Contoh Soal Pola Interaksi dalam Ekosistem

Contoh Soal Pola Interaksi dalam EkosistemDi dalam ekosistem, semua komponen saling berhubungan. Hubungannya bisa positif atau pun negatif tergantung dari ada tidaknya manfaat dari organisme-organisme itu. Hubungan antarkomponen-komponen ekosistem ini disebut juga sebagai interaksi. Interaksi ini bentuknya sangatlah banyak dan berpola. Mengapa disebut berpola? Karena pada tiap ekosistem interaksi-interaksi tersebut banyak dijumpai. Apa saja pola interaksi di dalam ekosistem itu?

1. Kompetisi

Pola interaksi pertama yang terjadi di dalam sebuah ekosistem adalah kompetisi, yaitu interaksi yang bentuknya berupa persaingan antarmakhluk hidup. Persaingan ini bertujuan untuk mempertahankan hidupnya. Kompetisi terjadi karena makhluk hidup-makhuk hidup yang ada di sana hidup di habitat yang sama dan memiliki kepentingan---misalnya makanan atau air---yang sama, padahal jumlahnya terbatas. Adapun jika habitatnya beda atau hal yang dipentingkannya berbeda, maka bisa dipastikan kompetisi tidak akan terjadi. Semak-semak yang mengeluarkan racun ke tanah di sekitarnya agar tidak ada tumbuhan lain di dekatnya yang akan mengambil air adalah contoh dari pola interaksi yang bersifat kompetisi.

2. Predasi

Predasi adalah bentuk interaksi antar-organisme dimana suatu organisme memangsa organisme yang lain. Organisme yang memangsa disebut sebagai predator (pemangsa), sedangkan organisme yang dimangsa disebut sebagai mangsa. Predator biasanya memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Mangsa juga mempunyai kemampuan adaptasi untuk menghindar dari predator. Ubur-ubur yang memiliki tentakel beracun sebagai alat untuk melumpuhkan ikan kecil adalah contoh dari pola interaksi yang bersifat predasi.

3. Simbiosis

Simbiosis adalah kehidupan bersama antara dua jenis makhluk hidup. Kehidupan bersama ini bisa saling menguntungkan keduanya, salah satu dirugikan dan salah satu diuntungkan, atau bahkan salah satu tidak diuntungkan dan tidak juga dirugikan. Pola interaksi yang bersifat simbiosis ini terbagi menjadi tiga macam sebagai berikut. 
a. Simbiosis mutualisme, yaitu hubungan antara dua jenis organisme yang saling menguntungkan. Simbiosis bunga dan lebah dimana lebah memperoleh madu dari bunga dan bunga terbantu proses perkembangbiakannya oleh lebah merupakan contoh dari pola interaksi yang bersifat simbiosis mutualisme.
section-media
b. Simbiosis komensalisme, yaitu hubungan antara dua organisme yang sifatnya menguntungkan bagi satu organisme, sedangkan organisme lainnya tidak mengalami keuntungan maupun kerugian. Ikan remora yang mendapat keuntungan karena terlindungi ikan hiu dan hiu yang tidak mendapat keuntungan atau pun kerugian dari ikan remora merupakan contoh dari interaksi yang bersifat simbiosis komensalisme.
c. Simbiosis parasitisme, yaitu hubungan antara dua organisme yang menguntungkan salah satu organisme namun merugikan organisme yang lainnya. Benalu yang tumbuh pada tanaman teh merupakan contoh dari interaksi yang bersifat simbiosis parasitisme, sebab benalu mendapatkan sari makanan dari tanaman teh, sedangkan tanaman teh justru menjadi kekurangan sari makanan. Akibatnya, tanaman teh bisa mati.

Contoh Soal Pola Interaksi dalam Ekosistem

Pilihan Tunggal
Semua makhluk hidup agar mampu bertahan hidup harus bisa .... dengan makhluk hidup lain.
Pilihan Tunggal
Cheetah yang memburu kijang merupakan bentuk dari pola interaksi ....
Pilihan Tunggal
Harimau yang memiliki cakar yang tajam merupakan bentuk adaptasi terhadap ....
Pilihan Tunggal
Bunglon memiliki kemampuan menyerupakan tubuhnya seperti tempatnya. Hal ini merupakan upaya ....
Pilihan Tunggal
Kompetisi hanya terjadi pada ….
Pilihan Tunggal
Simbiosis yang terjadi antara akar dan mikroba nitrogen bersifat ....
Pilihan Tunggal
Tali putri sangat merugikan tumbuhan induknya. Jika dibiarkan, tumbuhan induk bisa mati. Bentuk interaksi seperti ini bersifat ....
Pilihan Tunggal
Burung kecil sering hinggap di tubuh badak. Di sana burung kecil mendapatkan perlindungan terhadap pemangsa. Adapun badak tidak mendapatkan apa-apa dari si burung kecil. Jenis pola interaksi tersebut adalah….
Pilihan Tunggal
Rantai makanan tidak dimasukkan ke dalam bentuk pola interaksi di dalam ekosistem, padahal rantai makanan mirip dengan pola interaksi predasi. Hal ini dikarenakan….
Pilihan Tunggal
Mangsa dari singa di habitatnya biasanya adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel