Contoh Soal Ekosistem

Contoh Soal EkosistemEkosistem adalah kumpulan dari berbagai macam organisme yang banyak (komunitas), baik itu tumbuhan, hewan, dan mikroba di dalam suatu lingkungan yang memiliki komponen abiotik (udara, air, tanah, mineral, dan lain-lain) yang satu sama lainnya berinteraksi sebagai suatu sistem.
section-media
        Di kehidupan kita, ada beberapa macam ekosistem. Ekosistem ini dikelompokkan menjadi dua golongan besar, yaitu ekosistem darat dan ekosistem air.

A. Ekosistem Darat

Ekosistem darat adalah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Berdasarkan letak dan jenis-jenis makhluk hidupnya, ekosistem darat terbagi menjadi beberapa ekosistem sebagai berikut.

1. Ekosistem Gurun

Ekosistem gurun adalah ekosistem yang daratannya gersang karena curah hujan yang rendah. Beberapa gurun bahkan ada yang tidak menerima hujan sepanjang tahun. Di gurun, suhu siang harinya bisa mencapai 45°C, sedangkan di malam hari, suhunya bisa mencapai 0°C. Contoh makhluk hidup yang hidup di gurun ular, kadal, kalajengking, dan kaktus.

2. Ekosistem Padang Rumput

Ekosistem padang rumput adalah ekosistem yang curah hujannya sekitar 25 – 75 cm per tahun. Ekosistem ini ada di daerah tropis dan juga subtropis. Savana adalah ekosistem padang rumput yang ada di garis khatulistiwa (ekuator). Contoh makhluk hidup yang hidup di ekosistem padang rumput adalah herba, rumput, bison, zebra, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, serangga, tikus, dan ular.

3. Ekosistem Hutan Basah

Ekosistem hutan basah adalah ekosistem yang memiliki kelembapan yang tinggi akibat hujan yang sering turun di sepanjang tahun. Ekosistem ini ada di daerah tropis dan juga subtropis. Makhluk hidup yang hidup di ekosistem hutan basah adalah liana (rotan), anggrek, kera, burung, badak, babi hutan, harimau, dan burung hantu.

4. Ekosistem Taiga

Ekosistem taiga disebut juga sebagai ekosistem hutan boreal. Ekosistem ini memiliki ciri suhu musim dingin rendah. Ekosistem taiga biasanya tersusun dari tumbuhan sejenis, misalnya pinus dan cemara. Adapun hewan yang hidup di ekosistem ini misalnya tupai, serangga, rusa, elk (sejenis rusa besar), landak, serigala, beruang, ajag, dan juga berang-berang. Ekosistem taiga terdapat di belahan bumi utara dan di pegunungan daerah tropis.

5. Ekosistem Tundra

Ekosistem tundra adalah ekosistem yang memiliki iklim yang sangat dingin dan kering. Tanah di ekosistem tundra membeku sepanjang tahun. Contoh tumbuhan yang ada di ekosistem tundra adalah Sphagnum, lumut daun, dan rumput. Sementara hewannya adalah serangga (terutama nyamuk dan lalat hitam), muscox, karibu, serigala, dan beruang kutub.

B. Ekosistem Air

Ekosistem air dibagi menjadi ekosistem air tawar dan ekosistem air laut.

1. Ekosistem Air Tawar

Ekosistem air tawar terbagi menjadi dua, yaitu ekosistem air tenang dan air mengalir. Contoh ekosistem air tenang adalah danau dan kolam, sedangkan contoh ekosistem air mengalir itu adalah sungai. Makhluk hidup yang hidup di ekosistem air tawar misalnya ikan mas, lele, gurame, nila, mujair, serangga, siput, dan katak.

2. Ekosistem Air Laut

Ekosistem air laut adalah ekosistem yang memiliki ciri utama berupa kadar garam (salinitas) airnya yang tinggi. Ekosistem air laut ini bisa dibedakan menjadi estuari, zona intertidal, zona neritik, zona laut terbuka (open sea zonesurface zone), dan zona laut dalam (deep zone). 
a. Estuari merupakan zona air laut yang dangkal. Di sini, cahaya matahari masih dapat menembus air. Makhluk hidup yang ada di zona ini misalnya rumput rawa, kepiting, remis, kerang, dan ikan.
b. Zona intertidal sering disebut sebagai zona pantai. Di zona ini, makhluk hidup yang ada misalnya ganggang, kepiting, timun laut, dan bintang laut.
c. Zona neritik merupakan bagian tepi pulau yang memanjang sampai ke dalam laut hingga jarak tertentu. Air yang masih dangkal di zona ini membuat dasar air dapat ditembus cahaya. Makhluk hidup yang ada di zona ini misalnya terumbu karang, ganggang, siput, landak laut, bintang laut, dan ikan karnivora kecil.
d. Zona laut terbuka adalah zona laut dimana cahaya matahari mampu menembus hanya sampai beberapa ratus meter saja. Makhluk hidup yang ada di zona ini misalnya alga (fitoplankton), ikan tuna, ikan todak, dan juga paus.
e. Zona laut dalam adalah zona dimana cahaya matahari tidak lagi bisa menembus. Makhluk hidup yang ada di zona ini biasanya tidak memiliki mata, tetapi mempunyai alat indra yang mampu menyala. Makhluk hidup yang ada di zona ini misalnya anglerfish, beberapa jenis udang, dan beberapa jenis cumi-cumi.

Contoh Soal Ekosistem

Pilihan Tunggal
Di dalam ekosistem, hubungan komponen biotik dan komponen abiotik adalah ....
Pilihan Tunggal
Makhluk hidup yang khas di ekosistem gurun adalah ....
Pilihan Tunggal
Afrika merupakan contoh negara yang terkenal banyak memiliki ekosistem ....
Pilihan Tunggal
Liana atau rotan merupakan tumbuhan khas dari ekosistem ....
Pilihan Tunggal
Jenis ekosistem yang ada di belahan bumi utara dan di pegunungan daerah tropis adalah ekosistem ....
Pilihan Tunggal
Beruang kutub hidup di ekosistem ....
Pilihan Tunggal
Hal yang membedakan ekosistem air tawar dan ekosistem air laut adalah ....
Pilihan Tunggal
Ekosistem estuari dikenal juga sebagai....
Pilihan Tunggal
Zona laut yang masih dapat ditembus sinar matahari beberapa ratus meter saja adalah zona ....
Pilihan Tunggal
Ikan Anglerfish tidak mempunyai mata secara jelas karena hidupnya memang di dasar laut yang gelap. Untuk melihat dia menggunakan bantuan ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel