Contoh Soal Menangkap Makna Teks Tanggapan Deskriptif

Contoh Soal Menangkap Makna Teks Tanggapan DeskriptifTeman-teman, pada materi sebelumnya tentu kalian sudah mempelajari apa itu teks deskriptif dan strukturnya bukan? Nah, pada materi kali ini kalian akan mempelajari bagaimana menangkap makna yang terdapat pada teks deskriptif. Menangkap makna teks deskriptif adalah memahami isi teks yang ingin disampaikan pada teks deskriptif.

Beberapa Cara Menangkap Makna Teks Tanggapan Deskripsi

1. Penggunaan kalimat-kalimat deskriptif
Kalimat-kalimat deskriptif adalah kalimat-kalimat yang menggambarkan objek yang dideskripsikan. Objek-objek yang dideskripsikan bisa berupa ukuran, warna, rasa, serta ciri-ciri fisik lainnya pada objek yang dideskripsikan, contohnya sebagai berikut.
Rambutan adalah salah satu buah yang memiliki ciri khas tertentu. Kulit pada rambutan memiliki rambut. Warna kulitnya beraneka ragam bergantung pada kondisi buahnya. Rambutan yang belum matang, warnanya hijau. Warna kulit itu bisa berangsur kuning hingga merah. Warna merah pada kulit rambutan menandai bahwa buah itu telah matang. Rambutan yang matang akan terasa manis sekali. Pada saat buah itu dikupas, akan terdapat selaput putih yang menutupi buah. 
2. Penjabaran kalimat-kalimat deskriptif dengan menggunakan kata sifat
Berdasarkan kata sifat inilah, kalian dapat memiliki gambaran objek yang dideskripsikan, contohnya sebagai berikut.
Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini sangat luasLuasnya mencapai 87 hektar. Di Kebun Raya itu terdapat 1.500 jenis tanaman. Tanaman itu terdiri atas tanaman besar yang sudah berumur ratusan tahun, serta tanaman-tanaman bunga yang indah.
3. Penggunaan kalimat yang bermakna definisi
Seperti kalian ketahui, teks deskriptif memiliki ciri khas pada strukturnya. Salah satu struktur pada teks deskriptif adalah deskripsi umum. Deskripsi umum berisi definisi dari objek yang yang dideskripsikan. Definisi umum dapat disampaikan dengan menggunakan kalimat-kalmat yang bermakna definisi. Kalimat-kalimat bermakna definisi dapat diidentifikasi dengan melihat ciri-cirinya. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut.
• Salah satu ciri kalimat defini menggunakan kata adalah atau merupakan
Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu tempat wisata yang bernuasa budaya Indonesia. Di tempat wisata itu tersimpan berbagai kekayaan Nusantara yang menjadi ciri khas dari setiap daerah. 
• Kalimat definisi berisi konsep yang dibicarakan. Karena itu, konsep yang dibicarakan disampaikan melalui gagasan utama. Gagasan utama bisa terletak di awal atau di akhir kalimat.
4. Penggunaan kalimat-kalimat yang mengandung klasifikasi
Seperti kita ketahui bahwa salah satu dari struktur teks deskriptif adalah deskripsi bagian. Deskripsi bagian berisi informasi secara detail dari objek yang dibicarakan, misalnya bagian-bagian yang terdapat pada suatu objek. Selain itu deskripsi bagian juga berisi informasi tentang klasifikasi atau penggolongan dari objek yang dibicarakan. Ciri khas dari deskripsi bagian ini adalah menggunakan kalimat-kalimat yang mengandung klasifikasi. Kalimat-kalimat itu umumya ditandai dengan ciri-ciri khas sebagai berikut.
• Menggunakan kata-kata tertentu yang menandai klasifikasi, seperti dibagi, digolongkan, atau diklasifikasikan
• Menggunakan gaya informatif pada saat menyampaikan informasi
• Membagi atau mengklasifikasikan objek yang dibicarakan berdasarkan dua atau lebih klasifikasi berdasarkan acuan tertentu. 
Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang membutuhkan makanan untuk mempertahankan kehidupannya. Di alam ini sumber makanan hewan terbagi menjadi dua macam, yakni tumbuhan dan hewan. Hewan-hewan yang makan tumbuhan, seperti biji-bijian dan daun-daunan digolongkan menjad herbivora. Sedangkan hewan yang memakan hewan lainnya atau pemakan daging dinamakan karnivora. Adapun hewan-hewan yang memakan daging dan tumbuhan dikategorikan sebagai kewan omnivora. 
5. Penggunaan makna simbol
Penulis terkadang menggunakan kata-kata tertentu yang memiliki makna simbol unutuk menyampaikan isi dari teks deskripsi. Simbol ini dapat menunjukkan gagasan atau ide yang ingin disampaikan oleh penulis, contohnya sebagai berikut. 
Menurut sebagian besar masyarakat setempat, kata Nadran berasal dari kata nazar. Kata nazar berasal dari bahasa Arab. Dalam konsep ajaran Islam, nazar bermakna memenuhi janji karena telah diberikan limpahan rezeki oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena itu, Nadran merupakan upacara sebagai pemenuhan janji karena telah diberikan hasil laut yang berlimpah. 
6. Penggunaan kohesi gramatikal dan leksikal
Salah satu cara memahami makna teks adalah dengan memahami kohesi gramatikal dan leksikal. Kohesi gramatikal adalah kepaduan yang dicapai dengan menggunakan aturan gramatikal, seperti menggunakan kata rujukan, subtitusi, dan elipsis. Kohesi leksikal adalah kepaduan yang dicapai melalui pengulangan kata, kata bersinonim, kata berantonim, dan hiponim. 
7. Penggunaan konjungsi
Konjungsi yang digunakan pada teks deskriptif bervariasi, seperti dan, karena, dan sehingga. Masing-masing konjungsi itu memiliki makna.


Contoh Soal Menangkap Makna Teks Tanggapan Deskriptif

Masing-masing daerah memiliki istilah yang berbeda untuk tarian ini. Daerah Sumatera dan Riau menamakan tarian ini dengan Zapin. Sedangkan Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu mengistilahkan dengan dana. Adapun Lampung menyebutnya dengan Bedana. Sedangkan di Jawa umumnya menyebut Zafin. Masyarakat Kalimantan cenderung memberi nama Jepin, di Sulawesi disebut jippeng, dan di Maluku lebih akrab mengenal dengan nama Jepen. Sementara di Nusa Tenggara dikenal dengan julukan Dana-dani.
Isi yang ingin disampaikan pada teks ini adalah ....
Tari Piring adalah tarian rasa syukur akan keberhasilan dan datangnya panen. Tarian dari Sumatera Barat ini diiringi oleh instrumen musik talempong. Gerakan tarian ini sungguh energik dan begitu cepat. Piring-piring yang digunakannya sebagai properti tari terkadang dilontarkan ke atas atau pun diletakkan di tanah sambil dipijak-pijak.
Makna simbol yang terdapat pada teks itu adalah .…
Topeng Hudoq digunakan oleh para penari Hudoq yang berjumlah 13 orang. Jumlah ini melambangkan 13 dewa pelindung dewa Hunyang Tenangan, dewa yang memelihara tanaman padi. Selain menggunakan topeng, para penarinya menggunakan kostum yang terbuat dari daun pisang hingga menutupi mata kaki. Daun pisang melambangkan kesejukan dan kesejahteraan. Sedangkan warna topeng yang didominasi warna merah dan kuning dipercaya sebagai warna kesukaan para dewa.
Pernyataan yang tepat terkait pada makna teks deskriptif tersebut adalah .…
Gerakan tari Serimpi yang gemulai diiringi gendhing “sabrangan”. Gendhing-gendhing tengahan atau gendhing ageng yang berkelanjutan irama ketuk 4 mengiringi para penari yang akan memulai menari. Sedangkan musik ayak-ayak beserta srebegannya mengiringi gerakan pertikaian. Pertikaian itu merupakan simbol peperangan antara yang baik dan buruk, yang benar dan salah, antara akal manusia dan nafsu manusia.
Makna yang yang disampaikan pada kedua teks itu adalah .…
Tari Topeng Malang merupakan tari yang sangat khas. Tarian itu merupakan perpaduan antara budaya Jawa Tengah, Jawa Kulonan dan Jawa Timuran (Blambangan dan Osing). Karena itu, tarian ini sangat kaya akan gerakan dan musik dari Jawa, Madura dan Bali. Alat musik yang dipakai, seperti rebab (sitar Jawa), seruling Madura (yang mirip dengan terompet Ponorogo), dan karawitan model Blambangan, mencerminkan kekhasan tarian itu.
Makna yang ingin disampaikan pada teks tersebut adalah .…
Tidak jauh dari sekolahku terdapat warung sop buah. Nama warung itu Sop Buah Rawa Denok. Sop buah yang dijual di warung itu sungguh enak. Buah-buahannya juga segar. Rasa manis pada sop buah itu bersumber dari buah-buahan yang memang berkualitas baik dan matang. Ditambah lagi dengan keju yang ditaburi pada sop buah itu, menambah cita rasa yang sedap. Bila bulan puasa tiba, sop buah ini menjadi incaran banyak orang.
Objek yang dideskripsikan dalam teks itu adalah .…
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai kekayaan alam. Salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia adalah burung merak hijau. Merak hijau terdapat di Jawa Timur. Bulu-bulu pada merak hijau berwarna hijau keemasan. Ada perbedaan antara merak hijau jantan dan betina. Merak hijau jantan memiliki ukuran yang lebih besar daripada betina. Warnanya lebih menawan dibandingkan yang betina. Merak betina berwarna warna hijau keabu-abuan. Pada bagian kepala merak jantan pun terdapat jambul tegak. Ciri ini tidak dimiliki oleh merak betina.
Pernyataan yang benar, terkait pada makna yang terkandung pada teks di atas adalah, kecuali .…
Tari Gending Sriwijaya merupakan tarian untuk menyambut tamu yang datang. Tari Gending Sriwijaya ditarikan oleh 9 orang penari perempuan. Mereka menggunakan busana Aesan Gede, Selendang Mantri, paksangkong, Dodot dan Tanggai. Mereka menyambut tamu-tamu yang datang dengan mempersembahkan tepak sebagai Sekapur Sirih. Sirih ini disampaikan oleh para penari yang berada di posisi depan. Mereka diiringi oleh dua penari yang membawa pridon terbuat dari kuningan.
Isi teks tersebut mengungkapkan makna deskripsi .…
Di halaman rumah Dita tumbuh bunga mawar. Bunga mawar Dita indah sekali warnanya. Setiap pagi bunga mawar itu memberikan harum yang segar. Bunga mawar yang di halaman rumah Dita itu termasuk spesies bunga mawar berwarna merah jambu dan putih. Dita senang menanam bunga mawar karena bunga itu memiliki kekhasan, yakni pada batang, daun, dan bunga. Batang bunga mawar memiliki duri. Warnanya pun hijau keabu-abuan. Sedangkan daunnya berjumlah 3, 5, ataupun 9. Adapun bunganya memiliki daun mahkota yang berjumlah 5, dengan warna-warna yang menarik. Bukan itu saja yang membuat Dita tertarik menanam mawar. Menurutnya, mawar adalah bunga yang memang ditujukan untuk wanita. Karena mawar melambangkan cinta dan kecantikan. Bahkan dalam mitologi Yunani, mawar dianggap suci untuk beberapa dewa.
Di bawah ini merupakan makna yang terkandung dalam teks tersebut, kecuali .…
Museum Fatahilah adalah salah satu gedung peninggalan sejarah. Museum ini terletak di Jalan Fatahillah, Jakarta. Arsitektur gedung ini mirip Istana Dam di Amsterdam. Luas gedung ini mencapai 1.300 meter persegi. Gedung ini terdiri atas tiga lantai yang terbagi menjadi beberapa bagian ruang. Pada bagian timur dan barat gedung ini digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan penjara yang terletak di bawah tanah. Kusen-kusen yang terdapat pada museum ini menggambarkan aristektur klasik dengan kusen-kusen pintu dan jendela yang terbuat dari kayu jati. Kayu-kayu itu dicat dengan warna hijau tua, serta lantai berwarna putih. 
Isi yang disampaikan pada teks tersebut adalah .…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel