Contoh Soal Keunggulan Letak Astronomis Indonesia

Contoh Soal Keunggulan Letak Astronomis IndonesiaLetak astronomis adalah letak sebuah wilayah ditinjau dari posisinya terhadap garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis Indonesia memberikan beberapa keuntungan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui manfaat yang didapatkan Indonesia dari posisi astronomisnya.

Yang dimaksud dengan letak astronomis adalah lokasi negara, pulau atau benua yang didasarkan oleh garis lintang dan juga garis bujur. Garis lintang dan juga garis bujur merupakan garis imajiner yang dibuat oleh ilmu astrologi untuk menentukan lokasi dari sebuah lokasi dari sebuah pulau, negara ataupun benua. Lokasi astronomis dinyatakan dalam garis lintang utara, garis lintang selatan, garis bujur timur dan juga garis bujur barat. Secara lebih luas, penggunaan garis astronomis ini juga menentukan iklim dari suatu lokasi. Semakin ke utara dan juga semakin ke selatan letak suatu lokasi, maka memilki iklim yang cenderung dingin. Sedangkan lokasi yang berada pada tengah-tengah garis lintang, merupakan lokasi yang beriklim tropis.
Berdasarkan lokasi astronomisnya, Indonesia berada pada 60 LU - 110LS dan pada 950 BT- 1410BB. Posisi ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki iklim tropis dengan hanya ada dua musim di Indonesia, yaitu musim panas atau kemarau dan juga musim hujan dan dilalui oleh garis khatulistiwa. Letak garis bujur Indonesia membuat Indonesia berada pada 3 wilayah waktu. Beberapa keunggulan yang didapatkan Indonesia dari letak astronomisnya, antara lain:
• Suhu udara
Sebagai negara yang terletak di wilayah tropis, cuaca di Indonesia hangat dengankecenderungan ke arah panas. Namun demikian, dengan lokasinya yang banyak memilki hutan hujan tropis, serta banyaknya daerah pegunungan membuat cuaca dan suhu tidak terlalu panas dan pas untuk ditinggali. 
• Curah hujan yang cukup tinggi
Curah hujan pada lokasi Negara yang beriklim tropis, salah satunya iklim di Indonesia termasuk memiliki curah hujan yang tinggi. Ini membuat tanah di Indonesia menjadi subur, karena curah hujannya yang cukup tinggi.
• Hutan hujan tropis
Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis yaitu kumpulan hutan yang khas dari sebuah lngkungan beriklim tropis. Hutan hujan tropis merupakan penyumbang oksigen terbesar di dunia, dan Indonesia adalah salah satunya yang memilki hutan hujan tropis yang besar dan juga luas sehingga bisa menghindari pemanasan global.
• Keragaman flora dan fauna
Dengan letak astronomisnya, Indonesiayang beriklim tropis memilki keberagaman flora dan fauna yang dilindungi dan sangat bervariasi. Hal ini berfungsi sebagai peningkatan potensi pariwisata, potensi peternakan dan juga perkebunan dari Indonesia.
• Lahan pertanian yang subur
Berada pada wilayah garis khatulistiwa atau ekuator dengan iklim yang tropis, tidak menjadikan Indonesia memilki tanah yang sulit ditanami. Sebaliknya, tanah di lokasi beriklim tropis cenderung subur dan juga mudah untuk ditanami. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara agraris penghasil pertanian yang cukup diperhitungkan. Dengan keberadaan lahan pertanian yang subur, hasil pertanian dan juga perkebunan dari Indonesia dapat membantu meningkatkan perekonomian dalam negeri.
Contoh Soal Keunggulan Letak Astronomis Indonesia



Pilihan Tunggal
Letak astronomis Indonesia didasarkan pada posisi garis lintang dan ....
Pilihan Tunggal
Garis lintang dan garis bujur adalah alat bantu untuk ilmu ....
Pilihan Tunggal
Letak suatu wilayah secara astronomis berpengaruh pada ....
Pilihan Tunggal
Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia memiliki ....
Pilihan Tunggal
Lokasi wilayah tropis ditinjau dari letaknya terhadap garis lintang berada di posisi ....
Pilihan Tunggal
Letak astronomis juga berpengaruh pada pembagian zona waktu sebuah wilayah. Di Indonesia, zona waktu yang dikenal sebanyak ....
Pilihan Tunggal
Indonesia berada pada ....
Pilihan Tunggal
Ciri – ciri negara dengan iklim tropis adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Hutan hujan tropis diharapkan untuk dapat menghasilkan ....
Pilihan Tunggal
Berikut adalah keunggulan yang dinikmati Indonesia dari letak astronomis yang dimilikinya, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel