Contoh Soal Membandingkan Teks Tanggapan Deskriptif dengan Teks Hasil Percobaan

Contoh Soal Membandingkan Teks Tanggapan Deskriptif dengan Teks Hasil Percobaan Pada materi-materi sebelumnya, kita telah belajar mengenal dua jenis teks, yaitu teks hasil observasi dan teks tanggapan deskriptif. Lalu, tahukah kalian persamaan dan perbedaan di antara kedua jenis teks tersebut?
Perbandingan Struktur
Perhatikanlah perbandingan struktur kedua teks di bawah ini!

      Terlihat jelas dari perbandingan struktur di atas bahwa persamaan yang mencolok di antara keduanya adalah pola pengembangan paragraf yang didasarkan atas bentuk deskripsi. Setiap paragraf memiliki bentuk struktur deskripsi bagian yang menggambarkan, memerinci, atau menjabarkan suatu keadaan objek. Akan tetapi, teks laporan hasil observasi memiliki struktur deskripsi manfaat yang tidak terdapat pada teks tanggapan deskriptif. Perbedaan ini menjelaskan kepada kita bahwa teks laporan hasil observasi lebih bersifat subjektif dan terikat pada ruang dan waktu. Mengapa demikian? Deskripsi manfaat yang dipaparkan dalam teks laporan hasil observasi akan selalu berkaitan dengan fungsi objek itu pada satu tempat dan satu waktu. Itulah sebabnya, topik yang diangkat dalam teks laporan hasil observasi adalah objek yang berada di sekitar kita dan dianggap memiliki manfaat bagi diri kita atau manusia yang ada di sekitar objek tersebut berada. 
      Perhatikan contoh pola pengembangan topik hasil observasi berikut!
• Biota laut→ definisi biota laut→ ciri/bagian/anggota biota laut→ manfaat biota laut
• Taman nasional→ definisi taman nasional→ bagian dalam taman nasional→ manfaat kehadiran taman nasional
      Sementara itu, teks tanggapan deskriptif bertujuan untuk menyampaikan gambaran terhadap suatu hal secara lebih luas dan tidak terikat tempat ataupun waktu.
      Perhatikanlah contoh pola pengembangan topik teks tanggapan deskriptif berikut!
• Harimau→ identifikasi harimau (filum, kelas, ordo, familia, genus,)→ klasifikasi harimau dan batasannya, misalnya beda dengan singa atau kucing→ jenis harimau/spesies, misalnya harimau jawa atau harimau sumatra.
      Dengan menggunakan pola pengembangan semacam di atas, pembaca atau pendengar dapat membayangkan dengan lebih jelas objek tersebut.
Perbandingan Bahasa
Perhatikan pula perbedaan ciri kebahasaan kedua teks berikut.

      Berdasarkan tabel di atas, kita dapat perhatikan bahwa ada banyak kesamaan ciri kebahasaan di antara kedua jenis teks. Dalam teks laporan hasil observasi, kalimat definisi wajib dimunculkan dalam struktur awal teks (definisi umum), sedangkan di dalam teks tanggapan deskriptif, walaupun adakalanya kita bisa juga menemukan kalimat definisi, kalimat definisi tidak perlu atau tidak selalu muncul dalam bagian awal teks. Sebagai contoh, perhatikanlah penggalan awal kedua teks berikut yang dikembangkan dengan topik yang sama!

      Dalam teks tanggapan deskriptif, struktur awal identifikasi dapat dibentuk tidak hanya oleh kalimat definisi (perhatikan opsi 1), tetapi juga oleh ciri identifikasi objek (perhatikan opsi 2). Perbedaan ini kembali menunjukkan kepada kita tujuan utama dibentuknya teks tanggapan deskriptif, yaitu sebagai teks yang memberikan penggambaran dan perincian suatu objek.


Contoh Soal Membandingkan Teks Tanggapan Deskriptif dengan Teks Hasil Percobaan

Di antara objek kajian di bawah ini yang dapat dijadikan topik, baik teks tanggapan deskriptif maupun laporan hasil observasi, adalah ….
Perbedaan mencolok antara teks tanggapan deskriptif dengan laporan hasil observasi adalah .…
Teks tanggapan deskriptif dan laporan hasil observasi adalah jenis teks yang dikembangkan dengan pola pengembangan yang sama. Pola pengembangan yang dimaksud adalah .…
Perhatikan pola pengembangan teks berikut!
Pasar →definisi pasar→klasifikasi pasar→jenis-jenis pasar berdasarkan luas cakupan
Jenis teks yang dibentuk berdasarkan pola pengembangan di atas adalah .…
Perhatikan pola pengembangan teks berikut!
Padagang kaki lima (PKL)→definisi PKL→pembagian PKL berdasarkan jenis dagangan→ peran PKL dalam menopang perekonomian
Jenis teks yang dibentuk berdasarkan pola pengembangan di atas adalah .…
Taman Kota Berdasarkan Rancangannya terbagi atas taman alami dan taman buatan, sementara elemen-elemen yang terdapat di dalam taman kota itu sendiri dapat berupa dua jenis material, yaitu (1) material untuk landscape, seperti pohon, perdu, semak, dan rumput serta (2) material pendukung, seperti kolam, tebing buatan, dan batuan.
Arti kata yang dimiringkan adalah ....
Motor dapat digunakan setiap hari, tetapi tetap irit bahan bakar. Penggunaannya pun dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan dan tiba lebih cepat ke tempat tujuan. Kelebihan lainnya adalah masalah parkir. Jika dibandingkan dengan mobil, motor lebih mudah diparkirkan dengan biaya parkir yang tidak terlalu mahal.
Penggalan teks di atas termasuk ke dalam ….
Perhatikan kedua penggalan teks berikut!
Teks 1
Taman Kota Berdasarkan Rancangannya terbagi atas taman alami dan taman buatan, sementara elemen-elemen yang terdapat di dalam taman kota itu sendiri dapat berupa dua jenis material, yaitu (1) material untuk landscape, seperti pohon, perdu, semak, dan rumput serta (2) material pendukung, seperti kolam, tebing buatan, dan batuan.
Teks 2
Betapa pentingnya pembangunan ruang publik sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi tingkat stres masyarakat sekaligus meningkatkan rasa nyaman dalam hidup. Selain itu, ruang publik akan mendorong terwujudnya transportasi berkelanjutan,
meningkatkan kualitas udara, mengurangi efek populasi, dan menciptakan kesempatan untuk berkembangnya keanekaragaman hayati.
Pernyataan yang tepat terkait kedua penggalan teks di atas adalah .…
Perhatikan kedua penggalan berikut!
Teks 1
Prasarana umum adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi-fungsi umum, seperti jalan yang digunakan untuk menghidupkan fungsi sarana transportasi. Contoh lainnya adalah prasarana pendidikan seperti sekolah atau madrasah. 
Teks 2
Kebun binatang adalah tempat hewan dipelihara di dalam lingkungan buatan dengan tujuan sebagai tempat wisata atau dipertunjukkan kepada publik. Selain sebagai tempat rekreasi, kebun binatang juga dapat dijadikan sebagai tempat melakukan riset dan konservasi hewan-hewan yangg terancam punah.
Pernyataan yang tepat terkait kedua penggalan teks di atas adalah .…
Perhatikan kedua penggalan teks berikut!
Teks 1
Sebagai buah yang mudah didapat di negara kita, ternyata buah mangga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kita. Buah ini diyakini dapat melindungi organ pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, buah mangga juga dapat menangkal aneka jenis kanker.
Teks 2
Air adalah senyawa yang penting bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Senyawa ini menutupi 71 % permukaan bumi. Sebagian besar air terdapat di laut. Sisanya terdapat di es kutub, awan, hujan, sungai, danau, dan uap air. Berdasarkan wujudnya, air terbagi menjadi tiga, yaitu es (padatan), air (cairan), dan uap (gas).
Pernyataan yang tidak tepat terkait ciri kebahasaan dalam setiap teks adalah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel