Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi secara Mandiri
Contoh Soal Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi secara Mandiri -Kalian dapat menulis teks biografi dengan memperhatikan langkah-langkah menulis teks tersebut. Namun, sebelum membahas hal itu, kalian perlu menentukan menentukan tokoh atau sosok yang akan ditulis kisah hidupnya. Misalnya, kalian akan menulis biografi tentang R.A Kartini. Dengan demikian, kalian perlu mengetahui perjalanan hidupnya.
Paragraf I
Raden Ayu Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Ia adalah tokoh perempuan Jawa sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia. Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan para perempuan pribumi.
Paragraf II
Walaupun Kartini tidak sekolah lagi, ia tetap belajar dan menulis surat berbahasa Inggris kepada teman-teman korespodensinya yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon. Kartini tertarik dengan kemajuan berpikir para perempuan Eropa. Ia mengetahui mengenai hal itu dari buku-buku, majalah, dan koran yang telah dibacanya.
I. Orientasi
1. Pengenalan sosok R.A Kartini sebagai seorang perempuan Jawa
2. Pendidikan yang didapatkan R.A Kartini
II. Peristiwa dan Masalah
1. R.A Kartini mendirikan sekolah perempuan
2. Penetapan Kartini sebagai Pahlawan Nasional Indonesia
3. Akhir hidup R.A Kartini dan penetapan Hari Kartini
Kutipan teks biografi yang sesuai dengan kerangka teks tersebut adalah ....
Kerangka teks yang tepat untuk kutipan teks tersebut adalah ....
Kutipan teks biografi yang memaparkan pengenalan tokoh tersebut adalah ....
Kutipan teks biografi yang sesuai dengan kerangka teks tersebut adalah ....
Kerangka teks yang sesuai dengan isi kutipan teks tersebut adalah ....
Urutan kerangka teks biografi yang benar adalah ....
Kutipan teks yang sesuai dengan isi kerangka teks tersebut adalah ....
Coba perhatikan paragraf berikut ini.
Paragraf I
Raden Ayu Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879. Ia adalah tokoh perempuan Jawa sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia. Ia dikenal sebagai pelopor kebangkitan para perempuan pribumi.
Paragraf II
Walaupun Kartini tidak sekolah lagi, ia tetap belajar dan menulis surat berbahasa Inggris kepada teman-teman korespodensinya yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon. Kartini tertarik dengan kemajuan berpikir para perempuan Eropa. Ia mengetahui mengenai hal itu dari buku-buku, majalah, dan koran yang telah dibacanya.
Dari kedua paragraf tersebut, manakah yang tepat untuk menjadi bagian awal dari teks biografi?
Tentu saja, paragraf pertama yang tepat untuk menjadi bagian awal teks biografi. Teks tersebut menunjukkan orientasi dalam teks biografi. Orientasi adalah bagian yang mengenalkan tokoh yang berisi gambaran awal tokoh yang akan diceritakan dalam biografi tersebut.
Adapun paragraf kedua merupakan bagian dari peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh R.A Kartini semasa hidupnya. Paragraf kedua ini termasuk ke dalam bagian struktur peristiwa/masalah dalam teks biografi.
Nah, melalui penjelasan tersebut, kalian dapat mengetahui bahwa tidak hanya penentuan tokoh yang perlu diperhatikan dengan baik tetapi juga kalian perlu memahami struktur teks biografi. Kalian perlu menuliskan bagian-bagian struktur dalam teks biografi secara tepat, seperti penentuan susunan kalimat untuk bagian orientasi atau susunan kalimat untuk bagian peristiwa dan masalah dalam teks biografi. Pada akhir teks juga, ada reorientasi yang bersifat opsional (boleh ada atau tidak).
Setelah pemahaman tentang struktur, kalian juga perlu memahami cara membuat kerangka teks. Kerangka ini berfungsi untuk memuat garis-garis besar suatu karangan. Dengan adanya kerangka, kalian akan mudah dalam menyusun tulisan secara teratur, terutama teks biografi. Kalian juga akan mudah dalam menempatkan bagian penting dan bagian yang kurang penting pada teks. Kerangka teks membantu untuk mengatasi pengulangan dalam pembahasan dan membantu dalam pengumpulan sumber-sumber yang diperlukan saat penulisan.
Perhatikan kerangka teks berikut ini.
Tentu saja, paragraf pertama yang tepat untuk menjadi bagian awal teks biografi. Teks tersebut menunjukkan orientasi dalam teks biografi. Orientasi adalah bagian yang mengenalkan tokoh yang berisi gambaran awal tokoh yang akan diceritakan dalam biografi tersebut.
Adapun paragraf kedua merupakan bagian dari peristiwa atau kejadian yang pernah dialami oleh R.A Kartini semasa hidupnya. Paragraf kedua ini termasuk ke dalam bagian struktur peristiwa/masalah dalam teks biografi.
Nah, melalui penjelasan tersebut, kalian dapat mengetahui bahwa tidak hanya penentuan tokoh yang perlu diperhatikan dengan baik tetapi juga kalian perlu memahami struktur teks biografi. Kalian perlu menuliskan bagian-bagian struktur dalam teks biografi secara tepat, seperti penentuan susunan kalimat untuk bagian orientasi atau susunan kalimat untuk bagian peristiwa dan masalah dalam teks biografi. Pada akhir teks juga, ada reorientasi yang bersifat opsional (boleh ada atau tidak).
Setelah pemahaman tentang struktur, kalian juga perlu memahami cara membuat kerangka teks. Kerangka ini berfungsi untuk memuat garis-garis besar suatu karangan. Dengan adanya kerangka, kalian akan mudah dalam menyusun tulisan secara teratur, terutama teks biografi. Kalian juga akan mudah dalam menempatkan bagian penting dan bagian yang kurang penting pada teks. Kerangka teks membantu untuk mengatasi pengulangan dalam pembahasan dan membantu dalam pengumpulan sumber-sumber yang diperlukan saat penulisan.
Perhatikan kerangka teks berikut ini.
I. Orientasi
1. Pengenalan sosok R.A Kartini sebagai seorang perempuan Jawa
2. Pendidikan yang didapatkan R.A Kartini
II. Peristiwa dan Masalah
1. R.A Kartini mendirikan sekolah perempuan
2. Penetapan Kartini sebagai Pahlawan Nasional Indonesia
3. Akhir hidup R.A Kartini dan penetapan Hari Kartini
Kerangka teks biografi tersebut merupakan contoh umum untuk penulisan teks biografi. Dengan kerangka teks tersebut, kalian sudah memperoleh gambaran tentang hal-hal yang perlu kalian kembangkan dalam teks biografi.
Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi
- Menentukan tokoh/seseorang yang akan ditulis kisah hidupnya (dibiografikan).
- Membuat kerangka teks untuk membuat teks biografi.
- Kumpulkan semua informasi tentang tokoh yang akan ditulis. Kalian dapat mendapatkan informasi secara langsung, yakni melalui wawancara. Jika tokoh tersebut sudah meninggal, maka hubungilah sanak saudaranya untuk dimintai informasi. Wawancarailah orang yang benar-benar dekat dengan tokoh saat masih hidup.
- Kumpulkan data pendukung yang akurat. Data tersebut dapat diperoleh dari buku, artikel, media massa, media elektronik, yang mengulas tentang tokoh. Dengan demikian, kalian akan mengetahui pendapat orang lain tentang tokoh dengan sudut pandang yang berbeda.
- Perhatikan dengan baik data dan informasi yang pantas dan tidak pantas untuk dituliskan dalam biografi. Hal ini perlu diperhatikan oleh kalian karena jika tidak berhati-hati, kalian dapat mencemarkan nama baik seseorang. Pencemaran nama baik tersebut dapat terjadi jika informasi atau data yang ditulis dalam biografi tidak sesuai dengan diri tokoh.
- Tulislah biografi dengan memahami informasi dan data yang sudah tersedia.
S1
Berikut ini kerangka teks biografi tentang Soekarno yang tepat adalah ....
S2
I. Orientasi
1. Pengenalan sosok NH. Dini
II. Peristiwa dan Masalah
1. Kegiatan menulis NH. Dini
1. Pengenalan sosok NH. Dini
II. Peristiwa dan Masalah
1. Kegiatan menulis NH. Dini
S3
Sebelum bergabung dalam Special Olympic, Wang Shoudong bekerja di kedai kopi. Ia ingin menunjukkan kepada orang yang menganggapnya tidak memiliki kelebihan apa pun. Akhirnya, ia mengikuti pertandingan Olympic World Summer Games di Dublin pada 2003. Atlet asal Cina ini mengalami kemajuan dan bisa melakukan perjalanan ke berbagai negara di dunia. Ia dapat berinteraksi dengan orang banyak dan tidak dianggap remeh lagi bahkan terkenal di dunia. Dengan melihat hal ini, kita perlu memahami bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan dapat menjadi apa yang ia inginkan.
S4
Perhatikan gambar berikut ini!
S5
Berikut ini kutipan teks biografi yang mengisahkan tentang tokoh pendidikan Indonesia adalah ....
S6
Cermatilah kerangka berikut ini!
I. Orientasi
1. Pengenalan sosok Sutan Takdir Alisjahbana
II. Orientasi
1. Perjalanan Sutan Takdir Alisjahbana sebagai sastrawan
I. Orientasi
1. Pengenalan sosok Sutan Takdir Alisjahbana
II. Orientasi
1. Perjalanan Sutan Takdir Alisjahbana sebagai sastrawan
S7
Marah Rusli lahir pada 7 Agustus 1889 di Padang, Sumatra Barat. Ia adalah sastrawan Angkatan Balai Pustaka. Ia senang menulis tentang adat karangannya banyak menyindir kekolotan adat yang benyak merugikan kemajuan. Ia juga bekerja sebagai dokter hewan hingga pensiun pada 1952. Karyanya yang paling terkenal adalah Siti Nurbaya (1920), La Hami (1924), dan Anak dan Kemenakan (1956).
S8
Kutipan teks biografi yang berisi tentang peristiwa dan masalah adalah ....
S9
Perhatikan kerangka teks berikut ini!
1. amanat yang dapat diperoleh dari perjalanan hidup tokoh
2. peristiwa yang dialami tokoh
3. pengenalan tokoh
4. masalah yang dialami tokoh
1. amanat yang dapat diperoleh dari perjalanan hidup tokoh
2. peristiwa yang dialami tokoh
3. pengenalan tokoh
4. masalah yang dialami tokoh
S10
Perhatikan kerangka teks berikut ini!
I. Orientasi
1. Pengenalan sosok Susi Susanti
II. Peristiwa
1. Perjalanan prestasi Susi Susanti
2. Penghargaan yang didapatkan Susi Susanti
I. Orientasi
1. Pengenalan sosok Susi Susanti
II. Peristiwa
1. Perjalanan prestasi Susi Susanti
2. Penghargaan yang didapatkan Susi Susanti