Contoh Soal Keunggulan Letak Geografis Indonesia

Contoh Soal Keunggulan Letak Geografis IndonesiaLetak geografis sebuah wilayah adalah tinjauan yang didapat dari kenyataan di permukaan bumi. Posisi geografis Indonesia memberikan sejumlah keunggulan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui keunggulan yang didapatkan Indonesia dari letak geografisnya.

Indonesia terletak antara 6 derajat Lintang Utara-11 derajat Lintang Selatan dan 95 - 141 derajat Bujur Timur. Letak geografis di suatu wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi, berdasarkan letak geografisnya kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia dan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Wilayah Indonesia yang berada di posisi silang menjadikan wilayah ini mempunyai arti penting dalam iklim musim dan perekonomian. Indonesia terletak di antara 2 (dua) benua, yakni benua Asia dan Australia, serta di antara dua samudera, yaitu samudera Hindia dan Pasifik. Lokasi ini sangat menguntungkan karena menjadi titik persimpangan jalur perdagangan internasional antara Asia maupun Australia, bahkan mungkin bangsa-bangsa yang lain. Hal mana berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi, transportasi dan komunikasi.
Dari segi geografis, letak wilayah Indonesia sangat strategis. Salah satu buktinya adalah pernah dijajah oleh Portugis dan pemerintah kolonial Belanda yang menginginkan rempah-rempah, dengan daerah Eropa yang jauh, sampai datang ke Indonesia untuk mendapatkan rempah-rempah. Mereka menginginkan rempah-rempah karena di Eropa terdapat empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Pada musim dingin mereka memerlukan penghangat berupa rempah-rempah. Mereka sengaja berlayar sampai datang ke Indonesia untuk mencari rempah-rempah.
Indonesia pun mempunyai tanah yang sangat subur, sehingga banyak flora dan fauna hidup di Indonesia dari Aceh sampai Papua. Sumber mineral maupun flora dan fauna di dalam laut pun beragam.
Posisi geografis Indonesia yang sangat strategis juga dapat menjadi suatu kelebihan. Letak Indonesia yang strategis tidak hanya di wilayah udara tetapi tetapi didukung wilayah darat yang juga potensial. Selain itu bangsa Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau yang tidak dimiliki oleh negara lain dan relatif lebih stabil.
Beberapa keuntungan yang didapat dari letak geografis Indonesia, antara lain:
1) Letak Indonesia yang berada di antara 2 Benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia yang membuat Indonesia bisa menjalin hubungan yang baik antara negara-negara yang ada di Benua tersebut,
2) Kawasan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia menjadi kaya akan budaya, bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya.
3) Laut yang luas dan garis pantai yang panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, karang, serta bahan tambang seperti minyak bumi. Itu semua bisa menjadi pendapatan tambahan untuk masyarakat.
4) Letak Indonesia yang berada di kawasan tropis, membuat Indonesia menambah kekayaan yang lebih melalui hasil hutan, karena berbagai jenis tanaman dan tumbuhan dapat hidup subur.
5) Tanah di Indonesia yang subur dapat membuat Indonesia menghasilkan banyak jenis pertanian.
6) Wilayah yang cukup luas untuk hutan di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai salah satu paru-paru dunia.
7) Indonesia menjadi tempat singgah para pedagang. Hal ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan potensi wisata Indonesia dan aktivitas ekspor dan impor.

Contoh Soal Keunggulan Letak Geografis Indonesia

Pilihan Tunggal
Posisi geografis adalah letak suatu wilayah ditinjau dari ….
Pilihan Tunggal
Letak geografis di suatu wilayah dilihat dari kenyataan di ….
Pilihan Tunggal
Indonesia diapit dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan ….
Pilihan Tunggal
Benua terdekat dari wilayah Indonesia yang menjadi pusat perdagangan adalah ….
Pilihan Tunggal
Wilayah Indonesia dikenal oleh bangsa Eropa semasa kerajaan kuno karena aktivitas ….
Pilihan Tunggal
Sebagai negara yang terletak di daerah tropis, Indonesia memiliki ….
Pilihan Tunggal
Terumbu karang, plankton, dan teripang adalah kekayaan alam Indonesia yang terletak di ….
Pilihan Tunggal
Jenis hutan yang banyak dijumpai di Indonesia adalah ….
Pilihan Tunggal
Berikut adalah keuntungan yang didapat Indonesia dari posisinya di wilayah tropis, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Selain biota laut, di wilayah perairan dapat juga ditemui potensi bahan tambang, yaitu ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel