Contoh Soal MenelaahTeks Eksemplum

Contoh Soal MenelaahTeks EksemplumSahabat, pada materi teks eksemplum lalu, kalian telah mempelajari bagaimana menyusun sebuah teks eksemplum dari pengalaman-pengalaman yang tidak diduga. Pada materi tersebut, kita mengetahui bahwa ternyata saat menyusun teks eksemplum, kita harus tetap memperhatikan struktur pembangun teks eksemplum itu sendiri yakni abstraksi, orientasi, insiden, interpretasi, dan koda
      Pada dasarnya struktur teks eksemplum merupakan kisah pengalaman yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Dalam sebuah teks eksemplum yang kita susun, sebetulnya minimal tiga bagian saja yang wajib kita penuhi, yakni: 
(1) orientasi, 
(2) insiden,
(3) interpretasi,
      Dari fokus bagian teks tersebut, jika kita ingin menelaah sebuah teks eksemplum yang telah disusun, kita cukup memahami pertanyaan kunci untuk setiap bagian struktur teks eksemplum yang ada. Nantinya, pertanyaan-pertanyaan ini gunanya untuk mengecek ulang apakah isi paragraf-paragraf tersebut sudah termasuk bagian teks atau belum.

Beberapa Langkah Menelaah Teks Eksemplum

      Nah, sahabat quipper, berikut adalah pertanyaan-pertanyaan kunci yang digunakan untuk menguji apakah teks yang telah disusun sesuai dengan bagiannya.
1. Ajukan pertanyaan, “Apa kejadian yang mendasari cerita dalam teks, apa alasan kejadian tersebut terjadi, apa tujuan cerita tersebut?” 
Ketiga pertanyaan tersebut mewakili pertanyaan seputar latar belakang disusunnya teks eksemplum. Maka, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dipakai untuk mengecek apakah paragraf yang disusun merupakan bagian dari struktur orientasi atau bukan.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks eksemplum yang pertama yakni orientasi, karena
a. Peryataan yang diberi warna hijau menjawab pertanyaan apa kejadian yang mendasari cerita dalam teks.
b. Pernyataan yang diberi warna kuning menjawab pertanyaan apa tujuan cerita tersebut.
c. Pertanyaan yang diberi warna biru menjawab pertanyaan apa alasan kejadian tersebut terjadi.
2. Ajukan pertanyaan, “Bagaimana tahapan kejadian demi kejadian yang dialami partisipan?” 
Pertanyaan ini merupakan deskripsi kronologis insiden kejadian. Hal ini meliputi sebab hingga akibat kejadian tersebut.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks eksemplum yang kedua yakni insiden karena memaparkan proses kejadian dari sebab hingga akibat secara runtut.
3. Ajukan pertanyaan, “Hikmah dan pesan apa yang ingin disampaikan partisipan?” 
Pertanyaan ini merupakan jawaban yang disimpulkan partisipan terhadap kejadian yang menimpanya. 
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas berisikan simpulan partisipan terhadap kejadian yang menimpanya. Interpretasi tersebut timbul setelah partisipan menerima rangkaian insiden yang menimpanya sebagai sebuah pelajaran berharga.
      Nah, selesai sudah tiga cara menguji bagian teks eksemplum. Jika ketiga bagan sudah lengkap dan sesuai struktur teks, langkah menelaah teks eksemplum berdasarkan struktur pun telah terlampaui.


Contoh Soal MenelaahTeks Eksemplum

Kejadian itu membuat saya sadar akan aturan dalam berdebat di situasi formal. Biasanya, kalau sedang berbincang-bincang santai, kami tidak membawa emosi saat ada pendapat yang berbeda. Hingga kejadian itu mengubah pandangan saya. Kami hampir saja putus persahabatan gara-gara lomba debat pada waktu itu. Jujur saja, saya menyesal jika mengingat kejadian itu.
Orientasi dari bacaan di atas adalah ….
Aku pun menarik gas motor sampai habis. Hujan pun bertambah cepat dan deras. Ketika sampai di tanjakan Cibinong, aku menyaksikan pohon tumbang ke jalan raya. Pikiranku langsung spontan memilih antara mengerem atau membanting kemudi. Aku memilih yang pertama.
Hal yang tidak diungkapkan dalam bacaan di atas adalah ….
Setelah kami menerima tropi lomba futsal itu, kami segera mengangkatnya untuk dielu-elukan. Semua kebagian mengangkat tropi. Hingga akhirnya tropi kebagian diangkat oleh Sandi, kiper kami. Entah karena gugup atau senang, tropi yang diangkatnya tiba-tiba terlepas sehingga terbang dan pecah ketika jatuh di lantai. Kami terhentak karena kaget. Akhirnya, kami kecewa pesta kemenangan tidak jadi dilanjutkan karena kecelakaan tropi jatuh tersebut. 
Tujuan yang ingin disampaikan penulis dalam teks di atas adalah ….
Simak cerita eksemplum berikut dengan saksama!
Hal-hal yang tidak disampaikan dalam teks eksemplum yang dibacakan tersebut adalah ….
Saat kami pergi ke sana, kami tidak mengira akan mendapat kesialan hari itu. Posisiku di belakang, sehingga aku jatuh terjengkang. Diikuti tubuh Yoga yang menimpaku. Setelah itu lagi-lagi sebuah benda ikut-ikutan menimpa kami. Ya, itu adalah sepeda yang kami naiki. Untung saja badanku bisa digeser. Kalau tidak, ….
klausa selanjutnya untuk melengkapi kalimat penutup di atas adalah ….
Perhatikan paragraf acak berikut! 
(1) Benar saja setelah dicek, uang makan kami seminggu ke depan sudah raib di bawah lemari pakaian.
(2) Senin itu, saya sengaja pulang subuh-subuh. 
(3) Barang-barang sudah tidak di posisinya semula. 
(4) Ruangan benar-benar acak-acakan.
(5) Soalnya jadwal upacara bendera dimulai pukul 07.00 tepat. 
(6) Setelah sampai di asrama kami baru sadar bahwa kunci kamar sudah jebol. 
(7) Kamar kami telah dimasuki maling semalam.
Urutan yang benar dari kronologis insiden yang runut adalah ….
(1) Sampai di belokan pertama blok perumahan, ada seorang pengemis yang sedang meminta-minta. (2) Aku merasa kasihan, maka aku sengaja mendekatinya. (3) Saat kurogoh kantong, …. (4) Tanpa diduga, tiba-tiba dengan sigap dia mengacungkan benda tajam ke arahku. (5) Aku langsung kaget dan menyerahkan handphone beserta receh itu padanya. 
Klausa yang cocok untuk melengkapi bagian insiden dalam teks tersebut adalah ….
Padahal temanku itu hanya pergi ke dalam toko beberapa menit saja. Dia berencana untuk membeli sebotol minuman dingin karena memang saat itu cuaca sedang panas-panasnya. Motor metik miliknya diparkir di depan toko dengan ban depan mengarah ke selatan. Memang sih salahnya, dia lupa mengunci ganda kendaraannya. Walaupun begitu, pikirnya hal itu tidaklah perlu karena dia hanya masuk toko untuk beberapa menit saja.
Kalimat interpretasi untuk melengkapi teks eksemplum di atas adalah ….

Nenti mengalami luka-luka yang cukup serius. Bahkan waktu itu dia tidak siuman. Sambil dibopong, kami akhirnya dibawa ke rumah warga terdekat. Tak seberapa lama, dua orang polisi datang ke tempat kejadian. Setelah menanyakan duduk perkaranya, seorang polisi mendekati saya dan berusaha mewawancarai saya. Di akhir wawancara, polisi itu meminta SIM beserta STNK saya.
Barikut ini paragraf sebelumnya yang cocok dengan insiden di atas, kecuali ….
Simak baik-baik audio berikut!
Interpretasi dari teks eksemplum tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel