Contoh Soal Dampak Pencemaran Lingkungan

Contoh Soal Dampak Pencemaran LingkunganLingkungan hidup adalah aset yang harus dijaga oleh semua masyarakat, kerusakan lingkungan akan berakibat pada menurunnya produktivitas sumber daya alam. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui dampak buruk dari pencemaran lingkungan.

Pencemaran lingkungan hidup adalah salah satu masalah global yang saat ini mengancam kelangsungan hidup manusia. Pencemaran lingkungan hidup akan mengakibatkan kerusakan sumber daya alam dan dapat mengganggu ekosistem. Beberapa dampak pencemaran lingkungan terhadap alam di antaranya adalah :
1) Flora dan Fauna
Pencemaran lingkungan hidup sangat mempengaruhi kehidupan flora dan fauna di bumi. Beberapa dampak pencemaran terhadap kehidupan flora dan fauna adalah :
a. Tanaman dan Hewan Sulit Tumbuh
Hujan asam merupakan salah satu masalah serius yang mempengaruhi wilayah – wilayah dengan tingkat emisi yang tinggi. Hujan asam yang meresap ke dalam tanah menjadikan tanah kurang sehat untuk hewan maupun tanaman yang tumbuh di dalamnya. Ini disebabkan karena tanah tidak mampu memberikan nutrisi untuk pertumbuhan tanaman.
b. Ancaman Sinar Ultraviolet Matahari
Gas ozon di lapisan atmosfer bumi sangat penting untuk melindungi makhluk hidup dari sinar UV atau ultraviolet dari matahari. Adanya polusi udara membuat lapisan ozon menjadi semakin tipis. Jika demikian, maka banyak sinar UV yang masuk ke bumi dan membahayakan pertumbuhan tanaman. Selain itu jaringan hewan juga dipengaruhi oleh ozon.
c. Perubahan Metabolisme Tanaman
Polusi tanah merupakan keadaan di mana kadar bahan kimia berbahaya mempengaruhi tanah. Bahan kimia tersebut menyebabkan perubahan metabolisme tanaman. Perubahan ini akan mengganggu pertumbuhan tanaman dan akan berpengaruh terhadap hasil panen.
2) Kesehatan
Dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan dapat dikelompokkan sesuai dengan jenis pencemaran, yaitu: 
a. Pencemaran air, yang bermakna banyak penyakit yang terbawa oleh air terlebih jika air tersebut sampai dikonsumsi oleh manusia maupun makhluk hidup lainnya. Penyakit yang terbawa air tersebut disebabkan karena asupan air yang tercemar. Pencemaran air dapat disebabkan oleh buangan limbah dari industri, penggunaan zat – zat kimia pada sumber air tanah atau sumber air resapan, dan aktivitas penangkapan ilegal yang umumnya menggunakan zat – zat kimia.
b. Pencemaran udara, pada pencemaran udara ditimbulkan karena asap kendaraan maupun pabrik dengan kadar karbondioksida yang tinggi. Pencemaran udara sebagian besar memberikan dampak pada pernapasan makhluk hidup. Asma, bronkitis, dan penurunan fungsi paru – paru juga termasuk dampak polusi udara. Polusi udara menyebabkan energi menurun secara drastis dan menyebabkan gejala gangguan kesehatan lainnya. Bahaya ini mengancam orang – orang yang hidup di kota. Penyebab pencemaran udara antara lain pembakaran minyak atau residu yang tidak sempurna dari pemakaian bahan bakar di bidang transportasi dan industri, penambangan mineral dan logam yang menimbulkan debu disebut logam racun.
c. Pencemaran tanah, pencemaran tanah dengan elemen – elemen yang merusak tanah adalah salah satu masalah serius karena mempengaruhi kesehatan anak – anak. Kerusakan otak pada anak – anak disebabkan karena pencemaran timbal yang meresap dalam tanah. Pencemaran tanah terutama disebabkan oleh buangan samah yang di dalamnya terdapat bermacam-macam bahan plastik, botol bekas, kaleng, dan bahan lainnya. Bahan plastik dan kaca tidak dapat hancur hal ini akan mengakibatkan produktivitas tanah berkurang.

Contoh Soal Dampak Pencemaran Lingkungan

Pilihan Tunggal
Pengaruh pencemaran lingkungan hidup terhadap ekosistem adalah ....
Pilihan Tunggal
Tumbuhan akan kesulitan berkembang jika terjadi peningkatan unsur tertentu dalam tanah. Unsur yang dimaksud ialah ....
Pilihan Tunggal
Udara yang dihirup oleh manusia berasal dari lapisan ....
Pilihan Tunggal
Atmosfer berfungsi untuk melindungi bumi dari pengaruh buruk sinar ..
Pilihan Tunggal
Pencemaran lingkungan akibat pembuangan limbah secara tidak bertanggung jawab umumnya dilakukan oleh ....
Pilihan Tunggal
Kegiatan berikut berpotensi menimbulkan pencemaran sumber air, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Sumber utama dari pencemaran udara adalah ....
Pilihan Tunggal
Debu yang disebut logam beracun lazimnya berasal dari kawasan ....
Pilihan Tunggal
Berikut adalah bahan – bahan yang sulit untuk didaur ulang, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel