Contoh Soal Menelaah Teks Biografi

Contoh Soal Menelaah Teks BiografiSetelah mendapatkan materi yang begitu banyak tentang teks biografi, kalian tentu sudah semakin paham, bukan? Kali ini, kita akan menelaah teks biografi. Dalam topik ini, kita akan menggunakan semua pemahaman kita untuk menelaah teks tersebut. 
      Sebagaimana artinya, menelaah adalah mempelajari atau memeriksa teks yang telah dibuat. Dengan demikian, semua pembahasan mengenai teks biografi yang telah disampaikan sebelumnya akan kita bahas ulang kembali kali ini.
      Dalam menelaah teks biografi, hal yang harus kita telaah adalah sebagai berikut. 
1) Judul teks
Judul harus ditelaah sebab tidak menutup kemungkinan judul yang digunakan tidak sesuai dengan isi teks secara keseluruhan.
2) Struktur teks
Sebagaimana telah disampaikan bahwa struktur teks biografi terdiri atas tiga unsur sebagai berikut.
a. Orientasi yang merupakan bagian pengenalan tokoh. Bagian ini biasanya memaparkan jati diri tokoh secara singkat, seperti nama lengkap, nama panggilan, tempat tanggal lahir, nama orang tua dan keluarga dekat lainnya, serta pekerjaan orang tua.
b. Rangkaian peristiwa yang merupakan bagian inti dalam riwayat hidup tokoh. Bagian ini berisi peristiwa atau pengalaman-pengalaman berharga bagi tokoh, seperti pengalaman pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman selama mengikuti kejuaraan, pengalaman membuat suatu karya, serta capaian prestasi yang diraih tokoh.
c. Reorientasi yang merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi simpulan yang diambil berdasarkan perspektif penulis biografi mengenai tokoh. Sebagian orang memang menganggap bagian ini opsional (boleh ada atau tidak) dalam struktur teks biografi, tetapi melihat muatan isinya, bagian ini justru harus ada agar para pembaca biografi tokoh tersebut dapat mengetahui pandangan penulis dalam memetik suatu teladan dari tokoh tersebut.
3) Ciri kebahasaan
      Sama seperti sebelumnya, ciri kebahasaan teks biografi terdiri atas berikut ini.
a. Kalimat kompleks yaitu kalimat yang mengandung dua predikat dalam satu kalimat dengan urutan satu predikat pada induk kalimat dan satu predikat pada anak kalimat yang dipisahkan oleh konjungsi. Pada anak kalimat dapat berlaku pelesapan predikat asalkan predikat yang dilesapkan tersebut sama dengan predikat pada induk kalimat.
b. Kata rujukan yaitu kata yang digunakan untuk mengganti kata yang ditunjuk/dirujuk sebelumnya. Biasanya berupa kata ganti untuk merujuk orang, tempat, atau benda.
c. Kata kerja atau dikenal juga dengan verba yaitu jenis kata yang menunjukkan perbuatan melakukan sesuatu, baik aktif maupun pasif.
d. Pilihan kata atau diksi yaitu pemilihan penggunaan kata yang disesuaikan dengan konteks kalimat, seperti penggunaan kata konkret dan abstrak atau penggunaan makna denotatif dan konotatif.
      Setelah mengingat unsur-unsur di atas, mari kita coba praktikkan dalam untuk menelaah contoh teks biografi berikut ini.

Perhatikan Teks




Mari Kita Telaah Teksnya

Judul
Pembuatan judul yang diambil dari nama tokoh dan gelar yang disandangnya cukup mewakili isi keseluruhan teks sebab bagian rangkaian peristiwa secara garis besar mengisahkan “pelajaran-pelajaran” berharga yang dialami tokoh semasa hidupnya.
Struktur
Penetapan paragraf telah sesuai struktur dengan rincian paragraf pertama berisi gambaran umum tokoh sebagai pengenalan kepada pembaca, rangkaian peristiwa berisi pengalaman-pengalaman hidup tokoh yang seolah ironis tetapi bagi tokoh hal itu merupakan hal berharga, dan reorientasi yang berisi perspektif serta pesan penulis untuk meneladani sikap tokoh yang diangkat.
Kalimat kompleks
Bisnis ini ternyata diyakini Andri sebagai jalan hidupnya sehingga pada tahun 1985 ia mendirikan perusahaan kecil yang saat ini dikenal melalui produk kartu ucapan berkualitas karena bertuliskan kata-kata sederhana tetapi bersifat full power.
      Kalimat kompleks tersebut terlalu banyak menggunakan konjungsi penanda anak kalimat sehingga menjadi kurang efektif. Sementara itu, kalimat kompleks lainnya sesuai aturan.
Kata rujukan
Kata rujukan pada paragraf pertama banyak menggunakan kata ini yang merujuk pada sosok tokoh. Sementara itu, pada paragraf selanjutnya lebih banyak menggunakan kata ia sebagai kata ganti nama tokoh (Andri Wongso), dan pada paragraf terakhir hanya menggunakan kata rujukan kita sebagai ajakan pada pembaca agar dapat meneladani sikap tokoh.
Kata kerja
Kata kerja yang digunakan dalam teks keseluruhan didominasi oleh kata kerja aktif, baik transitif maupun intransitif, seperti memiliki, memasukkan, mendapat, dan membuat.
Pilihan kata
Kata yang digunakan sebagian besar menggunakan kata konkret dan bermakna denotatif walaupun ada pula beberapa kata menggunakan makna konotatif, seperti kata habis dalam kontraknya habis. Selain itu, terdapat pula penggunaan istilah asing pada bagian akhir teks, seperti passion dan full power.

Contoh Soal Menelaah Teks Biografi

Raisa Andriana atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama Raisa merupakan salah satu solois muda Indonesia. Wanita cantik dan lembut ini lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990. Pelantun tembang Serba Salah ini merupakan anak dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Mariaty. 
Struktur yang terdapat dalam penggalan teks di atas adalah ....
Raisa Andriana atau yang lebih dikenal masyarakat dengan nama Raisa merupakan salah satu solois muda Indonesia. Wanita cantik dan lembut ini lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990. Pelantun tembang Serba Salah ini merupakan anak dari pasangan Allan N. Rachman dan Ria Mariaty. Raisa mengenyam bangku kuliah di Universitas Bina Nusantara Internasional. Raisa menyukai jenis musik jazz, blues, R&B, dan soul.
Hal yang menyebabkan kekurangan pada penggalan teks biografi di atas adalah ....
Perhatikan paragraf rumpang berikut!

(1) ... WR Supratman masih berumur 11 tahun, beliau ikut kakanya tinggal di Makassar(2) ... WR Supratman disekolahkan dengan baik oleh kakak iparnya yang berkebangsaan Belanda. Saat itulah Wr Supratman mulai mempelajari bahasa Indonesia.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah ....
(1) Raisa meluncurkan album keduanya yang diberi judul Heart to Heart pada November 2013. (2) Penyanyi multitalenta ini siap bersaing dengan penyanyi muda Indonesia lainnya untuk menjadi penyanyi terbaik .... ia tidak asal-asalan dalam menghasilkan karya. (3) Pada peluncuran album kedua tersebut, Raisa optimis .... kelak akan ada album ketiga, keempat, dan seterusnya. (4) Artinya, ia tidak akan pernah berhenti berkarya selama embusan napasnya masih terasa.
Kalimat yang mengandung predikat menggunakan kata abstrak adalah ....
Kalimat yang menunjukkan bagian reorientasi dalam teks biografi adalah ....
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Tahun 1949, Badudu akhirnya dapat menyelesaikan pendidikan normaal school di Tentena, Sulawesi Tengah. 
(2) Setelah itu, pada tahun 1941, ia mengikuti kursus Volksonderwijser (pengajar umum) di Luwuk, Sulawesi Tengah. 
(3) Kemudian, ia melanjutkan sekolah di Kweekschool Makasar, Sulawesi Selatan, dan lulus pada tahun 1951.
(4) Ketika berusia tiga belas tahun, tepatnya pada tahun 1939, Badudu menamatkan sekolah rakyat di Ampana, Sulawesi Tengah.
Agar menjadi struktur rangkaian peristiwa yang padu, urutan yang tepat dari kalimat-kalimat di atas adalah ....
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Tahun 1949, Badudu akhirnya dapat menyelesaikan pendidikan Normaal School di Tentena, Sulawesi Tengah. 
(2) Setelah itu, pada tahun 1941, ia mengikuti kursus Volksonderwijser (pengajar umum) di Luwuk, Sulawesi Tengah. 
(3) Kemudian, ia melanjutkan sekolah di Kweekschool Makasar, Sulawesi Selatan, dan lulus pada tahun 1951.
(4) Ketika berusia tiga belas tahun, tepatnya pada tahun 1939, Badudu menamatkan sekolah rakyat di Ampana, Sulawesi Tengah.
Kalimat yang menunjukkan kalimat kompleks adalah ....
Badudu mengabdikan diri sebagai guru dan dosen bahasa Indonesia selama 49 tahun. Karena itulah Badudu pernah menerima bintang jasa Pemerintah RI, yaitu Satyalencana 25 tahun Pengabdian dan Bintang Mahaputra yang diserahkan oleh Presiden Megawati pada 15 Agustus 2001 di Istana Negara. Bintang jasa itu diberikan sebagai penghargaan atas jasanya membina bahasa Indonesia selama bertahun-tahun.
Pernyataan yang sesuai dengan penggalan teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali ....
Badudu mengabdikan diri sebagai guru dan dosen bahasa Indonesia selama 49 tahun. Karena itulah Badudu pernah menerima bintang jasa Pemerintah RI, yaitu Satyalencana 25 tahun Pengabdian dan Bintang Mahaputra yang diserahkan oleh Presiden Megawati pada 15 Agustus 2001 di Istana Negara. Bintang jasa itu diberikan sebagai penghargaan atas jasanya membina bahasa Indonesia selama bertahun-tahun.
Topik yang sesuai dengan penggalan teks di atas adalah ....
(1) Dengan modal 15 juta rupiah, Reza memulai berwirausaha dengan memproduksi 50 bungkus keripik per hari. (2) Dengan usaha keras, ia memasarkan keripik yang diberi label “Keripik Maicah” kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. (3) Setelah itu, ia mulai memasarkan dengan membuka stan di sebuah pameran yang diselenggarakan sebuah mal besar di Bandung. (4) Saat itu antusiasme masyarakat begitu banyak sebab baru kali itu masyarakat Indonesia mengenal keripik singkong dengan level kepedasan yang berbeda-beda. (5) Sejak saat itu, usaha Reza terus maju dan “Keripik Maicah” pun semakin dikenal masyarakat luas.
Kalimat yang mengandung kata rujukan ditemukan pada kalimat berikut, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel