Contoh Soal Definisi dan Struktur Teks Tantangan

Contoh Soal Definisi dan Struktur Teks Tantangan - Apakah kalian pernah berbeda pendapat dengan teman kalian? Menurut kalian, apakah hal yang dapat membuat seseorang memiliki pendapat yang berbeda dengan orang lain?
      Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Setiap orang memiliki penilaian tertentu terhadap suatu hal dan tentu tidak selalu sama dengan orang lain. Walaupun demikian, kita perlu menghadapi perbedaan pendapat dengan bijak. Kita perlu menerima pendapat orang lain walaupun berbeda. Oleh karena itu, ada kegiatan diskusi atau musyawarah yang dilakukan untuk menyatukan simpulan dari berbagai pendapat yang berbeda. 
      Pada materi sebelumnya, kalian dapat mengingat kembali tentang teks diskusi. Melalui teks tersebut, kita dapat memahami tentang pendapat tentang sebuah isu. Kalian menemukan pro dan kontra dalam teks tersebut. Lalu, kalian akan menyimpulkannya. Demikian pula dengan teks tantangan dalam materi kali ini. Teks ini ada untuk membahas berbagai hal yang menunjukkan penentangan terhadap suatu isu. 

Bacalah teks berikut ini dengan cermat.

      Setelah membaca teks tersebut, apakah kalian dapat menentukan masalah yang dibicarakan dalam teks? Lalu, apa saja argumen yang menunjukkan penentangan terhadap masalah tersebut?
      Masalah yang ada dalam teks adalah penolakan warga terhadap pembangunan pabrik semen di lingkungan warga. Penolakan tersebut disebabkan pembangunan pabrik yang dapat mengganggu lingkungan. Selain itu, wilayah tersebut termasuk kawasan karst yang harus dilindungi. 
      Melalui teks tersebut, kita dapat melihat bahwa isi teks didominasi oleh penentangan terhadap suatu hal. Teks seperti inilah yang disebut teks tantangan. Teks tantangan ini muncul karena kita sadar bahwa setiap gagasan atau kebijakan akan selalu ada yang menentangnya. Dengan demikian, teks tantangan dapat didefinisikan sebagai teks yang menginformasikan tentang penolakan, sanggahan, atau penentangan terhadap suatu hal yang bersifat kontroversial dan berkembang dalam masyarakat dengan mencantumkan argumen-argumen dan data yang memperkuat penolakan tersebut. 
      Teks tantangan memiliki struktur tertentu seperti jenis teks lainnya. Struktur teks tersebut adalah isu/pengantar/masalah, argumen menentang, dan simpulan. Dapatkah kalian menentukan struktur dari teks ” Tolak Pabrik Semen di Lingkungan Warga”? Lalu, bandingkanlah jawabanmu dengan berikut ini. 

      Dalam tabel tersebut, kalian dapat melihat struktur teks tantangan yang pertama yakni isu/pengantar/masalah berisi pernyataan yang menunjukkan topik yang ditolak atau disanggah. Isu dalam teks tantangan biasanya berkaitan dengan hal-hal yang kontroversial yang terjadi dalam masyarakat atau media massa. Adapun bagian struktur yang kedua adalah argumen (menentang) yang berisi alasan atau bukti yang mendukung penolakan atau sanggahan. Argumen ini perlu disertai dengan fakta dan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, bagian struktur yang ketiga adalah simpulan/saran yang berisi pernyataan tentang penegasan atau penolakan terhadap suatu hal. 

Poin Penting

  1. Teks tantangan dapat didefinisikan sebagai teks yang menginformasikan tentang penolakan, sanggahan, atau penentangan terhadap suatu hal yang bersifat kontroverial dan berkembang dalam masyarakat dengan mencantumkan argumen-argumen, fakta, atau data yang memperkuat penolakan tersebut.
  2. Struktur teks tantangan adalah sebagai berikut. a. Isu/pengantar/masalah berisi pernyataan yang menunjuukan topik yang ditolak atau disanggah b. Argumen menentang, yang berisi alasan atau bukti yang mendukung penolakan atau sanggahan. c. Simpulan, yang berisi pernyataan tentang penegasan atau penolakan terhadap suatu hal.

Contoh Soal Definisi dan Struktur Teks Tantangan



Dengan menaikkan harga bahan bakar minyak, tingkat kemiskinan dalam masyarakat akan meningkat. Keadaan masyarakat akan semakin sulit terutama dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Masyarakat yang seharusnya mendapatkan kesejahteraan malah terus dibebani oleh kebijakan-kebijakan penguasa yang memberatkan.
Masalah yang dikemukakan dalam kutipan teks tantangan tersebut adalah ....
Sebenarnya agak memalukan mengajukan kenaikan tunjangan dalam kondisi ekonomi yang sulit seperti sekarang. Apalagi tanpa dibuktikan dengan kinerja yang bisa dirasakan manfaatnya langsung, baik oleh pemerintah maupun rakyat. Selain itu, selama ini, para dewan perwakilan rakyat terkesan tidak bekerja dengan rencana yang matang. Sebagian besar hanya bereaksi terhadap masalah tanpa ada perencanaan dan solusi yang baik terhadap masalah tersebut.
Kutipan teks tersebut menunjukkan bagian dari struktur teks tantangan, yaitu ....
Urutan kalimat-kalimat yang tepat untuk menjadi susunan teks tantangan yang benar adalah ....
Petani kakao yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kakao Indonesia (APKAI) memprotes rencana pemerintah mematok bea keluar (BK) biji kakao 10%-30%. Arif Zamroni sebagai ketua APKAI menyatakan bahwa penetapan BK tinggi hanya akan merugikan petani karena harga bisa ditentukan sepihak oleh perusahaan. Ia khawatir jika harga menjadi permainan perusahaan. Misalnya, ketika harga kakao rendah karena pasokan dalam negeri melimpah, petani ingin mengekspor kakao tersebut tetapi sayangnya pajaknya terlalu tinggi. Akhirnya, petani menjadi bingung dan serba salah. 
Kutipan teks tersebut menunjukkan bagian .... dalam teks tantangan.
Pada tahun 2011-2012, masyarakat diminta untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP. Walaupun proses pembuatan e-KTP harus dilakukan oleh masyarakat dengan mengantri panjang dan melelahkan, masyarakat berharap keberadaan e-KTP ini dapat lebih efisien. Salah satunya adalah mendapatkan kemudahan dalam urusan administrasi yang berkaitan dengan data kependudukan.
Kutipan teks tersebut berisi tentang ....
Berikut ini yang termasuk ke dalam bagian teks tantangan adalah ....
Berikut ini pernyataan yang sesuai untuk teks tersebut, kecuali ....
Keadaan tersebut menjadi tolok ukur bagi pemerintah dalam melihat perkembangan kesejahteraan dalam masyarakat. Dengan begitu, pemerintah dapat lebih memperhatikan kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi selama ini terutama masyarakat di pedesaan. 
Fakta yang diperlukan untuk menulis argumen atas tersebut adalah ....
Berikut ini paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
Sebagai perusahaan tambang yang telah mengeruk kekayaan Indonesia di Papua, Freeport seharusnya memberikan keuntungan bagi masyarakat setempat. Sudah saatnya Indonesia menentukan sikap. Tambang yang ada di Papua itu adalah milik Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus mendapatkan keuntungan besar dari hasil tambang tersebut karena tambang terletak di daerah warga. Apapun bentuk kerjasama perusahaan dan negara, haruslah menguntungkan masyarakat setempat.
Argumen yang terungkap dalam teks tersebut adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel