Contoh Soal Identifikasi Teks Tanggapan Deskriptif

Contoh Soal Identifikasi Teks Tanggapan Deskriptif Sebelum membahas materi pada topik ini, bacalah beberapa teks berikut ini.
Teks 1

Karena sudah terlanjur tertangkap, Imam menyerah begitu saja kepada polisi. Ia tidak bisa membantah apalagi melarikan diri. Imam yang seharusnya ada di rumah sakit malah terdiam di kantor polisi. Walaupun sudah dijelaskan berkali-kali polisi tidak percaya terhadap kesaksian Imam. Apalagi di tasnya ada berlian yang entah siapa yang memasukkannya. Imam bingung. Dengan tangan terikat, pikirannya terus melayang pada ibunya yang berada di rumah sakit. 
Teks 2

Daun kelor yang berbentuk bulat dan kecil-kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat. Daun kelor mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Dengan demikian, daun ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Selain itu, daun kelor dapat memperlambat bahkan mengilangkan kanker.
Teks 3
Kupu-kupu merupakan serangga bersayap sisik yang aktif pada siang hari. Kupu-kupu ini memiliki banyak spesies dan tercatat ada 600 spesies kupu-kupu di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Kupu-kupu juga menjadi salah satu jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia. 
     Kupu-kupu memiliki tubuh dan sayap dengan warna yang indah. Sepasang sayap yang dimiliki kupu-kupu sangat lentur dan berfungsi untuk memudahkan kupu-kupu saat terbang. Kupu-kupu memiliki mulut yang berbentuk seperti terompet. Dengan demikian, kupu-kupu dapat dengan mudah menghisap madu dan membantu penyerbukan tanaman. Selain itu, kupu-kupu memiliki telapak kaki yang halus sehingga bunga yang dihinggapinya tidak rusak.
Dari ketiga teks tersebut, manakah teks tanggapan deskriptif? 
     Dengan memperhatikan setiap isi teks tersebut, kalian tentu dapat menentukan teks tanggapan deskriptif. Teks yang memiliki struktur deskripsi umum/identifikasi dan deskripsi bagian tersebut ditunjukkan oleh teks ketiga. Teks tersebut mendeskripsikan tentang kupu-kupu secara detail sehingga pembaca seolah-olah melihat kupu-kupu secara langsung. 
     Jika kalian dapat menentukan teks tanggapan deskriptif dari jenis teks lainnya, kalian dapat menentukan pula teks tanggapan deskriptif yang benar atau tidak. Misalnya, menentukan dan melengkapi kekurangan yang ada dalam teks tersebut. Kekurangan tersebut dapat berupa ketidakpaduan antara bagian struktur teks atau ketepatan bahasa yang digunakan dalam teks. 

Mari Identifikasi Kekurangan Teks Berikut

Kakaktua merupakan jenis burung hias bersuara nyaring. Kakaktua dikenal sebagai burung yang cerdas karena mampu meniru suara manusia. Kakaktua juga menjadi hewan peliharaan yang setia dan berusaha melindungi pemiliknya saat mendapatkan ancaman. 
Apakah kalian dapat menentukan kekurangan dari teks tersebut?
      Mari perhatikan dengan cermat deskripsi yang dipaparkan dalam teks. Teks tersebut mendeskripsikan tentang kakaktua. Deskripsi tersebut hanya dipaparkan secara umum dan hanya mengidentifikasi objek yang dideskripsikan. Dengan demikian, agar teks tersebut menjadi teks tanggapan deskriptif yang lengkap, perlu ditambah bagian struktur deskripsi bagian untuk memberikan gambaran yang lebih detail tentang kakaktua. Gambaran detail tersebut berupa ciri-ciri kakatua secara fisik sehingga pembaca dapat memvisualisasikannya secara jelas. Misalnya, memaparkan tentang warna kakaktua, bentuk kaki dan sayapnya, serta ciri fisik lainnya.


Contoh Soal Identifikasi Teks Tanggapan Deskriptif

Kendang atau gendang adalah alat musik perkusi yang memiliki membran yang terbuat dari kulit hewan. Kendang memiliki peran penting dalam pertunjukan tari Jaipong di Jawa Barat. Adapun di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali, kendang digunakan dalam permainan gamelan.
Kekurangan dari teks tanggapan deskriptif tersebut adalah ....
Kakaktua berbadan sedang dengan panjang sekitar 35 cm. Kakaktua memiliki paruh yang pendek. Sayapnya panjang dan memiliki jari terangkat dengan cakar yang runcing. Kakaktua memiliki jambul di kepalanya.
Pernyataan yang tepat untuk teks tanggapan deskriptif tersebut adalah ....
Museum Fatahillah yang memiliki nama resmi Museum Sejarah Jakarta terletak di kawasan Jakarta Barat. Museum ini adalah tempat tersimpannya objek-objek yang berkaitan erat dengan sejarah dan hasil arkeologi di Jakarta. 
      Bangunan Museum Fatahillah menyerupai Istana Dam di Amsterdam. Bangunan tiga lantai ini memiliki pintu dan jendela yang dibuat dari kayu jati berwarna hijau tua. Bagian atap utama museum ini memiliki penunjuk arah mata angin, Bangunan ini terdiri atas dua bangunan utama yang berada di sebelah timur dan barat. 
      Museum Fatahillah bermanfaat sebagai tempat rekreasi dan belajar. Dengan berdirinya museum ini, kita dapat mengetahui sejarah Kota Jakarta dari masa kolonial dan membandingkannya dengan keadaan Jakarta saat ini. 
Agar teks tersebut menjadi teks tanggapan deskriptif yang benar perlu ....
Tumbuhan kincir air adalah tanaman pemakan hewan. Tumbuhan ini hidup tanpa akar dan hidup sebagai tanaman air. Tumbuhan kincir air memakan fertebrata kecil dengan menggunakan perangkap. 
      Tumbuhan kincir air terdiri atas batang yang mengambang dengan panjang 6-11 cm. Tumbuhan ini memiliki daun perangkap yang tumbuh sepanjang 2-3 mm. Daun ini tumbuh di sepanjang batang dan melekat pada petiole berisi udara yang membantu tumbuhan ini mengapung di air.
Berikut ini pernyataan yang sesuai untuk teks tersebut adalah ....
Tanaman ini adalah tanaman karnivora asli Australia. Tanaman ini dikenal dengan warnanya yang seperti pelangi. Tanaman ini memakan serangga kecil. 
      Tanaman ini memiliki penampang bulat, memanjang, dan meruncing pada bagian ujungnya. Permukaan daun ditutupi oleh rambut kelenjar yang melepaskan zat mucilaginous yang lengket. 
Kekurangan dari teks tersebut adalah ....
Angsa memiliki kaki berselaput yang memudahkannya untuk berjalan di lumpur. Angsa memiliki sayap dan paruh yang lebar serta panjang yang dapat digunakan untuk mencari makanan di lumpur. Angsa dapat bergerak dengan cepat baik di air maupun di udara. 
Angsa adalah burung air yang dapat terbang dengan ukuran tubuh yang besar. Angsa menjadi anggota terbesar dari famili Anatidae. Pada umumnya, angsa terdapat di daerah beriklim sedang.
Kekurangan dari teks tanggapan deskriptif tersebut adalah ....
Teratai adalah tanaman asli dari Timur Tengah, Australia, Asia, dan New Guinea. Tanaman ini tumbuh di lumpur pada kolam yang dangkal. Ada sekitar 200 spesies tanaman teratai dan 40 spesies di antaranya telah dibudidayakan. 
      Teratai memiliki bunga yang besar dengan banyak kelopak. Bunga tersebut berwarna putih atau pink kemerah-merahan. Benang sari bunga teratai berwarna kuning dan memenuhi bagian kelopak. ...
Berikut ini kalimat yang sesuai untuk melengkapi kekurangan teks tersebut adalah ....
Masjid Dian Al Mahri yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas adalah tempat ibadah umat muslim yang berada di daerah Depok. Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha asal Banten. 
      Masjid Kubah Emas memiliki satu kubah utama atau empat kubah kecil. Seluruh kubah tersebut dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter atau mozaik kristal. Kubah tersebut menyerupai kubah Taj Mahal. Mesjid ini memiliki pilar-pilar kokoh atau menjulang tinggi. 
Pernyataan yang sesuai untuk teks tersebut adalah ....
Kangguru memiliki kantung pada bagian tubuhnya. Kangguru memiliki kepala yang kecil. Kangguru juga memiliki kaki belakang yang berukuran lebih besar dengan kaki depannya. Dua kaki belakangnya digunakan untuk meloncat dan dua kaki depannya digunakan untuk menarik daun atau menggali tanah. Kangguru memiliki ekor yang kuat seperti berotot. Ekor tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan kangguru saat berdiri.
Kekurangan dari deskripsi bagian tersebut adalah ....
Singa adalah hewan yang hidup berkelompok dengan memiliki daerah kekuasaan. Tiap kelompok memiliki 1-6 ekor singa jantan dan 4-15 ekor singa betina. Singa hidup di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan India. Dalam sehari singa dapat menghabiskan waktunya untuk berenang di bebatuan atau di bawah pohon yang teduh.
Kekurangan pada deskripsi umum/identifikasi tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel