan juga dangkalan laut. Indonesia, terletak diantara tiga lempengan bumi, yaitu Lempeng Pasifik, Lempeng Eurasia, dan juga Lempeng Australia.Selain itu dari segi perairan, Indonesia terletak diantara dua buah dangkalan, yaitu dangkalan Sahul dan juga dangkalan Sunda. Yang dimaksud dengan dangkalan adalah sebuah wilayah laut yang dangkal, yang menghubungkan wilayah di antara dua daratan besar.
Dangkalan Sunda berada pada wilayah barat Indonesia, dan mencakup Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, Madura dan juga Bali. Sedangkan Dangkalan Sahul merupakan dangkalan yang berada pada sisi timur Indonesia, yang berhubungan langsung dengan daratan benua Australia. Selain itu, berdasarkan letak geologisnya, Indonesia juga merupakan Negara yang dilewati oleh dua buah pegunungan terbesar di dunia, yaitu Pegunungan Mediterania dan juga Pegunungan Sirkum Pasifik.
Dari letak geologisnya, Indonesia memiliki sejumlah keuntungan. Beberapa di antaranya adalah: 
• Dataran tinggi dan pegunungan
Letak geologis Indonesia memunculkan banyaknya dataran tinggi dan juga pegunungan di wilayahnya. Banyaknya pegunungan dan juga dataran tinggi menyebabkan banyak lokasi dan juga wilayah di Indonesia yang memiliki suhu udara cenderung sejuk, meskipun berada pada iklim tropis, dan merupakan salah satu lokasi potensial untuk konsep ekowisata dan juga kegiatan pariwisata lainnya.
• Gunung berapi
Walaupun gunung berapi seringkali dikaitkan dengan bencana alam, namun keberadaan gunung berapi dapat membawa berkah tersendiri. Dengan adanya gunung berapi, maka tanah-tanah yang berada di sekitar gunung berapi tersebut merupakan salah satu media tanamdengan unsur hara yang tinggi atau sangat subur. Hal ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan kegiatan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Secara global, roda perekonomian negara pun akan berputar ke arah positif karena banyak komoditi pertanian Indonesia yang berorientasi ekspor ataupun untuk pemenuhan konsumsi dalam negeri.
• Keanekaragaman flora dan juga fauna
Lempeng Eurasia, merupakan lempeng yang terletakdi bagian barat Indonesia, dan merupakan lempengan Negara-Negara Asia. Hal ini menjadikan wilayah Indonesia yang berada pada lempeng Eurasia memilki kesamaan dengan wilayah Asia dalam hal flora dan juga fauna. Sebaliknya, bagian timur Indonesia memiliki kesamaan flora dan juga fauna seperti pada benua Australia, karena berada pada lempeng Australia. Sedangkan pada wilayah Indonesia bagian tengah merupakan peralihan yang disebut daerah Wallace dengan beberapa hewan endemik atau khas yang tidak ada pada wilayah Asia maupun Australia. 
• Sumber daya mineral
Kondisi lempeng dan juga geologis Indonesia sangat mendukung banyaknya sumber daya mineral seperti batu-batuan, dan juga jenis jenis sumber daya alam seperti minyak dan juga gas bumi. Dengan demikian, Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah.
• Hasil laut yang melimpah
Melimpahnya hasil laut Indonesia dipengaruhi oleh lokasi geologis Indonesia yang wilayah lautnya terdiri dari beberapa dangkalan. Hasil dan sumberdaya laut, seperti ikan dan makanan laut, hingga wisata di bawah laut.

Contoh Soal Keunggulan Letak Geologis Indonesia

Pilihan Tunggal
Pertimbangan dalam penentuan letak geologis sebuah wilayah adalah ....
Pilihan Tunggal
Indonesia berada di antara ....
Pilihan Tunggal
Indonesia terletak di antara dua dangkalan, yaitu Sahul dan ....
Pilihan Tunggal
Dangkalan menghubungkan dua wilayah ....
Pilihan Tunggal
Wilayah negara lain yang masih terhubung melalui Dangkalan Sahul adalah ....
Pilihan Tunggal
Indonesia berada di antara dua jalur pegunungan, yaitu Sirkum Pasifik dan ....
Pilihan Tunggal
Daerah di sekitar gunung berapi sesuai untuk dimanfaatkan di bidang ....
Pilihan Tunggal
Wilayah peralihan Indonesia disebut juga dengan ....
Pilihan Tunggal
Hewan endemik atau khas Indonesia adalah hewan yang tidak dijumpai di wilayah benua Asia dan ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel