Contoh Soal Bentuk-bentuk Saling Ketergantungan

Contoh Soal Bentuk-bentuk Saling KetergantunganDi dalam ekosistem, komponen-komponen penyusun ekosistem saling bergantung dan berinteraksi satu sama lain. Oleh karena itu, satu sama lainnya tidak bisa berdiri sendiri. Jika salah satunya hilang, maka organisme lain perlahan-lahan akan menghilang juga. Seperti apakah bentuk dari saling ketergantungan ini?
Rantai Makanan
        Komponen biotik membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Makanan itu berupa komponen biotik lainnya, yaitu tumbuhan dan juga hewan. Tapi itu hanya terjadi pada hewan saja, karena tumbuhan mampu membuat makanannya sendiri melalui fotosintesis, sehingga tumbuhan disebut sebagai produsen. Rantai makanan berawal dari dimakannya tumbuhan oleh hewan pemakan tumbuhan (konsumen tingkat 1). Hewan herbivora dimakan oleh hewan pemakan daging (konsumen tingkat 2), lalu konsumen tingkat 2 dimakan konsumen tingkat 3. Konsumen tingkat tiga ini disebut sebagai omnivora, karena selain memakan daging juga bisa memakan tumbuhan. Contoh dari rantai makanan bisa dilihat pada bagan di bawah ini.
section-media
        Interaksi antar organisme di dalam suatu ekosistem akan membentuk suatu rantai makanan. Rantai makanan ini tidaklah selalu sederhana seperti bagan di atas. Ada kalanya rantai makanan yang satu beririsan dengan rantai makanan yang lain. Misalnya saja untuk bagan di atas. Pemakan padi tidak hanya belalang, ulat dan wereng juga memakan padi. Pemakan ulat dan wereng juga tak selalu katak, ada kalanya burung juga memakan hewan-hewan itu. Nah jika digambarkan, garis-garisnya tak lagi berupa garis lurus, tetapi menyerupai jaring-jaring yang menyambung ke rantai satu dan yang lainnya. Fenomena ini disebut sebagai Jaring-jaring Makanan.
Aliran Energi dan Siklus Materi
        Proses makan dimakan itu bertujuan untuk memperoleh energi yang akan digunakan untuk kelangsungan hidup. Jadi, secara tidak langsung, proses makan dimakan itu merupakan proses aliran energi. Sedikit saja yang membedakannya, yaitu adanya keterlibatan Matahari sebagai sumber energi yang paling besar. Pertama, energi masuk ke dalam ekosistem dalam bentuk sinar Matahari. Energi ini kemudian akan mengubah karbondioksida dan air menjadi gula dan molekul pati melalui proses fotosintesis. Hasil energi ini lalu beralih ke konsumen tingkat 1, dari konsumen tingkat 1, energi lalu beralih pada konsumen tingkat 2. Energi yang ada di konsumen tingkat 2 kemudian akan pindah ke konsumen tingkat 3. Jika konsumen tingkat 3, produsen, konsumen tingkat 1, dan konsumen tingkat 2 mati, maka sisa-sisa tubuhnya akan menjadi energi bagi detritus (organisme pengurai). Dari sini terlihat bukan bagaimana aliran energi ini berpindah dan mengalir? Ya, jika digambarkan maka akan terlihat aliran energi sebagai berikut.
section-media
        Dari bagan di atas dapat terlihat bahwa komponen-komponen ekosistem tidak bisa berdiri sendiri. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis, konsumen tingkat 1 membutuhkan produsen sebagai makanannya, dan seterusnya yang secara tidak langsung membentuk suatu aliran energi. Selain aliran energi, di dalam proses pada bagan di atas juga tersirat siklus materi. Sedikit berbeda dari aliran energi. Sesuai namanya, siklus materi ini berlangsung memutar.
        Siklus materi diawali dari perubahan karbondioksida dan air di dalam proses fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Hasilnya berupa zat gula dan oksigen yang selanjutnya akan digunakan oleh organisme-organisme yang ada di sekitarnya. Di dalam tubuh organisme, zat gula dan oksigen akan diubah menjadi energi, protein, dan lemak. Di bagian akhir, jika organisme-organisme mati, detritus akan menguraikan protein dan lemak menjadi unsur-unsur penyusunnya, misalnya karbon, nitrogen, hidrogen, sulfur, dan lain-lain yang kemudian akan diserap tanaman sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya. Nah, prosesnya kembali lagi pada tumbuhan bukan? Ya, setelah itu proses akan kembali lagi ke awal. Itulah mengapa proses ini disebut sebagai siklus materi.

Contoh Soal Bentuk-bentuk Saling Ketergantungan

Pilihan Tunggal
Di dalam ekosistem, manusia bisa bertindak sebagai konsumen tingkat ... atau disebut juga sebagai ....
Pilihan Tunggal
Tumbuhan di dalam ekosistem bertindak sebagai produsen karena ....
Pilihan Tunggal
Urutan rantai makanan yang benar adalah ....
Pilihan Tunggal
Rantai makanan yang satu bisa saling berikatan dengan rantai makanan yang lain. Fenomena itu disebut sebagai ....
Pilihan Tunggal
Dalam aliran energi, energi awal yang digunakan tidak sama dengan energi akhir yang dihasilkan. Hal tersebut dikarenakan....
Pilihan Tunggal
Energi yang masuk ke dalam konsumen tingkat 1 ... energi yang masuk ke dalam konsumen tingkat 2.
Pilihan Tunggal
Hasil akhir dari siklus materi yang dilakukan detritus akan menghasilkan materi yang ....
Pilihan Tunggal
Materi yang telah diuraikan detritus pada akhirnya akan digunakan oleh ....
Pilihan Tunggal
Piramida makanan merupakan bentuk visual yang lain dari ...
Pilihan Tunggal
Dalam keadaan normal, jumlah dari produsen harus ... daripada jumlah konsumen tingkat 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel