Contoh Soal Meringkas Teks Biografi

Contoh Soal Meringkas Teks BiografiAnak-anak hari ini kita akan kembali mempelajari tentang teks biografi. Materi teks biografi yang akan kita pelajari yaitu bagaimana cara meringkas teks biografi dan langkah-langkah apa saja yang harus kita ikuti agar kita dapat meringkas teks biografi yang baik dan benar.
Perhatikan bagan di bawah ini.

      Sebelum kita mempelajari lebih jauh cara meringkas, ada baiknya kita mengetahui arti meringkas. Berdasarkan KBBI ringkas artinya singkat. Meringkas berarti memendekkan cerita, tetapi tetap mempertahankan keaslian pikiran pokok penulis (tidak boleh mengubah). 
      Jadi meringkas teks biografi ialah memperpendek teks biografi dengan menuliskan ide pokok teks tanpa mengubah keaslian cerita yang ingin disampaikan penulis dan sesuai dengan struktur teks biografi.

Perhatikan Contoh

Salah satu pahlawan wanita yang begitu populer dan pernah diangkat kisah kehidupan dalam layar lebar adalah bukan Cut Nyak Din. Lahir di Lampadang Aceh tahun 1850 dan wafat dalam pengasingan di Sumedang Jawa Barat, 6 November 1908. Beliau lahir dan dibesarkan di keluarga bangsawan. Beliau mendapatkan ajaran agama dan keputrian yang sangat baik dari orang tuanya. Ketika berusia 12 tahun, dia dinikahkan dengan Teuku Ibrahim Lamnga. Namun, Teuku Ibrahim gugur dalam perang melawan Belanda di Gle Tarum pada tanggal 29 Juni 1878. Pada tahun 1880, beliau menikah dengan Teuku Umar dengan syarat diperbolehkan ikut berperang melawan Belanda. Kesedihan Cut Nyak Din terulang saat Teuku Umar gugur tertembak peluru pada tahun 1899. Akhirnya, Cut Nyak Dien memimpin pasukan melawan Belanda di daerah pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecil dan mencoba melupakan kepergian suaminya. Cut Nyak Dhien meninggal karena usianya yang sudah tua setelah mengalami pengasingan dan penyiksaan Belanda yang begitu lama.

Mari Meringkas

Langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam meringkas teks biografi:
  1. Membaca teks biografi dengan saksama
  2. Mencatat ide pokok paragraf
    Ide pokok teks biografi didapat dengan cara mencari kata kunci yang ada pada setiap kalimat.
    Teks biografi di atas terdiri dari 10 kalimat.
    (1). Salah satu pahlawan wanita yang begitu populer dan pernah diangkat kisah kehidupan dalam layar lebar adalah Cut Nyak Din. 
    (2). Lahir di Lampadang Aceh tahun 1850 dan wafat dalam pengasingan di Sumedang Jawa Barat 6 November 1908. 
    (3). Beliau lahir dan dibesarkan di keluarga bangsawan. 
    (4). Beliau mendapatkan ajaran agama dan keputrian yang sangat baik dari orang tuanya. 
    (5). Ketika berusia 12 tahun, dia dinikahkan dengan Teuku Ibrahim Lamnga. 
    (6). Namun, Teuku Ibrahim gugur dalam perang melawan Belanda di Gle Tarum pada tanggal 29 Juni 1878. 
    (7). Pada tahun 1880, beliau menikah dengan Teuku Umar dengan syarat diperbolehkan ikut berperang melawan Belanda. 
    (8). Kesedihan Cut Nyak Din terulang saat Teuku Umar gugur tertembak peluru pada tahun 1899. 
    (9). Akhirnya, Cut Nyak Dien memimpin pasukan melawan Belanda di daerah pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecil dan mencoba melupakan kepergian suaminya. 
    (10). Cut Nyak Dhien meninggal karena usianya yang sudah tua setelah mengalami pengasingan dan penyiksaan Belanda yang begitu lama.
  3. Menyusun ide pokok
  4. Mengembangkan Ide Pokok 
    Syarat tetap mempertahankan keaslian pikiran pokok penulis (tidak boleh mengubah) dan sesuai struktur teks biografi.
    Hasil Ringkasan
    Pahlawan wanita Cut Nyak Din Lahir di Lampadang Aceh tahun 1850 dan wafat di Sumedang Jawa Barat 6 November 1908. 
    Beliau di besarkan di keluarga bangsawan sehingga mendapat ajaran agama dan keputrian sangat baik. Ketika usia 12 tahun menikah dengan Teuku Ibrahim Lamnga, tetapi suaminya meninggal pada 29 Juni 1878. Tahun 1880 menikah dengan Teuku Umar. Namun, Tahun 1899 Teuku Umar gugur. Akhirnya Cut Nyak Din memimpin pasukan melawan Belanda di Meulaboh. 
    Cut Nyak Din meninggal setelah mengalami pengasingan dan penyiksaan Belanda yang begitu lama.
Bila kita cermati, terdapat perbedaan jumlah kata sebagai berikut ini.
1. Jumlah kata pada paragraf asli : 149 kata
2. Jumlah kata pada paragraf setelah di ringkas : 85 kata
Inilah yang dimaksud dengan meringkas teks biografi

Poin Penting

  1. Meringkas artinya memendekkan cerita dengan tetap mempertahankan keaslian pikiran pokok penulis (tidak boleh mengubah).
  2. Langkah-langkah meringkas teks biografi: 
    a. Membaca teks biografi dengan saksama. 
    b. Mencatat ide pokok paragraf dengan mencari kata kunci per kalimat. 
    c. Menyusun ide pokok 
    d. Mengembangkan Ide Pokok sesuai struktur teks biografi (orientasi, Peristiwa/ Masalah, dan reorientasi)


Contoh Soal Meringkas Teks Biografi


Siapa tak kenal William Shakespeare? penulis naskah drama abadi sepanjang masa Romeo dan Juliet, Henry V, dan Julius Caesar. Lahir pada tanggal 23 April 1564 di Stratford, Inggris. Pada tahun 1588-1592 dia aktif membuat naskah prosa dan menulis sejumlah soneta yang terkenal sampai sekarang. Dia mulai menulis naskah komedi mulai tahun 1594-1603. Naskah drama terakhir yang ditulisnya adalah ‘Badai’ sebelum dia menghembuskan napas pada tanggal 23 April 1616.
Informasi utama dari kalimat yang tercetak miring pada paragraf di atas ialah ..
Ayam Jantan dari Timur adalah julukan Sultan Hasanuddin. Lahir di Makassar pada tanggal 12 Januari 1631. Beliau menjadi Raja Gowa ke-16 pada tahun 1653. Putra dari I Manuntungi Daeng Mattola dan I Sabbe To'mo Lakuntu ketika naik tahka berusaha menggabungkan beberapa kerajaan kecil di Indonesia bagian timur untuk menyerang penjajahan Belanda. Setelah 16 tahun berperang tidak hanya dengan Belanda namun juga dengan rakyatnya sendiri (yang memberontak), Sultan Hasanuddin akhirnya kalah dalam peperangan. Pada tahun 1669 Sultan Hasanuddin mundur sebagai Raja Gowa dan memilih menjadi pengajar agama Islam. Sultan Hasanuddin wafat tanggal 12 Juni 1670 sampai akhir hayatnya dia sama sekali tidak mau bekerja sama dengan Belanda.
Kyai Haji Ahmad Dahlan lahir di Yogyakarta tanggal 1 Agustus 1868. Anak keempat dari tujuh bersaudara ini masih keturunan Walisongo, pelopor penyebaran agama Islam di Jawa. Pada umur 15 tahun, ia sudah melaksanakan ibadah haji dan tinggal di Mekah selama 5 tahun. Sepulang dari Mekkah, ia menikah dengan Siti Walidah. Pada tahun 1909 beliau bergabung dengan Boedi Oetomo. Di sana beliau memberikan pelajaran yang sangat berguna bagi anggota Boedi Oetomo. Pada tanggal 18 November 1912 beliau mendirikan Muhammadiyah. Organisasi ini bergerak di bidang kemasyarakatan dan pendidikan. Melalui organisasi inilah beliau berusaha memajukan pendidikan dan membangun masyarakat Islam. Pada tanggal 23 Februari 1923 beliau meninggal dunia tepat ketika berusia 66 tahun.
Ringkasan teks biografi di atas yang tepat ialah ....
Perhatikan rekaman berikut dengan saksama!
Informasi inti bagian reorientasi teks biografi di atas ialah ....
Perhatikan rekaman berikut dengan saksama!
Peristiwa-peristiwa yang disebutkan dalam teks biografi di atas ialah ....
Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah dikenal dengan nama HAMKA. Seorang ulama, aktivis politik, dan penulis Indonesia lahir pada 17 Februari 1908 di kampung Molek, Maninjau, Sumatera Barat. Ayahnya seorang pelopor Gerakan Islah (tajdid) di Minangkabau. Ketika berusia 10 tahun, ayahnya mendirikan Sumatera Thawalib di Padang Panjang. Di situ Hamka mempelajari agama dan mendalami bahasa Arab. Pada tahun 1927 dia bekerja sebagai guru agama di Medan dan di Padang Panjang pada tahun 1929. Hamka kemudian menjadi dosen di Universitas Islam dari tahun 1957 - 1958. Di bawah Lindungan Kabah dan Tenggelamnya Kapal Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck merupakan karya fenomenalnya yang telah difilmkan. Pada tanggal 24 Juli 1981 beliau dipanggil menghadap Allah SWT.
Peristiwa-peristiwa inti dalam teks biografi di atas yang tepat ialah ....
Tahukah kalian Bandara Halim Perdana Kusuma? Nama tersebut diambil dari nama pahlawan nasional Marsda TNI Anumerta Abdul Halim Perdana Kusuma. Lahir di Sampang, Madura pada tanggal 18 November 1922. Ketika Perang Dunia II, beliau ikut dalam operasi udara sekutu di Eropa. Pada tahun 1947, dia bertugas di Sumatra untuk membina AURI. Di sana dia berusaha membuka hubungan dengan luar negeri untuk mencari senjata dan bantuan lain bagi perjuangan. Pada tahun 1947 dalam perjalanan pulang ke tanah air setelah bertugas di Bangkok, pesawat yang ditumpangi jatuh di Malaysia dan beliau meninggal. Pada tahun 1975 makam beliau dipindahkan di Taman Makam Pahlawan.
Ringkasan teks biografi bagian struktur orientasi teks biografi di atas ialah ....
Wolfgang Amadeus Mozar lahir di Salzburg pada tanggal 27 Januari 1756. Mozart meninggal dunia pada tanggal 5 Desember 1971 pukul satu dini hari ketika berusia 35 tahun. Lahir dari pasangan Anna Maria dan Leopold Mozard. Sejak berusia lima tahun Mozart sudah menguasai alat musik violin dan piano. Tahun keemasan Mozart adalah tahun 1780-an saat dia berhasil menyusun banyak sonata dan kuartet kemudian tampil solo dalam lima belas konser piano yang digelar sendiri. Tak heran bila ia menjadi komponis paling berpengaruh di Eropa pada era musik klasik karena sudah menciptakan 700 karya lagu.
Ringkasan reorientasi pada teks biografi di atas yang tepat ialah ialah ....
Ketua organisasi pertama pergerakan BUDI UTOMO di Indonesia adalah dr. Soetomo. Lahir pada tanggal 30 Juli 1888 di desa Ngepeh, Loceret, Nganjuk, Jawa Timur. Wafat pada tanggal 20 Mei 1908. Setelah lulus dari STOVIA tahun 1911, dr. Sutomo bertugas sebagai dokter di Semarang, Tuban, Lubuk Pakam (Sumatera Timur), dan akhirnya ke Malang. Pada Tahun 1919 – 1923 dia melanjutkan sekolah dokter di negeri Belanda. Selain sebagai dokter, dia juga aktif di bidang politik dan kewartawanan. Dia mendirikan Panyebar Semangat sebagai media sarana perjuangannya. Hingga menututup usia di Surabaya pada tanggal 30 Mei 1938. Hari kelahiran beliau sampai sekarang diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. 
Susunan informasi penting bagian orientasi yang tepat ialah ....
Nama Park Shin Hye pasti sudah tidak asing di telinga remaja Indonesia. Namanya semakin melambung setelah terlibat dalam drama The Heirs dan Pinocchio. Artis kelahiran Gwangju ini juga berbakat menari dan menyanyi. Park Shin Hye telah banyak menerima penghargaan antara lain Artis Wanita Terbaik, Pasangan Terbaik, dan berbagai penghargaan bergengsi lainnya. Dengan beragam prestasi yang telah ia raih, sangat wajar bila Shin-Hye termasuk jajaran artis top Korea Selatan. Selain itu, dia juga beberapa kali terlibat dalam kegiatan sosial berupa penggalan dana di Nepal dan Ghana.
Ringkasan teks biografi di atas yang tepat ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel